Rabu, 24 Juli 2024

Materi Ajar, Kamis 25 Juli 2024 ( Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5)



Hari / Tanggal   : Kamis, 25 Juli 2024

Mapel               : Tematik 

Tema 1             :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Subtema 1       : Ciri - ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran  : 5

Muatan Pelajaran : PKN(KD.3.1), B. Indonesia (KD.3.4),  MTK ( KD .3.1)


1. Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas IIIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, sebelum belajar mari kita bersam sama membaca doa belajar dulu ya nak.. 


Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kita akan belajar hari ini di pembelajaran 5, sebelumnya kita sudah belajar di PB 3 dan 4 tentang ciri-ciri makhluk hidup dan nilai tempat bilangan  hari ini kita akan belajar tentang aturan sebelum makan.  berikut ini adalah tujuan belajarnya ya nak 😍

Tujuan Pembelajaran 
1. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat. 
2. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol  sila Pancasila yang pertama dengan benar. 
3. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar. 
4. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar. 

2. Ringkasan Materi
PKN (KD.3.1)


    Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Untuk bertumbuh makhluk hidup perlu makanan dan air. Makanan yang baik untuk pertumbuhan adalah makanan yang bersih dan sehat. Kebersihan makanan juga akan mempengaruhi pertumbuhan. Jika makanan yang kita makan tidak bersih, kesehatan dan pertumbuhan kita akan terpengaruh. 
    Salah satu cara menjaga makanan agar tetap bersih adalah dengan menutup makanan. Hal ini perlu dilakukan agar makanan tidak dihinggapi lalat atau hewan lainnya. Makanan dapat menjadi tempat lalat bertelur yang menyebabkan makanan menjadi kotor. Selain menjaga kebersihan, kita juga harus berdoa sebelum makan. 
    Berdoa untuk berterima kasih atas karunia yang diberikan-Nya. Makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan makanan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan contoh sikap bersyukur. Sikap bersyukur merupakan pengamalan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Jika kita sudah makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan, berarti kita sudah melaksanakan sila pertama Pancasila.

MTK ( KD 3.1)


3. Latihan Soal 
1. Sebutkan sikap pengamalan  sila pancasila pertama dalam kehidupan sehari-hari adalah .. bersyukur , berdoa ketika sebelum dan sesudah makan termasuk pengamalan sila pertama pancasila

4. Evaluasi
Penilaian  hari ini membuat cerita yang berkaitan dengan gambar kemudian dilanjutkan dengan latihan penjumlahan berikut ini !




5. Penutup
Alhamdulilah kegiatan belajar hari ini sudah selesai, dan untuk kesimpulan pada materi PB 5 adalah, kita harus mematuhi aturan sebelum dan sesudah makan, seperti mencuci tangan terlebih dahulu,  berdo'a , makan menggunakan tangan kanan, dan di mulai dari bagian pinggir, kemudian kita harus senantiasa bersyukur. sikap bersyukur ini mencerminkan sila pertama Pancasila








0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates