Selasa, 03 November 2020

Materi Ajar, Selasa 3 November 2020 (Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 2 dan 3)

 Hari/ Tanggal : Selasa, 3 November 2020

Tema               : 3 (Benda di Sekitarku)

Subtema          : 4 (Keajaiban Wujud di Sekitarku )

Pembelajaran   : 2

 

                                                               Ringkasan Materi

Pembelajaran 2

B.Indonesia

Asyiknya Membuat Gulali

Gulali adalah sejenis permen yang terbuat dari gula pasir. Rasanya manis dan mudah membuatnya. Sambil membuat gulali, cermati perubahan wujud yang terjadi! Kegiatan membuat gulali dapat Ananda pahami langkah kerjanya dengan membaca di buku Tema 3 (Benda di Sekitarku ) Halaman 185.  Perubahan wujud yang terjadi saat membuat gulali adalah,

1.      Perubahan wujud cair ke gas dinamakan menguap , yaitu ketika gula dan air yang di panaskan 

2.      Perubahan wujud dari cair menjadi padat  dinamakan  membeku,  yaitu ketika campuran gula air matang dan berwarna tercampur, lama-kelamaan campuran tersebut mengental (menjadi padat).

PKN

Saling membantu di rumah menunjukkan sikap kerukunan. Seperti yang dilakukan Edo. Edo setiap pagi sebelum berangkat sekolah, ia merapikan tempat tidur, membantu ibu menjaga adik, Pada malam hari, ayah dan ibu membantuku mengulang pelajaran di rumah. Di rumah, kami saling tolong-menolong. Tolong-menolong merupakan contoh sikap bersatu. Persatuan membuat pekerjaan menjadi mudah dan ringan. Bersatu tidak hanya di lakukan saat dirumah, kegiatan bersatu dapat kita lakukan ssat di sekolah dan lingkungan masyarakat.

UNTUK LEBIH JELASNYA MARI KITA SIMAK DAN PAHAMI VIDEO BERIKUT INI YA NAK J Video Pembelajaran Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 2 


Pembelajaran 3

B.Indonesia

Pernahkah kamu mendengar istilah Pemanasan Global? Apa yang dimaksud Pemanasan Global? Sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada Pemanasan Global.


Pemanasan Global


Pemanasan global disebut juga global warming. Pemanasan global terjadi jika suhu bumi meningkat. Akibatnya, es di wilayah kutub akan mencair. Hal ini menyebabkan permukaan air laut naik. Jika dibiarkan, maka dalam puluhan tahun mendatang pulau-pulau di dunia akan tenggelam.



Kita dapat mengurangi laju pemanasan global. Caranya dengan mengurangi pencemaran udara. Contohnya berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat yang dekat. Mencintai dan memelihara tumbuhan dan tanaman. Menghemat pemakaian listrik dan air.




 

PKN

Kekuasaan Tuhan sangat luar biasa. Tahukah kamu posisi matahari yang sangat ideal dengan bumi? Posisi ini mengakibatkan bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Panas matahari tidak membuat semua air menguap. Masih cukup air di muka bumi ini setiap harinya. Setiap hari kita membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan baju setelah dicuci. Pernahkah kamu membantu ibu menjemur pakaian? Atau membantu melipat setelah kering? Lipatlah aneka jenis pakaian atau perlengkapan berbahan kain yang tersedia. Berlatihlah terus agar lipatanmu lebih rapi lagi! UNTUK LEBIH JELASNYA MARI KITA SIMAK DAN PAHAMI VIDEO BERIKUT INI YA NAK J Video Pembelajaran Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 3: 


Tugas mintalah bantuan Ayah/mama/kakak untuk memvideokan kegiatan melipat beberapa potong pakaian, lalu tulislah tabel kemampuan melipat berikut!

 

 














0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates