Hari/Tanggal : Jum'at/ 18 Maret 2022Materi : Matematika
Submateri : Statiska
Pembelajaran : Mengumpulkan, Membaca dan Menafsirkan data
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran
KD 3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
|
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengumpulkan, membaca dan menafsirkan sebuah data
Good morning my lovely students. How are you this morning?
hopely you are healthy and happiness
Baik anak sholeh dan sholehah, masih ingatkah pelajaran sebelumnya tentang mengunpulkan data dan membuat diagram batang dan juga menafsirkan data. Nah sekarang, kita kan mengulas ulang materi tersebut,
Ringkasan Materi
A. Mengumpulkan dan Membaca Data
1. Mengumpulkan Data
Contoh fatimah ingin mengetahui makanan yang disukai oleh teman-temannya. Fatimah kemudian bertanya kepada setiap temannya mengenai makanan yang mereka sukai. Dari 20 orang temannya, diperoleh hasil sebagai berikut :
Dari contoh tersebut fatimah mengumpulkan data mengenai jenis makanan kesukaan teman-temannya , melalui wawancara. Cara lain untuk mengumpulkan data adalah melalui pengamatan dan percobaan.
2. Membaca Data
Berikut ini tabel data mata pelajaran kesukaan siswa kelas IV SD Pande
Data di atas dapat dibaca sebagai berikut.
a. Banyak siswa yang gemar matematika adalah 5 anak.
b. Banyak siswa yang gemar IPA adalah 8 anak.
c. Banyak siswa yang gemar IPS adalah 10 anak
d. Banyak siswa yang gemar olahraga adalah 15 anak
e. Banyak siswa yang gemar kesenian adalah 7 anak
B. Mengolah dan Menyajikan Data
1. Mengolah dan Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel
Langkah-langkah menyajikan data dalam bentuk tabel adalah sebagai berikut.
a. kelompokkan data secara berurutan, mulai dari data yang terkecil samapai data terbesar atau sebaliknya.
b. Masukkan data tersebut secara berurutan ke dalam tabel.
3 . Menafsirkan Data
Menafsirkan data adalah mengintrepretasikan sebuah data berdasar data yang sudah disimpulkan setelah kita melakukan membaca data.
Contoh fatimah ingin mengetahui makanan yang disukai oleh teman-temannya. Fatimah kemudian bertanya kepada setiap temannya mengenai makanan yang mereka sukai. Dari 20 orang temannya, diperoleh hasil sebagai berikut :
Dari contoh tersebut fatimah mengumpulkan data mengenai jenis makanan kesukaan teman-temannya , melalui wawancara. Lalu cara membaca data nya adalah 4 orang menyukai bakso, 2 orang menyukai soto, 6 orang menyukai mie ayam, dan 8 orang menyukai nasi goreng.
Contoh dari menafsirkan data tersebut saat terdapat pertanyaan makanan apakah yang paling disukai. Jawabannya adalah nasi goreng karena nasi goreng paling banyak disukai orang orang. Karena memiliki jumlah yang paling banyak. Dan soto adalah makanan yang kurang disukai orang karena jumlahnya yang paling sedikit.
TUGAS
Kita akan melaksanakan Penilaian Harian tentang statistika. Silahkan klik link dibawah ini
Tetap semangat ,sehat dan selalu ceria ya nak, jangan lupa shalat lima waktunya 😇❣️
0 comments:
Posting Komentar