Kamis, 22 Juli 2021

Materi Ajar, Jumat 23 Juli 2021 (matematika : Tema Pecahan, Subtema Pecahan senilai)

Hari/ Tanggal      : Jumat, 22 Juli 2021
Kelas/Semester   : IV/1
Pelajaran             : Matematika
Tema                    : Pecahan
Subtema              : Pecahan Senilai


Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mengenal tentang pecahan senilai
2. Siswa mampu menentukan pecahan senilai


Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Are you ready for the great day?? 
Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 
Bismillahirrahmanirrahim. 


Semoga Walau pun kita masih dalam pembelajaran daring tidak mengurangi semangat kalian dalam belajar !! 
Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kita menjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Amiiin

Untuk hari ini kita memasuki mata pelajaran matematika Tentang pecahan
Lets check this video 





Ringkasan Materi

Pecahan senilai adalah pecahan pecahan yang bernilai sama. Pecahan senilai dapat diilustrasikan dengan membandingkan bagian gambar. 

Untuk menentukan pecahan senilai bisa menggunakan garis bilangan, gambar yang di arsir, dan juga dengan mengalikan pembilang dan penyebut dari pecahan dengan bilangan yang sama. 


1. Menentukan Pecahan Senilai dengan Garis Bilangan

Cara pertama untuk menentukan pecahan senilai adalah dengan menggunakan Garis Bilangan. Garis bilangan merupakan alat atau model yang bermanfaat bagi pembelajaran pecahan senilai setelah model konkrit dan model gambar.

Perhatikan garis bilangan berikut.


Jika nilai pecahan pada garis bilangan di atas berada pada garis putus-putus yang sama, maka pecahan tersebut senilai. Misalnya, sebagai berikut.

2. Menentukan Pecahan Senilai dengan Menggunakan Gambar


Perhatikan gambar berikut.


Daerah persegi panjang pada gambar di atas dibagi menjadi beberapa bagian yang sama. Bilangan di bawah masing-masing gambar menunjukkan luas daerah yang diarsir.


Karena luas daerah yang diarsir pada masing-masing gambar tersebut sama, maka pecahan


bernilai sama, dan disebut pecahan-pecahan senilai.

3. Menentukan Pecahan Senilai dengan Membagi atau Mengalikan Pembilang dan Penyebut dengan Bilangan yang Sama


Untuk mengetahui hubungan pecahan-pecahan yang senilai, perhatikan uraian berikut.


Berdasarkan contoh di atas dapat dikatakan bahwa pecahan yang senilai dapat  diperoleh, jika pembilang dan penyebut dari suatu pecahan dikalikan dengan bilangan yang sama.

Selanjutnya, perhatikan hubungan pecahan-pecahan berikut.


Berdasarkan contoh di atas dapat dikatakan bahwa pecahan yang senilai dapat  diperoleh dengan membagi pembilang dan penyebut suatu pecahan dengan bilangan yang sama.

Perhatikan gambar berikut
























Tugas. 

Buatlah pecahan dengan menggunakan benda konkrit yg bisa kalian temui di rumah menggunakan 2 benda agar bisa dibuat pecahan senilai. ( misalnya menggunakan kertas, origami, makanan, atau apa saja yg bisa kalian buat menjadi pecahan yang senilai ) 

0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates