Hari, tanggal: Selasa, 1 Oktober 2024
Kelas : 3A
Tema : Benda di Sekitarku (3)
Subtema : Perubahan Wujud benda (3)
Pembelajaran : 2
Muatan : Bahasa Indonesia, PKN,
Media/alat peraga : Video Pembelajaran, susu, es batu
🔖 Tujuan Pembelajaran:
1. siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan perubahan wujud.
2. siswa dapat mengidentifikasi satuan berat baku yang digunakan
3. siswa dapat menuliskan peran benda yang ada di sekitar kita.
Hallo good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin.
Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu.
🔖 Apersepsi
Pada pertemuan sebelumnya, kita telah mempelajari materi wujud benda beserta sifat-sifatnya. Berdasarkan wujudnya, benda terbagi menjadi 3 yaitu cair, padat, dan gas. Benda cair memiliki salah satu sifat yaitu dapat berubah bentuk sesuai wadahnya. Nah sekarang, apa yang terjadi jika benda tersebut dipanaskan, didinginkan, dan diletakkan di daerah terbuka? Apakah benda-benda itu mengalami perubahan?
Benda-benda di sekitar kita dapat mengalami perubahan wujud. Jika benda tersebut dipanaskan atau didinginkan. Perubahan wujud apa sajakah yang akan terjadi?
Perubahan wujud benda di alam tanda kebesaran Tuhan. Marilah pelajari perubahan wujud benda di sekitarmu!
Now, let's check this video!! ><
B. Cara Membuat Es Krim
Campurkan susu/santan segar dan gula ke dalam kantong plastik yang berukuran sedang. Rekatkan ujung plastik dan pastikan plastik benar-benar rapat.
Masukkan potongan es batu dan garam ke dalam kantong plastik besar. Kocok sebentar agar es batu dan garam tercampur.
Masukkan kantong plastik sedang yang berisi susu/santan ke dalam kantong plastik besar yang berisi es batu dan garam. Kemudian, tutup dengan rapat perekatnya pada plastik besar.
Kocok dan pijat-pijat kantong plastik tersebut selama 10 menit. Gunakan handuk atau sarung tangan agar tidak terlalu dingin ketika disentuh.
Keluarkan kantong plastik sedang. Kemudian, bersihkan atau lap dengan kain untuk menghilangkan garam yang menempel.
Buka kantong plastik tersebut dan tuang ke dalam gelas atau mangkuk saji. Es krim siap dinikmati.
Adakah proses yang kurang dimengerti? Tanyakan kepada gurumu
Pernahkah kamu menyimpan air dalam plastik di lemari pembeku? Apa yang akan terjadi dalam beberapa jam? Tentunya air akan berubah menjadi es, bukan? Meskipun kamu membuka ikatan plastik itu. Ternyata, es tidak akan tumpah. Mengapa demikian? Wujud air berubah dari cair menjadi padat. Perubahan wujud dari cair menjadi padat disebut membeku.
Ayo Mengamati
Kamu telah mengerjakan pembuatan es bersama kelompokmu. Adakah pembagian tugas di dalam kelompok? Dengan pembagian tugas, pekerjaan menjadi mudah dan ringan.
Begitu juga di sekolah. Siswa di sekolah ada peran masing-masing. Contohnya di SD Nusantara tempat Siti dan teman-temannya bersekolah. Ada guru yang mengajar sehari-hari di kelas. Ada pula kepala sekolah yang memimpin sekolah.
Latihan Hari Ini, Kerjakan secara berkelompok. Carilah informasi tentang peran-peran yang ada di sekolahmu, selain peran siswa! Isikan hasilnya pada tabel berikut!
Kamu telah mempelajari peran-peran yang ada di sekolahmu. Diskusikanlah dalam kelompokmu. Mengapa perlu ada perbedaan peran di sekolah? Apa yang terjadi bila di sekolah hanya ada kepala sekolah? Bagaimana bila tanpa ada bagian yang lainnya
Kesimpulan
Alhamdulillah ananda Sholeh dan sholehah sudah memahami perubahan wujud benda , namun ada 4 siswa yang perlu pendampingan terkait perubahan wujud benda
Penutup
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.
Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^
0 comments:
Posting Komentar