Rabu, 26 Oktober 2022

Materi Ajar, Rabu 26 Oktober 2022 ( Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 4)




Tema 4            : Sehat itu Penting 

Sub tema 3    : Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran 

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3.2, 4.2)

 

Tujuan Pembelajaran ;

1.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan pantun yang disajikan secara lisan dan runtut

2.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi social budaya yang dipengaruh oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

3.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi, social, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

 1. Sapaan 



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 🤗
Hello, how are you my lovely student ? 🤗
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Ya Robbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan sholat dhuha dan muroja'ah ya nak... 🤗

2. Apersepsi 
Adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... kemarin kita sudah mempelajari materi subtema 3 pembelajaran 1 dan 2 tentang Pantun, Jantung, dan Cergam dan hari ini kita akan mempelajari materi tema 4 subtema 3 pembelajaran 3 tentang 
lets start our lesson today

Sebelumnya silahkan simak video pembelajaran dibawah ini ya...




Unsur unsur bergotonroyong:

a.    Usaha kegiatan kerja bersama-sama

b.    Berpartisipasi  sesuadengan kemampuan masingmasing

c.    Ikhlas tanpa pamrih

d.   Kerjasama yang bermanfaat bersama

Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua aktivitas manusia yang berhubungan dengan oranlain. Proses interaksi tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Proses interaksi ini dapat terjadi apabila ada pertemuan dua orang atau lebih. Selain itu, interaksi terjadi karena adanykepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang seperti berikut:

a.    Bidang ekonomi: Interaksi dalam ekonomi dapat kita jumpadi pasar atau tempaperbelanjaan, di tempat terjadinya proses interaksi ekonomi. Semua produk jasa juga termasudalam interaksi ekonomiSecara umum, interaksi ekonomi ditandai dengaadanya hubungaantara duindividu atau antara individu dengan lembaga yang menggunakan proses transaksi uang.

b.    Bidang politik, Jenis kepentingan ini digunakan oleh para anggota pemerintahan daanggota partai politik untuk menjalankan kekuasaan negara. Di dalam kepentingan politik, terdapat juga kepentingan keamanan danpertahanan. Kepentin gan ini, secarumum ditandai dengan adanya proses transaksi politis dan kesepakatan untuk menjalankan negara

c.    Bidang sosial dan budaya; Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan ini akan menimbulkan interaksi   dalam      dalam masyarakat karena kedudukan seseorang ditentukan oleh pengakuan masyarakat sekitarnya. Jadi, mencari kedudukan tanpa pengakuan masyarakat sangat tidak mungkin terjadi. Kepentingan bidang budaya berkaitan dengan pola-pola perilakubahasa, organisasi sosial, religi, dan seni yang telah menjadi kebiasaan turun-temurun darleluhur. Warga masyarakat yang saling berinteraksi tidak menutup kemungkinan akaikut berinteraksi pula dalam bidang budaya sehingga terjadpengaruh bu daya yang satu ke budaya yang lain.

d.   Bidang moral; Kepentingan moral, berarti kepentingan yang berangkat dari keprihatinaakan rendahnya situasi moralitas masyarakat di wilayah tertentu . Contoh kepentingan moral, yaitu siar agama, pelatihan keterampilan masyarakat, dan pembinaan masyarakat oleh pemerintah. Tujuannya, agar kesadaran masyarakat di wilayah tersebut


Interaksi antaantar-wargamasyarakat terjadkarena beberapa faktor seperti berikut.

a.    Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alam pada Setiap Daerah. Daerah dengakandungan sumber daya alam cukup tinggi ,akan dapat memproduksi barang -barang tertentu dengan biaya relatif murah dibandingkan dengan daerah lain yang memilikkandungan sumber daya alam lebih rendah

b.    Perbedaan Kondisi Demografis (perbedaan tingkat pertumbuhan dan stuktur kependudukan, perbedaan tingkapendidikan dan kesehatan, perbedaan kondisi ketenagakerjaan, dan perbedaan dalam tingkah laku dan kebiasaan, serta etos kerja yang dimiliki masyarakat daerah bersangkutan). Daerah dengan kondisi demografis yang baik akacen-derung memiliki produktivitas kerja yang lebih tinggi. Hal tersebut akan mendoronpeningkatan investasi yang selanjutnya akan meningkatkan penyediaan lapangan kerjdan pertumbuhan ekonomi daerah bersangkutan.

c.    Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa. Apabila mobilitas tersebut kurang lancamaka kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat dijual kedaerah lain yang membu- tuhkan. Demikian pula halnya migrasi yang kurang lancar menyebabkan kelebihan tenaga kerja suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang sangat membu- tuhkannya. Akibatnya,ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggkarena kelebihan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang membu- tuhkannya sehingga daerah terbelakansulit mendorong proses pembangunanya.

d.   Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah. Pertumbuhan ekonomi daerah akacenderung lebih cepat pada daerah dengan konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukubesar.

e.    Alokasi Dana Pembangunan Antardaerah/Wilayah. Jika sistem pemerintahan yang dianut adalah otonomi atau federal, maka dana pemerintah akan lebih b anyak dialokasikake daerah sehingga ketimpangan pendapatan akan cenderung rendah.


Tugas Latihan :

. Salah satu upaya menciptakan lingkungan sehat adalah …
A. mengotori tembok dengan tanah
B. membuang sampah ke sungai
C. kerja bakti
D. tidak menggosok gigi
2. Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita disebut …
A. kejujuran
B. hak
C. kewajiban
D. tanggung jawab

3. Pantun biasanya terdiri dari … baris
Kata yang tepat melengkapi bagian titik-titik adalah ...
A. enam
B. empat
C. tiga
D. lima
4. Salah satu cara yang tepat untuk menyampaikan nasihat adalah …
A. dongeng
B. bercerita
C. syair
D. pantun

5. Dua baris dalam setiap bait pantun adalah …
A. sampiran
B. penutup
C. isi
D. pembuka

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
 

Wassalamualaikum.wr.wb

0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates