Tema 2 : Udara Bersih Bagi Kesehatan
Subtema 3 : Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca materi dan mengamati video yang ada di blog guru, peserta didik mampu menjelaskan pentingnya sikap tanggung jawab di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
2. Setelah membaca materi dan mengamati video yang ada di blog guru, peserta didik mampu menyebutkan informasi terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa.
3. Setelah membaca materi dan mengamati video yang ada di blog guru, peserta didik mampu menyebutkan cara memelihara organ pernapasan.
4. Setelah membaca materi dan mengamati video yang ada di blog guru, peserta didik mampu menjelaskan cara menghargai usaha ekonomi orang lain.
5. Setelah membaca materi dan mengamati video yang ada di blog guru, peserta didik mampu membuat gambar cerita.
6. Peserta didik mengetahui tanggung jawab terhadap sampah dilingkungan sekitarnya
7. Peserta didik mencari informasi pada teks dengan cara menandai kata kuncinya
Muatan pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.2), PPKn (3.2), IPS (3.3)
Rangkuman Materi
PPKn (KD 3.2)
Tanggung Jawab terhadap Masalah Sampah.
Setiap manusia memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Salah satu tanggung jawab yang harus diterapkan di lingkungan sekitar adalah upaya penanggulangan masalah sampah.
Kerugian akibat tidak tanggung jawab terhadap sampah :
ü Membuat aliran sungai atau selokan tersumbat
ü Menimbulkan bau yang tidak sedap
ü Mencemari lingkungan
ü Menjadi sumber penyakit
Memiliki rasa tanggung jawab dalam masalah sampah merupakan hal yang sangat penting. Dengan sikap bertanggung jawab terhadap sampah, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Salah satu cara menanggulangi masalah sampah adalah dengan melakukan daur ulang. Daur ulang adalah menggunakan kembali barang-barang bekas menjadi berguna. Berikut ini beberapa gambar benda hasil daur ulang :
Sikap Tanggung Jawab terhadap Kebersihan Lingkungan
Dalam menjalankan kegiatan usaha ekonomi, setiap orang harus melakukan dengan penuh tanggung jawab. Penerapan tanggung jawab sangat penting bagi terciptanya keharmonisan dalam kehidupan masyarakat. Penerapan tanggung jawab dapat menjalin kerukunan dan persaudaraan antarwarga masyarakat. Penerapan tanggung jawab juga dapat menciptakan ketertiban, keamanan, dan ketenangan dalam masyarakat.
Akibat tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat :
ü Terjadinya ketidak harmonisan dalam hubungan antarwarga masyarakat.
ü Terjadi kekacauan dimana-mana.
ü Tidak adanya kerukunan antarwarga masyarakat.
ü Tidak akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keamanan dalam masyarakat.
Masyarakat harus sadar akan kewajibannya dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian kehidupan masyarakat akan nyaman, aman, dan sejahtera.
IPS (KD 3.3)
Menghargai Kegiatan Ekonomi Orang lain
Kegiatan ekonomi pada gambar mulai dari produksi yang dilakukan produsen yaitu kayu di hutan, menebang kayu, kayu gelondongan, pengrajin kayu, distribusi yang dilakukan distributor yaitu menjual barang-barang kayu di toko mebel, konsumsi yang dilakukan konsumen yaitu barang-barang di toko mebel dibeli oleh pembeli.
Kita membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa hasilkan. Kebutuhan tersebut biasanya bisa kita peroleh dari kegiatan ekonomi. Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran masing-masing yang saling menguntungkan. Keterlibatan orang lain dalam kegiatan ekonomi dapat kita temukan dalam tahap produksi, distribusi, dan konsumsi. Kita harus menghargai peranan setiap individu, mulai dari yang melakukan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.
Cara Menghargai Usaha Orang lain
Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Meskipun berbeda setiap kegiatan usaha ekonomi harus kita hargai.
Cara menghargai usaha ekonomi orang lain :
ü Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
ü Tidak merendahkan usaha orang lain.
ü Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
ü Meneladami keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
Bahasa Indonesia (KD 3.2)
Menemukan Informasi dan kosakata Baru dalam Teks
Kata tanya dapat digunakan untuk menemukan informasi di dalam teks. Kata tanya tersebut mencakup apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Setiap kata tanya tanya tersebut memiliki fungsinya masing-masing.
Menemukan informasi dari teks | Apa | Mengetahui informasi tentang suatu hal atau benda |
Dimana | Mengetahui informasi tempat | |
Kapan | Mengetahui informasi waktu | |
Siapa | Mengetahui informasi pelaku atau tokoh | |
Mengapa | Mengetahui informasi alasan suatu hal | |
Bagaimana | Mengetahui informasi tentang proses atau penjelasan sesuatu |
Selain kata tanya, kita juga bisa mendapatkan informasi dari kata-kata penting (kosakata penting) yang terkait dengan teks. Kata-kata penting tersebut ada yang sudah kamu ketahui atau belum ketahui maknanya. Jika ada kata yang belum tahu maknanya, kamu dapat menggunakan Kamus Besar Bahasa Indinesia (KBBI).
Menemukan Informasi di dalam Teks
Untuk menuliskan informasi yang ada di dalam teks, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan, antara lain sebagai berikut :
ü Membaca teks dengan seksama
ü Membuat daftar pertanyaan menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, bagaimana, dan mengapa.
ü Mencari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dibuat.
ü Merangkai kembali jawaban-jawaban tersebut ke dalam satu paragraf singkat.
SBdP (KD 3. 1)
Pengertian Cerita Bergambar
Cerita bergambar adalah cerita yang ditampilkan dengan menggunakan gambar. Salah satu contoh cerita bergambar adalah komik.
Ciri-ciri karya gambar cerita:
ü Memuat gambar lebih banyak dari pada teks cerita.
ü Gambar-gambar yang ada menceritakan urutan peristiwa.
Unsur dalam cerita bergambar :
ü Panel, panel adalah kotak berisi ilustrasi (gambar) dan teks yang tersusun menjadi sebuah cerita
ü Narasi, narasi berisi keterangan tentang latar tempat, waktu, atau situasi
ü Parit, parit yaitu ruang antar panel
ü Balon kata, balon kata ini untuk meletakkan dialog atau narasi
ü Ilustrasi, ilustrasi adalah gambar yang digunakan untuk memperjelas cerita
0 comments:
Posting Komentar