Sub Tema 2 : Perubahan Lingkungan
Pembelajaran ke- : 3
Muatan Terpadu : PPKn ( KD 3. 3, 4. 3), Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8),
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca, peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa atau kejadian dalam bacaan.
2. Setelah membaca, peserta didik dapat mengidentifikasi keunikan adat istiadat dalam keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia.
PPKn (KD 3. 3, 4. 3)
Sikap terhadap Keunikan Adat Istiadat Daerah Tertentu di Indonesia
Di Indonesia turun temurun terdapat lebih dari 300 suku bangsa yang tersebar di seluruh daerah. Setiap suku bangsa memiliki adat istiadat. Adat istiadat adalah perilaku budaya dan aturan-aturan yang diterapkan dalam masyarakat secara turun temurun. Biasanya terdapat sanksi social bagi mereka yang melanggar atau tidak menjalankan adat istiadat itu.
Adat istiadat bersifat lokal sehingga adat satu daerah dapat berbeda dengan daerah lain. Contoh adat istiadat dalam masyarakat dapat terlihat, misalnya :
ü Upacara pernikahan
ü Upacara tujuh bulanan
ü Upacara kematian, serta
ü Upacara sebelum masa tanam dan sesudah masa panen.
Adat istiadat mengandung nilai-nilai luhur yang berasal dari nenek moyang sehingga menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakatnya. Cara menghargai adat istiadat dapat dilakukan antara lain :
ü Mempelajari adat istiadat daerah yang akan kita kunjungi
ü Mematuhi aturan dalam adat istiadat di tiap daerah
ü Tidak melakukan hal-hal yang dilarang dalam adat istiadat daerah tertentu.
Memaknai Keberagaman Adat Istiadat di Indonesia
Adat istiadat di tiap daerah mengajarkan kita berbagai nilai luhur kehidupan seperti bergotong royong, meghargai kelestarian alam, kejujuran, dan kesederhanaan. Kita harus melestarikan adat istiadat yang ada di Indonesia untuk menjaga nilai-nilai luhur tersebut. Pelestarian adat istiadat di tiap daerah di Indonesia memiliki tujuan sebagai berikut :
a. Melindungi dan membina adat istiadat serta nilai sosial budaya masyarakat.
b. Menumbuhkan semangat kebersamaan dan kegotong-royongan.
c. Memelihara kelestarian dan keseimbangan lingkungan alam.
Pelestarian adat istiadat di Indonesia dapat kita saksikan dalam upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat di daerah asalnya seperti gambar berikut :
Tradisi Rasulan di Gunung Kidul
Tradisi rasulan merupakan aset budaya yang harus dipertahankan. Tradisi ini melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong, sehingga keharmonisan masyarakat dapat terjaga. Selain sebagai sarana untuk memupuk semangat kekeluargaan, tradisi ini juga menjadi salah satu wadah untuk melestarikan kesenian daerah Gunung Kidul.
Setiap upacara adat menyimpan makna dan nilai-nilai luhur yang hingga saat ini berusaha dijaga oleh masyarakat di daerahnya. Dengan mempelajari keberagaman adat istiadat di Indonesia artinya kita telah ikut serta menjaga dan melestarikan adat istiadat yang ada di Indonesia.
Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8)
Mendiskusikan Peristiwa Penting dalam Teks Nonfiksi
Peristiwa penting dapat ditemukan dengan membaca teks secara saksama. Setelah itu, kita dapat mencatatnya sehingga kita akan selalu mengingatnya. Cara mencatat peristiwa peristiwa penting dari sebuah teks dapat dilakukan dengan cara membuat peta pikiran, tabel, menjawab pertanyaan, atau diagram alir.
Menghimpun Peristiwa Penting dalam Teks Nonfiksi
Setiap paragraf dalam teks mengandung peristiwa-peristiwa penting yang akan menambah wawasanmu. Kamu dapat menghimpun peristiwa penting dalam teks nonfiksi. Menghimpun artinya mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi peristiwa yang ada di dalam teks nonfiksi. Peristiwa penting yang telah kita himpun dapat disajikan dalam bentuk peta pikiran.
Contoh soal :
1. Bagaimana cara kita sebagai pelajar dalam menghargai dan melestarikan adat istiadat di Indonesia ?
Latihan Soal :
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
0 comments:
Posting Komentar