Kamis, 29 Februari 2024

Materi Ajar, Kamis 29 Februari 2024

day / Date : Kamis, 29  Februari 2024

 Lesson : Tematik

Tema 9 : Menjelajah angkasa luar

Subtema 1 : Keteraturan yang Menakjubkan

Pembelajaran : 1 dan 2

Muatan Pelajaran :

IPA : IPA 3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.

Bahasa Indonesia : 3.9 Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi.

SBDP : 3.2 Memahami interval nada

Tujuan pembelajaran Pb 1

1. Setelah membaca teks, siswa dapat mengenal sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar. 

2. Siswa dapat menjelaskan sistem tata surya melalui kegiatan bermain peran dengan percaya diri. 

3. Dengan bermain peran siswa dapat membuat sebuah laporan pengamatan tentang cara kerja planet dalam sistem tata surya dengan lebih percaya diri. 

4. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cara kerja anggota sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar. 

5. Dengan membaca sebuah karangan fiksi, siswa dapat menjelaskan tokoh utama dalam karangan fiksi secara lisan, tuisan dan menggambarkannya di dalam sebuah gambar sederhana dengan percaya diri.

 

Tujuan pembelajaran Pb 2

1. Dengan mencari informasi penting tentang planet dalam tata surya, siswa dapat meningkatkan keingintahuannya. 

2. Dengan mengumpulkan informasi tentang tata surya, siswa dapat mempresentasikannya di depan kelas dengan percaya diri. 

3. Dengan membaca bacaan tentang model tata surya, siswa dapat membuat model tata surya sederhana dengan teliti dan mempresentasikannya dengan percaya diri.

 4. Dengan membaca cerita fiksi, siswa dapat menceritakan kembali jalan cerita dan tokoh—tokoh dalam teks fiksi secara lisan, tulisan, dan visual dengan percaya diri. 

5. Dengan memerhatikan interval nada, siswa dapat menyanyikan lagu sederhana dengan saksama.

 Apersepsi


Good morning soleh solehah kelas VI A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

Saranghayuuu - Doa sebelum belajar 😊 | Facebook 

Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai Tema 8 Subtema 3 tentang persamaan dan perbedaan antara negara Laos dan Filipina hari ini kita akan masuk ke pembelajaran selanjutnya Tema 9 mengenai benda luar angkasa.

Perhatikan video pembelajaran berikut ini:

 


Materi

 Benda Langit di Sekitar Kita 


 

Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbedabeda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak. Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet. Mari kita lihat lebih dekat sistem tata surya kita.

Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian. Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam, Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?

Sistem tata surya bergerak melibatkan delapan planet dan Matahari sebagai pusatnya. Hal ini pasti menarik untuk diamati. Kamu dan teman sekelompokmu akan bermain peran. Permainan ini untuk menunjukkan pergerakan planetplanet dan Matahari di dalam sistem tata surya kita. Perhatikanlah bahwa setiap planet dalam tata surya akan melakukan rotasi dan revolusi terhadap Matahari secara bersamaan.  

Tahukak kamu?

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu karangan fiksi. Karangan fiksi adalah karangan yang berisi kisah atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Tokoh, watak, alur, dan latar belakang di dalam karangan ini merupakan hasil olah pikir dan kreativitas pengarangnya. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk novel dan cerita pendek. Di dalam sebuah karangan fiksi, terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama merupakan tokoh yang banyak diceritakan di dalam sebuah karangan. Sedangkan tokoh tambahan merupakan tokoh yang mendukung tokoh utama. 

 Ayo Membaca 

Bacalah sebuah karangan fiksi berikut ini dengan saksama. 

Barisan yang Menyenangkan 

Oleh Amanda Naila 

Tiara sedang duduk di halaman belakang rumahnya, menengadah menatap langit malam yang cerah. Siang tadi, gurunya baru menjelaskan tentang tata surya. Tentu, Tiara mengerti tentang delapan planet di tata surya. Ia juga mengerti tentang posisi Matahari sebagai pusat tata surya. Namun, satu hal yang masih menjadi pertanyaan Tiara adalah mengapa Bumi tidak pernah bertabrakan dengan planet-planet lain, padahal jarak mereka sangat dekat. 

Tanpa Tiara sadari, ayahnya yang baru kembali dari musala mendapatinya sedang melamun. Perlahan, ia menghampiri Tiara dan bertanya, “Hei, anak Ayah kok melamun?” 

Tiara terkejut dengan kehadiran ayahnya yang tak disadarinya. Ia terlalu lama memikirkan pertanyaannya sendiri. “Oh, Ayah,” ujarnya sembari tertawa. “Aku sedang memikirkan sesuatu yang baru aku pelajari tadi siang. 

Mengapa ya, Yah, planet-planet bergerak lurus dan tidak menabrak satu sama lain? Mereka terlihat seperti memiliki jalur khusus.” Ayah Tiara tersenyum. “Sebenarnya, planet-planet itu memang mempunyai jalur mereka sendiri. Jalur itu bernama orbit. 

Planet-planet ini bergerak mengikuti orbit yang mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya. Orbit planet-planet itu berbentuk elips. Oleh karenanya, planet-planet di dalam sistem tata surya tidak akan menabrak satu sama lain.” Tiara yang sedari tadi mendengarkan dengan saksama penjelasan ayahnya, akhirnya pun mengangguk. “Benar-benar sebuah keajaiban Tuhan ya, planetplanet itu bergerak mengikuti orbitnya sendiri.” 

“Tiara, Ayah, kita makan sama-sama, yuk! Ayah pasti juga sudah lapar. Ibu sudah siapkan,” tiba-tiba Ibu bergabung mengajak mereka makan. Ayah Tiara mengusap rambut putrinya dengan lembut. “Ya, benar-benar sebuah bukti kebesaran Tuhan. Nah, sekarang, yuk kita makan malam untuk merasakan kebesaran Tuhan bagi tubuh kita!”

 

Ayo Bernyanyi 

Lagu “Ambilkan Bulan Bu” ciptaan AT Mahmud merupakan salah satu lagu anak-anak yang popular saat ini. Mari perhatikan lagu “Ambilkan Bulan Bu” berikut ini!

 


 Sebelumnya, kamu telah memahami tentang interval atau selang nada. Dengan menggunakan pemahamanmu tentang interval nada, lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sebangkumu. 

1. Perhatikan dengan saksama setiap baris lagu “Ambilkan Bulan Bu”. 

2. Tentukan interval nada pada setiap barisnya dengan menentukan nada pangkal, nada selang, nama kuantitas intervalnya. 

3. Nyanyikanlah lagu tersebut dengan penuh penghayatan.

 Latihan Soal

1.Sekumpulan gas, debu dan miliyaran bintang beserta sistem tata suryanya yang terikat oleh gaya gravitasi dinamakan ….

 
 
 
2. Sistem tata surya kita terdiri dari delapan planet yang mengililingi matahari, planet-planet tersebut adalah ….
 
 
 
 
3. Semua planet yang ada dalam sistem tata surya bergerak berputar mengelilingi Matahari. Gerakan mengelilingi matahari tersebut dinamakan dengan ….
 
 
 
 
4. Planet terbesar yang ada di tata surya adalah ….
 
 
 
 
5. Ada planet di tata surya yang nampak memiliki cincin. Cintin tersebut terdiri dari lingkaran bebatuan, debu dan es. Plenet tersebut adalah ….
 
 
 
 
refleksi & evaluasi
pelajaran hari ini kita telah mempelajari tentang Planet-planet dalam tata surya, cerpen dan lagu ambilkan bulan bu. terdapat 2 orang siswa yang masih belum memahami materi ini dikarenakan tidak hadir.

kesimpulan
kita telah belajar tentang Planet-planet dalam tata surya, cerpen dan lagu ambilkan bulan bu.
 
penutup

 

0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates