Minggu, 20 April 2025

Materi Ajar, Senin 21 April 2025 ( Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 2)

Hari, tanggal            : Senin, 21 April 2025

Kelas                             : 3A
Tema                             : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema                      : Perkembangan Teknologi Komunikasi(3)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP, dan PPKn
Pembelajaran            : 1 dan 2
Alat Peraga : Karton
Media ajar  :Video Pembelajaran 
Metode Pembelajaran  : Diskusi dan penugasan


📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • Matematika
  • 3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
  • SBdP
  • 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
  • PPKn
  • 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu menuliskan informasi tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan rinci.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat  mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP,  siswa dapat mengidentifikasi kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 yaitu tentang Energi dan Perubahannya. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 7 yaitu tentang perkembangan teknologi. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2 yaitu tentang perkembangan teknologi produksi pangan berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video





📌 Materi Ajar

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, setiap orang memerlukan orang lain. Satu orang berhubungan dengan orang lain. Manusia melakukan komunikasi saat bersama-sama.Saat berkomunikasi, kita dapat menyampaikan apa yang diinginkan. Saat berkomunikasi, kita dapat menyampaikan apa yang kita pikirkan. Dahulu, ruang komunikasi manusia amat terbatas. Bersyukurlah, teknologi komunikasi makin berkembang. Kini kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja. Mari kita pelajari perkembangan teknologi komunikasi, agar hidup makin berarti.


📌 Ayo Membaca!

Sejarah Komunikasi

Komunikasi adalah cara penyampaian gagasan antarmanusia. Pada awalnya, komunikasi dilakukan secara tatap muka dan pesan disampaikan secara lisan. Namun, kebutuhan untuk untuk menyampakan informasi secara tidak langsung juga sangat diperlukan sehingga ilmu
tentang komunikasi semakin berkembang.
Ada bermacam-macam cara penyampaian pesan dari jauh. Suku Indian menggunakan asap sebagai tanda pesan. Di Indonesia, dikenal adanya kentungan. Kentungan digunakan untuk penyampaian tanda bahaya bagi warga. Selain kentungan, gong dapat menjadi pilihan sebagai penyampaian pesan.
Salah satu penyampaian pesan secara tertulis adalah melalui surat. Sebelum adanya kertas, surat ditulis di atas daun lontar. Pada saat mesin cetak telah diciptakan, alat komunikasi berkembang melalui surat kabar atau koran. Setelah surat kabar, media komunikasi, seperti radio dan televisi, mulai berkembang.
Saatini, ada jaringan internet. Manusia dapatbertukar informasi melalui surat elektronik. Manusia dapat juga bertukar informasi melalui berbagai jejaring sosial. Jejaring sosial dapat menghubungkan ke belahan dunia mana pun.

Apakah kamu masih ingat tentang kalimat pokok dari setiap paragraf?
Tuliskan kalimat utama setiap paragraf di bawah
ini.
Paragraf 1 :

Paragraf 2 :

Paragraf 3 :

Paragraf 4 :

Ide pokok suatu bacaan dapat ditemukan jika kita membaca dengan teliti. Ide pokok ditemukan pada kalimat utama tiap paragraf.

Ide pokok adalah gagasan utama dari bacaan.
Setelah mengumpulkan kalimat utama dari tiap paragraf, maka dapat diketahui bahwa ide pokok dari teks bacaan di atas adalah.......................................


📌 Ayo Mengamati!

KARTU POS

Siti mendapat kiriman kartu ucapan terimakasih dari toko majalah yang pernah Siti pesan. Kartu tersebut cantik sekali. Kartu itu disebut kartu pos. Kartu pos adalah selembar kertas tebal atau karton tipis berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis dan pengiriman tanpa amplop dan dengan harga yang lebih murah daripada surat.Unsur garis, bidang, dan warna pada kartu pos menarik untuk dilihat.
Amati hiasan pada kartu pos berikut!



Buatlah hiasan yang sama seperti Siti dan teman-teman pada kartu pos di bawah ini!


📌 Ayo Mengamati!

Kartu pos mempunyai empat tepi. Jumlah panjang keempat tepinya disebut keliling kartu pos.
Persegipanjang mempunyai empat sisi. Jumlah panjang keempat sisinya disebut keliling
persegi panjang . Setiap bangun datarmemiliki keliling. Kita dapat menemukan keliling dari setiap bangun datar dengan mudah.


  📌 Ayo Mengamati!

Amati berbagai bangun datar yang ada di kelasmu. Temukan kelilingnya bersama temanmu!
Amati gambar-gambar di bawah ini!
Tebalkan sisi-sisi yang membentuk keliling dari bangun tersebut!


📌 Ayo Membaca!

Alat Komunikasi

Tradisional danModern Manusia berkomunikasi dengan berbagai cara. Perkembangan teknologi komunikasi telah menghasilkan berbagai jenis alat komunikasi. Ada yang telah digunakan sejak lama maupun yang baru dikenal masyarakat.


Kelompokkan alat komunikasi yang terdapat pada teks bacaan di atas dalam tabel berikut!
Latihan soal Lengkapi kalimat berikut!
  1. Alat komunikasi----------------------masa lalu. digunakan pada
  2. ------------------tradisional termasuk ke dalam alat komunikasi
  3. Lonceng dan--------------------memiliki fungsi yang sama.
  4. Telepon kini berkembang menjadi--------------------
  5. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi---------------------
📌 Ayo Mengamati!

Setiap orang memilikisifat yang berbeda-beda. Ada yang pendiam dan pemalu, ada juga yang
memiliki sifat ramah dan mudah bergaul. Sifat termasuk salah satu bentuk keberagaman. Berikut beberapa contoh sifat beserta ciri-cirinya.






📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tema 7 subtema 3 pb 1 dan 2 uyaitu tentang sejarah teknologi, perkembangan teknologi dan karakteristiki individu. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 7 subtema 3 pb 3 tentang perkembangan teknologi. 



 Kesimpulan 


Alhamdulilah kegiatan sudah berjalan dengan baik, peserta didik mampu memahami materi yang berkaitan tentang sejarah komunikasi sifat orang lain serta mampu memahami materi keliling bangun datar. Namun masih terdapat 3 siswa yang kesulitan menghitung keliling  bangun datar. Guru memberikan pendampingan kepada siswa tersebut

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 7 subtema 3 pb 1 dan 2,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^



MATERI AJAR, SENIN, 22 APRIL 2024

Minggu, 21 April 2024

Hari, tanggal            : Senin, 22 April 2024

Kelas                             : 3A
Tema                             : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema                      : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (2)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, dan PPKn
Pembelajaran            : 5 dan 6

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • Matematika
  • 3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
  • PPKn
  • 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu menuliskan informasi tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan rinci.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat  mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 7 subtema2 yaitu tentang teknologi produksi sandang pembalajaran 3 dan 4. Nah untuk hari ini, kita masih mempelajari yang sama yaitu teknologi produksi sandang pembelajaran 5 dan 6. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 7 Subtema 2 pb 5,6 berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video



📌 Materi Ajar

Teknologi Produksi Sandang

Setiap orang memiliki pakaian. Ada kemeja, kaos, dan blus. Ada celana panjang, celana pendek,
dan rok. Mereka mengenakan pakaian untuk melindungi tubuh. Pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Tahukah kamu, bahan apa sajakah itu? Bagaimana bahan itu diolah hingga menjadi pakaian? Pakaian apa saja yang dihasilkan?


📌 Ayo Membaca!

Bahan Dasar Pakaian

Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan. 
Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.
Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.
Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan.
Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.


Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks “Teknologi Pangan”!
  1. Apa arti dari Sandang?
  2. Bahan apa saja yang dapat digunakan untuk membuat pakaian?
  3. Bahan pakaian apakah yang nyaman dipakai untuk sehari hrai?
  4. Serat sutera berasal dari?
  5. Apakah manfaat pakaian yang terbuat daro bulu domba?

📌 Ayo Mencoba!

Luas Permukaan Suatu Bidang

Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan.


Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling menutupi.
Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!

"Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat".

Cara Menentukan Simetri Lipat

Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan. Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan membuat sumbu simetri. Yaitu, garis yang membagi dua bangun datar dan saling menutupi. Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!
1. Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.
2. Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.
3. Lalu, buka lipatan kertas.
4. Buatlah garis pada bekas lipatan. 

Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?
Amati bagan berikut ini!


Buatlah satu bentuk bangun datar yang kamu inginkan!
Berlatihlah mencari banyaknya simetri lipat! Gambarkan hasil temuanmu!

📌 Ayo Mengamati!


Udin bercerita tentang kain sutra ibunya. Kain ibu Udin dibuat dengan cara dipintal dan ditenun. Dayu menanggapi cerita Udin. Ia memperagakan gerakan memintal dan menenun.
 



     📌 Ayo Membaca!

Mengolah Bahan Dasar Pakaian

Indonesia kaya akan bahan dasar pakaian. Ada serat alami yang berasal dari kapas, daun, kayu, batang pohon, kepompong ulat sutra, dan bulu domba. Ada juga bahan dasar berupa serat buatan seperti nilon. Dahulu, bahan dasar pakaian diolah dengan cara sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam dan dikeringkan. Semua diolah menjadi pakaian. Saat ini, bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.

Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakin maju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern. Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakinbanyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasarjuga bertambah canggih. Pakaian yang dihasilkan semakin beragam.Bersyukurlah kepada Tuhan karena kita memiliki pakaian.

Bacalah kembali teks “Mengolah Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti!
Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf!
Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!


  📌 Ayo Mengamati!

Jenis pekerjaan dalam proses pembuatan pakaian
Tuliskan keberagaman pekerjaan yang kamu lihat!


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang teknologi produksi sandang, serta menentukan satuan tidak baku. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 7 subtema 1 pb 3 dan 4 tentang teknologi produksi sandang.

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 7 subtema 2 pb 5 dan 6,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

0 comments:

Remedial dan Pengayaan, Rabu 4 Juni 2025

Hari, tanggal             : Rabu, 4Juni  2025 Kelas                          : 3A Tema                          : Praja Muda Karana (8) Pemb...

Template by:

Free Blog Templates