Hari/Tanggal : Jum'at /08 April 2022
TEMA : 9 (Kayanya Negeriku)
Subtema : 2 (Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia)
Pembelajaran : 5&6
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
Pembelajaran 5:
KD IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
KD SBDP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
Pembelajaran 6 :
KD PPkn
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
KD Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
Tujuan Pembelajaran 5 :
1. Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam dengan penuh kepedulian.
2. Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.
Tujuan Pembelajaran 6 :
1. Dengan mengidentifikasi perilaku-perilaku orang-orang di sekitarnya, siswa dapat menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
2. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang
menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.
Assalamu'alaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Good morning my lovely students??
How are you this morning?
Hopely you are always in good condition 😇😇
Semoga di pagi yang cerah ini kalian selalu siap menerima materi pelajaran yang akan ibu guru berikan yaa.
Dan sebelum kita memulai pelajaran. Sebaiknya ananda semua sudah melaksanakan solat dhuha dan tak lupa pula selalu murojaah surat surat pendek ya
Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 2 yakni tentang Pemanfaatan Kekayaan alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 5 &6 dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini.
Pembelajaran 5
Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang. Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya dengan baik.
Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan
masing-masing. Berikut tabel contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya.
untuk selanjutnya contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya dapat kalian buka buku tema 9 kalian di halaman 86-87.
Pembelajaran 6
Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban kita, baik sebagai individu maupun masyarakat. Betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Sudah sepatutnya dalam bentuk kerja sama antaranggota masyarakat maupun dengan pemerintah diwujudkan.
Bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.
1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan
Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya
a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.
d. Mengelola sampah dengan baik.
2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga
kelestarian lingkungan
Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.
a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota
yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru.
c. Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.
d. Menyediakan tempat pembuangan sampah.
Tugas hari ini.
kalian kerjakan Penilaian Harian Tema 9 Subtema 2 dan jangan lupa dikirim hasil kalian telah mengerjakan PH hari ini ya nak.
klik link dibawah ini.
Penilaian Harian Tema 9 Subtema 2
Semangat selalu anak soleh solehah
wassalamu'alaikum wr wb
0 comments:
Posting Komentar