Jumat, 05 Maret 2021

Materi Ajar, Jum'at 5 Maret 2021 (Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 dan 6)

Hari/ Tanggal         : Jum’at, 05 Maret 2021

Tema                      : 7 (Perkembangan Teknologi)

Subtema                : 1 (Perkembangan teknologi Produksi Pangan)

Pembelajaran         : 5 & 6 (PPKn)

Alat Peraga           : Gambar dan Video

KD                 : PPkn

3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

 

Tujuan Pembelajaran :

1.    Peserta didik dapat memahami keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

2.    Peserta didik dapat menjawab soal keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Langkah - langkah pembelajaran :

1)    Peserta didik memahami keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

2)    Peserta didik membaca teks tentang “Bandeng presto”

3)    Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan soal yang telah diberikan

Assalamu'alaikum wr.wb

Good morning my lovely students?? How are you this morning?? Hopely you are always good and happy

Baik anak Sholeh sholehah sudah kah kalian bersiap untuk belajar daring hari ini. Jangan lupa kerjakan terlebih dahulu sarapan pagi bersama ayah bunda mu kemudian sholat Dhuha berjamaah dan bersiap menerima materi di blogger bu guru ini ya.

Hari ini kita akan mempelajari PPKn tentang keberagaman karakteristik individu di sekitar kalian. Silahkan simak baik baik rangkuman materi yang telah ibu guru sajikan di blogger ini. Silahkan kalian buka buku tema 7 nya sub tema 1. Dibaca ya nak hingga pembelajaran 6 yaa nak. 

Semangat terus daring nya dan jangan lupa selalu stay dirumah yaa.

Yuk kita pelajari materi PPKn hari ini🤗🤗👍


RINGKASAN MATERI

 

Pagi ini, Udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari

biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni. Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah Sunda.

Edo memakai baju dari Papua. Dayu memakai pakaian adat Bali. Demikian pula dengan Beni, Siti, Lani, dan yang lainnya.  Mereka juga membawa makanan khas daerah.

Udin membawa combro dari Sunda. Edo membawa kue sagu dari Papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari Bali. Beni membawa panada dari Manado. Siti membawa keripik singkong dari Padang. Tak ketinggalan, Lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas Tionghoa.

Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di

Indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing.

Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari

daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.

 


Bacalah teks bacaan berikut!

Setelah membuat tempe, Siti dan teman-teman akan mengolah tempe yang sudah jadi. Mereka membayangkan menu masakan yang akan dibuat dari tempe.

Siti ingin membuat tempe balado karena Siti suka pedas. Edo ingin membuat semur tempe karena Edo suka rasa manis. Lani ingin membuat tempe asam manis karena Lani suka rasa asam dari saus tomat. Beni, Dayu, dan Udin, lebih suka tempe yang digoreng. Rasanya asin dan gurih. Siti memaksa ingin membuat tempe balado.

 

Demikian pula, Edo tetap bertahan ingin membuat semur tempe. Karena tidak ada yang mau mengalah, hampir saja tempe tidak jadi diolah.

Keinginan setiap orang berbeda-beda. Jika setiap orang memaksakan kehendak, akan terjadi pertengkaran.

 

Akhirnya, Siti dan kawan-kawan berdiskusi untuk menentukan jenis masakan yang akan dibuat. Siti tidak ingin memaksakan kehendak. Siti paham bahwa tidak semua orang suka pedas. Siti memiliki tenggang rasa terhadap teman-temannya. Begitu pula Edo dan Lani, mereka tidak memaksakan keinginan pribadi. Dari hasil diskusi, semua sepakat untuk membuat tempe mendoan.

 

Perbedaan sifat dan kebiasaan dapat menimbulkan pertengkaran jika tidak ada yang mau mengalah. Sikap itu tentu saja tidak baik. Perbedaan sifat dan kebiasaan tidak akan menjadi masalah, jika bertoleransi terhadap sifat dan kebiasaan orang lain. Tenggang rasa adalah sikap mau memahami keadaan orang lain.

 

TUGAS :

Diskusikan dengan Keluarga mu mengenai hal baik dan tidak baik yang mungkin terjadi jika terdapat perbedaan sifat dan kebiasaan dari tiap orang!

 

Amati hasil diskusi mengenai berbagai akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan pada setiap orang!

• Muncul sikap tenggang rasa

• Berbeda pendapat

• Perang antar suku bangsa

• Memahami perasaan orang lain

• Saling melengkapi satu sama lain

• Memicu pertengkaran

• Menghargai perbedaan

• Memaksakan kehendak

• Memperkaya wawasan

• Tidak mau bersatu

0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates