Kamis, 12 Oktober 2023

Materi Ajar, Kamis 12 Oktober 2023 ( Review Materi Persiapan PTS)

besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Kamis, 12 Oktober 2023

 

Lesson                      : Tematik

Tema 3                    : Penemuan

Subtema             : Review materi 

Muatan Pelajaran     :  B.Indonesia (3.2) PKN (3.3) dan Matematika (3.6), SBdP IPA dan IPS


Tujuan Pembelajaran :

1. Review materi persiapan PTS

1. Apa pengertian hak dan kewajiban?

Hak adalah segala sesuatu yang memang seharusnya didapatkan oleh setiap orang (warga masyarakat). Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang dengan penuh rasa tanggung jawab agar ia memperoleh haknya secara layak.

Contoh, untuk mendapatkan pengajaran, seseorang wajib mendaftarkan diri dan mematuhi aturan yang berlaku di lembaga pendidikan yang diikuti.

2. Contoh hak dan kewajiban sebagai Anak dalam Kehidupan Sehari-hari

Hak di rumah, misalnya memperoleh kasih sayang dari kedua orang tua, mendapat perlindungan dari orang tuan, mendapatakan makanan, pakaian, dan tempat tinggal yang layak

Kewajiban di rumah misalnya membantu orang tua menyelesaikan pekerjaan rumah, ikut menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat tinggal, menyayangi saudara (kakak mauapun adik).

Hak siswa di sekolah, misalnya: mendapatkan pendidikan dan pengajaran dari guru, mendapatkan kenyamanan dalam belajar, menggunakan fasilitas-fasilitas sekolah.

Kewajiban siswa di sekolah,misalnya: mendengarkan penjelasan guru dengan baik, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, menjaga dan merawat fasilitas- fasilitas sekolah.

Hak di masyarakat, misalnya: mendapatkan bantuan/pertolongan dari tetangga, mendapatkan ketenangan dan kenyamanan dalam hidup bermasyarakat, menggunakan fasilitas-fasilitas umum di masyarakat, membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan, menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan masyarakat, menjaga dan merawat fasilitas- fasilitas umum di masyarakat.

3. Ada penemuan-penemuan yang enggak sengaja ditemukan oleh manusia yang bisa mengubah dunia. Ada berbagai macam penemuan yang ditemukan, mulai dari teknologi hingga medis. Semua itu tentunya dilakukan dengan berbagai penelitian hingga percobaan selama bertahun-tahun. Ada juga penemuan-penemuan baru yang sengaja dilakukan oleh para ilmuwan.Listrik yang kita gunakan sehari-hari banyak membawa perubahan di dunia. Apakah kamu tahu siapa penemunya? Penemu listrik adalah Michael Faraday yang lahir pada 1791 di Newington, Inggris. Michael Faraday lahir di keluarga sederhana dan hanya sebentar saja merasakan bangku pendidikan di sekolah.Michael yang memiliki semangat dan pantang menyerah itu akhirnya berhasil membuat sebuah alat sederhana. Alat tersebut merupakan alat yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

4.Teks eksplanasi adalah teks yang berisi informasi tentang fenomena yang terjadi di masyarakat atau informasi tentang suatu hal. Beberapa contoh yang bisa dijadikan teks eksplanasi misalnya tentang budaya masyarakat, gejala alam dan proses terjadinya sesuatu.

Kita dapat menentukan topik permasalahan dan simpulan dari teks eksplanasi. Topik permasalahan dapat kita temukan dari kalimat utama dalam setiap paragraf. Sementara itu kita dapat menentukan simpulan dari teks eksplanasi dengan membaca keseluruhan isi teks.

5.Perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang meliputi perilaku, sikap, nilai, dan tata kehidupan masyarakat. Perubahan sosial budaya biasanya terjadinya perubahan kehidupan dari tradisional menuju modern. Masyarakat modern memiliki cara berpikir, bertindak, dan bersikap yang sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu penyebab terjadinya perubahan sosial adalah adanya penemuan baru di masyarakat. Penemuan baru tersebut membawa pengaruh besar terhadap perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Penemuan baru tersebut memudahkan kehidupan manusia

6. Nada merupakan bunyi yang beraturan serta memiliki tinggi dan rendah yang berbeda-beda. Saat menyanyikan sebuah lagu, kita perlu memperhatikan tinggi dan rendah nada dalam lagu tersebut. 

Interval Nada adalah jarak antara satu nada dengan nada yang lainnya 
Nada dalam seni musik dapat dituliskan dalam notasi angka. Notasi angka adalah sistem penulisan lagu dengan menggunakan simbol angka-angka. Angka-angka yang digunakan dalam notasi angka adalah sebagai berikut.


Latihan

Berlatihlah mengerjakan soal soal yg ada di buku modul tematik untuk persiapan mengerjakan PTS.


0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates