Jumat, 17 Februari 2023

Materi Ajar , Jumat 17 Februari 2023 ( Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4)

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema 7                  : Peristiwa dalam Kehidupan
Sub Tema 3            : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
Pembelajaran ke    : 4
Muatan Terpadu      : PPKn ( KD 3. 3, 4.3) dan IPS (KD 3. 4, 4.4)

TUJUAN PEMBELAJARAN :

- Setelah membaca materi peserta didik dapat mengenal nilai-nilai luhur Pancasila yang berkembang di masyarakat dengan penuh kepedulian.

- Setelah membaca materi peserta didik dapat mengetahui peristiwa lahirnya Pancasila dengan penuh tanggung jawab.

- Setelah membaca materi peserta didik dapat mengidentifikasi makna Pancasila dalam keragaman budaya bangsa dengan penuh kepedulian.


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Good morning my student 🤗
How are you today ?
Before studying let us pray 

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

1. Apersepsi
Alhamdulillah pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari materi Surat Pribadi & Surat Dinas, hari ini di pembelajaran yang ke 4 kita akan mempelajari mata pelajaran IPS dan PPKN. Simak materi hari ini sampai selesai ya anak sholeh sholehah 🤗

Sebelumnya kita simak dahulu video di pembelajaran yang ke 4 dibawah ini ya 


2. Materi Ajar 

IPS (KD 3. 4, 4. 4)

Sejarah Lahirnya Pancasila

Sejarah Singkat Lahirnya Hari Pancasila Sampai Ditetapkan Menjadi Dasar Negara 

Lambang negara pemersatu bangsa!

Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni di setiap tahunnya. Pancasila merupakan dasar ideologi-ideologi negara Indonesia. Pancasila sangat penting bagi bangsa Indonesia karena berperan sebagai pemersatu bangsa. Pancasila juga membimbing para pejuang mencapai Indonesia berdaulat.

Oleh karena itu sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita memahami latar belakang terbentuknya Pancasila. Berikut sejarah singkat lahirnya Pancasila.

1. Bermula dari Pidato Ir. Soekarno yang menyampaikan gagasan mengenai dasar negara

 

Pada tanggal 29 Mei Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mengadakan rapat dengan tema dasar negara. Sayangnya, hingga beberapa hari rapat berlangsung belum bisa menemukan titik terang mengenai dasar negara. 

3. Hari Pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional


Pada kata pengantar teks yang telah dibukukan, Dr. Radjiman Wedyodiningrat menyebutkan jika momen pidato Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni berisi lahirnya Pancasila. Pada tahun 1970, pemerintah orde baru melalui kopkamtib melarang peringatan Hari Lahir Pancasila. Aturan ini terbentuk disebut-sebut adalah upaya pemerintah untuk menyingkirkan Bung Karno dari ingatan rakyat dan sejarah Indonesia. Kemudian pada Mei 1978 tepatnya 1 Juni, Hari Pancasila kembali diperbolehkan untuk diperingati.

Hingga akhirnya terdapat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sehingga Hari Lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional mulai tahun 2017.

Nah itu dia sejarah singkat lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Semoga kita bisa terus menanamkan nilai-nilai yang ada pada Pancasila pada diri kita.


PPKn (KD 3. 4, 4. 4)

Nilai Nilai Luhur Pancasila yang Berkembang di Masyarakat 

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat penting dalam membangun persatuan dan kesatuan sebagai satu bangsa. Pancasila sebagai pandangan hidup mengandung nilai luhur yang ada, tumbuh, dan berkembang bersama bangsa Indonesia sejak sedia kala.

Maka semua sikap warga negara harus sesuai dan menuju ke arah tujuan tersebut adalah baik dan benar. Sebaliknya, bila ada sikap yang berbeda atau tidak searah, maka sikap itu kurang baik dan kurang benar. 

Nilai-nilai pancasila sebagai pandangan hidup merupakan ukuran bagi baik buruknya, benar salahnya sikap warga negara Indonesia secara nasional. Pancasila merupakan tolok ukur, penyaring atau alat penimbang bagi semua nilai yang ada. Pancasila mempunyai kedudukan dan kebenaran tertinggi dibanding nilai-nilai yang lain.

Kelima butir Pancasila harus ‘dihafal mati’ karena inilah pedoman kita sebagai bangsa Indonesia. Selain sudah diajarkan sejak dini, Pancasila juga dibacakan setiap hari Senin dan hari-hari Besar Nasional. Jadi bagaimana tidak memori kita diingatkan dan dibangkitkan oleh dasar Negara kita itu, gelora keindonesiaan kita diteguhkan.

Pancasila adalah pedoman hidup sehari-hari, dimana hidup itu dilaksanakan dengan dan dalam aneka perbuatan. Maka sesuatu yang menjadi pedoman hidup harus merupakan pedoman perbuatan sehari-hari. Hidup manusia itu kesatuan, tetapi dilakukan dalam dan banyak perbuatan. Hidup itu perse kesatuan atau integrasi.

Pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia di dalamnya terkadung nilai humanisme yang religious dan sosialistis. Humanisme berarti melihat manusia sebagai mahkluk yang mempunyai struktur sendiri dalam dunia ini makanya harus menuju ke situ dan cara hidup yang sesuai dengan struktur tersebut. Bertindak di luar itu disebut inhuman.

Humanisme menuntut penyempurnaan manusia dalam hidup agar berkembang, berkebudayaan, dan bisa menikmati kehidupan secara layak. Humanisme pun bisa bersifat a-religius, tanpa keagamaan. Dalam hal ini memungkiri soal ketuhanan. Maka perlu menginternalisasi kembali makna sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Kita semua percaya, Tuhan adalah asal dan tujuan semua umat manusia. Segala sesuatu tertuju kepadaNya.

Perikemanusiaan merupakan persaudaraan dari seluruh bangsa manusia di seluruh dunia berdasarkan human nature. Maka silah kedua Pancasila, perikemanusiaan sering disebut internasionalisme, cita-cita keluarga besar yang meliputi seluruh bangsa manusia.

Perikemanusiaan juga berarti membangun kebudayaan bersama, membangun “rumah” bersama untuk seluruh keluarga di dunia. Perikemanusiaan adalah cinta kasih kepada sesama berdasarkan kesatuan keluarga itu. Ketiga arti perikemanusiaan ini berkaiatan satu sama lain, tak terpisahkan.

Secara singkat nilai-nilai luhur yang diperjuangkan dalam Pancasila yakni nilai religiositas, kemanusiaan, demokrasi dan keadilan sosial yang menyangkut hidup bangsa.

Nilai-nilai tersebut memotivasi setiap kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan pemerintah, tanpa menyisipkan kepentingan sekretarian apa pun yang bertentangan dengan cita-cita luhur pendiri NKRI. Pancasila dulu kini dan nanti. Merdeka!

3. Contoh evaluasi

Nilai-nilai yang terkadung dalam Pancasila sangat penting dalam membangun persatuan dan kesatuan sebagai satu bangsa. Kelima butir Pancasila harus ‘dihafal' karena inilah pedoman kita sebagai bangsa Indonesia. Pancasila adalah pedoman hidup sehari-hari, dimana hidup itu dilaksanakan dalam aneka perbuatan.

4. Evaluasi

Presentasikan materi sejarah singkat lahirnya Pancasila dengan gaya dan tekstur ananda sholeh sholehah sendiri 

5. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga ananda sholeh sholehah sudah memahami materi sejarah lahirnya pancasila dan nilai - nilai luhur pancasila besok kita masih belajar di tema 7 subtema 3 masuk ke pembelajaran 5, apabila ada pertanyaan tentang materi pembelajaran yang masih belum paham bisa langsung ditanyakan ke Bu guru ya..

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates