Senin, 08 Mei 2023

Materi Ajar, Senin 8 Mei 2023 (Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1)



Satuan Pendidikan  : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema 8                      : Lingkungan sahabat kita            

 Subtema 3                : Upaya Pelestarian lingkungan  

Pembelajaran            : 1                                     

Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8), IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)

1. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang pola lantai dalam karya seni tari di tema 8 Subtema 2 kali ini kita akan membahas materi di tema 8 Subtema 3 pembelajaran 1 tentang persyaratan air bersih dan teks nonfiksi
Sebelumnya, tonton dulu video dibawah ini ya nak


2. Tujuan Pembelajaran

1.  Siswa dapat menyebutkan dan mempresentasikan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air dengan benar.

2. Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa dalam teks nonfiksi 


3. Materi Ajar

Bahasa Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)

Teks nonfiksi adalah karangan yang dibuat atas dasar fakta atau hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Nonfiksi merupakan sebuah karangan yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata atau cerita kehidupan sehari-hari yang dituliskan menjadi sebuah cerita.

Mengidentifikasi Peristiwa dalam teks Nonfiksi

Setiap teks mengandung informasi atau peristiwa di dalamnya, cara mengetahui peristiwa dalam teks dengan cara membaca dengan saksama, menemukan gagasan pokok dalam setiap paragraph, dan memberikan tanda khusus pada setiap kata kunci. Setelah itu, kamu dapat membuat catatan baik dalam bentuk peta pikiran atau diagram alir.

Menjelaskan peristiwa penting teks nonfiksi dengan menjawab pertanyaan

Dalam menemukan peristiwa yang terdapat pada teks, kita perlu membaca dan memahami isi teks dengan baik. Semua peristiwa tersebut dapat kita temukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Salah satu cara membaca yang baik adalah dengan membaca dalam hati atau tidak bersuara. Dengan membaca dalam hati, kita dapat mencermati hal-hal penting yang terdapat pada teks dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. 

Aktivitas membaca adalah aktivitas yang hasil akhirnya adalah mendapatkan sebuah informasi. Untuk dapat menggali atau mendapatkan informasi dari sebuah bacaan, kita dapat mengajukan pertanyaan apa, siapa, dimana, mengapa, dan bagaimana.

.

Kesimpulan adalah hasil dari kegiatan kita dalam mengolah dan memahami pernyataan-pernyataan yang ada dalam sebuah bacaan.

Berikut adalah langkah-langkah membuat kesimpulan sebuah bacaan :

a.        Baca bacaan dengan saksama.

b.      Temukan pokok-pokok isi dari bacaan tersebut.

c.       Ringkaslah pokok-pokok isi bacaan yang telah kamu temukan.

d.      Berdasarkan ringkasan buatlah kesimpulan. Kesimpulan harus berupa pernyataan yang menyatakan isi seluruh bacaan.


IPA (KD 3.8 dan KD 4.8)

Air untuk Kebutuhan Sehari-hari
Bagaimana rasa air laut?Ya, air laut terasa asin. Jika kamu berenang di pantai dan terpercik air laut, kamu akan mengetahui bahwa air laut terasa asin. Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut.Air laut tidak bagus untuk diminum.Air laut juga tidak dapat digunakan dalam kebanyakan industri dan keperluan rumahtangga. Untunglah 3% air di dunia berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat didalamnya.
1. Persyaratan secara fisik
a. Tidak keruh
b. Tidak berwarna apa pun
c. Tidak berasa apa pun
d. Tidak berbau apa pun
e. Suhu antara 100-25o C (sejuk)
f. Tidak meninggalkan endapan


2. Syarat kimiawi
a. Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun
b. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan
c. Cukup yodium
d. pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2


3. Syarat mikrobiologi
Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus,dan kolera.

Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar. Air yang akan digunakan diambil dari sungai-sungai terdekat atau sumber-sumber air lain seperti sumur. Air dari sungai dan sumber-sumber air dialirkan dan disimpan dalam tangki penampung yang sangat besar. Tangki penampungan berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah penduduk.Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat. Sumber air airnya didapat dari penggalian tanah. Lubang penggalian ini dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air dari sumur. Namun, sekarang kita dapat menggunakan pompa air bertenaga listrik. Dengan pompa itu air dialirkan ke atas melalui pipa menuju ke bak penampung air, kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain di rumah.

3. Contoh Evaluasi

1. Tuliskan 3 komponen atau syarat air yang bersih

jawab : Persyaratan secara fisik, secara kimia, dan  bebas kandungan  mikroba


4. Evaluasi 

Buatlah Peta pikiran tentang  " Air  untuk Kebutuhan sehari-hari" seperti di buku Tema 8 di halaman 101


5. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini tentang syarat air bersih semoga ananda sholeh sholehah memahami penjelasan dari ibu/bapak guru, besok masuk ke pembelajaran 2 tentang  gambar cerita, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
Wassalamualaikum.wr.wb.

0 comments:

Materi Ajar, Jumat 22 November 2024 ( Ulasan Materi untuk PAS)

Hari, tanggal : Jumat,  22 November 2024 Kelas : 3A Tema : Kewajiban dan Hakku (4) Subtema : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga (4) Pembe...

Template by:

Free Blog Templates