Hari/Tanggal : Senin, 25 Januari 2021
Kelas : 3
Tema : 5 (CUACA)
Subtema : 4 (Cuaca,Musim dan Iklim)
Pembelajaran : 1
Tujuan pembelajaran :
- Memahami Tarian di indonesia
- Memahami teks bacaan berkenaan dengan suku bangsa Indonesia
Apersepsi
Assalaamualaikum...
bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa
Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. kemarin kita belajar tentang mengetahui perubahan cuaca bagi manusia, dan penjumlahan pecahan dengan penyebut sama.
Nah sekarang , sebelum masuk ke pembelajaran 1 anak sholeh dan Sholehah Bu guru, mengerjakan Soal Penilaian Harian Tema 5 Subtema 3
Petunjuk Soal : Tulislah jawaban dari pertanyaan berikut ini !
1. Tulislah 3 contoh kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama saat di sekolah adalah....
2. Meski berbeda suku, agama, daerah dan warna kulit, sesama teman kita harus saling ...
3. Suku Minangkabau berasal dari daerah....
4. Sebutkan 3 unsur yang mempengaruhi cuaca...
5. Hasil dari operasi hitung 1/5+6/5 adalah ....
6. 8/9 adalah hasil operasi hitung dari 5/9+ ......
7. Karya yang bercorak dekor atau di pakai untuk menghias disebut....
8. Pengumuman atau iklan yang berbentuk gambar atau tulisan yang di tempel di dinding , tembok atau tempat-tempat umum yang strategis agar mudah diketahui banyak orang di sebut...
9. Tari Pendet berasal dari daerah ...
10. Buatlah garis bergelombang...
Baik anak-anak Bu guru, setelah mengerjakan Penilaian Harian hari ini kita akan belajar untuk Memahami Tarian di indonesia Memahami teks bacaan berkenaan dengan suku bangsa Indonesia. Berikut materi pelajaran hari ini yaa.
Pembelajaran 1
Cuaca,Musim dan Iklim
Indonesia adalah negara yang berada di garis khatulistiwa bumi.
Musim di negara kita hanya ada 2 jenis, yaitu musim hujan dan musim kemarau.
Jika cuaca cerah berlangsung terus-menerus, tanda musim kemarau sedang berlangsung.
Sesekali cuaca berawan. Jika cuaca mendung dan hujan sering terjadi, itu tanda musim hujan telah tiba. Jika cuaca cerah dan hujan datang silih berganti, itu pertanda sedang memasuki masa peralihan atau pancaroba. Saat seperti ini cuaca cepat berubah, mulai dari cuaca cerah, berawan, mendung, lalu hujan.
Beberapa hari lalu, hujan selalu turun. Pagi ini cuaca cukup cerah. Matahari tampak sedikit dari balik awan.
Sinarnya menembus kumpulan awan. Di jalanan tampak beberapa genangan air yang belum kering.
Siti dan teman-teman berangkat ke sekolah bersama-sama. Siti dan teman-teman bercakapcakap sepanjang jalan menuju ke sekolah.
Mari kita baca percakapan Siti dan teman-teman berikut!
Siti | : | Cuaca akhir-akhir ini sering hujan, ya. Hanya kadang-kadang cuaca terlihat cerah. Mengapa hal itu bisa terjadi, ya? |
Lani | : | Sepertinya, kita akan mengalami musim hujan. Sekarang, kita sedang mengalami masa peralihan atau pancaroba. |
Dayu | : | Mengapa disebut masa peralihan atau pancaroba? |
Lani | : | Indonesia adalah negara yang memiliki 2 musim saja. Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan disebut pancaroba. |
Dayu | : | Mengapa disebut musim? Apa bedanya dengan cuaca? |
Udin | : | Pertanyaan yang bagus, Dayu. Yuk, kita ke perpustakaan sekolah. Dimana bukunya banyak. Kita bisa dapat jawabannya. |
Siti | : | Saya setuju. Saya juga mau ikut mencari informasi itu. |
Waktu istirahat telah tiba. Siti dan teman-teman pergi ke perpustakaan sekolah.
Di sana, banyak buku yang berisi informasi tentang cuaca, musim, dan iklim.
Di dalam perpustakaan kita harus tenang agar tidak mengganggu pengunjung yang lain.
Ayo Membaca
Beni menemukan sebuah buku tentang cuaca, musim, dan iklim. Berikut informasi dari buku itu.
Iklim, Cuaca, dan Perubahannya Iklim dan Cuaca
Cuaca merupakan suatu gejala alam. Cuaca dapat terjadi dan berubah dalam waktu singkat. Perubahan cuaca dapat dirasakan dari menit ke menit atau jam ke jam. Iklim adalah lamanya keadaan cuaca di suatu daerah tertentu. Iklim biasanya diamati dalam waktu lama, dari bulan ke bulan.
Iklim menyebabkan adanya musim. Contoh: musim dingin, panas, semi, gugur, hujan, dan kemarau. Iklim dipengaruhi letak suatu negara di Bumi. Oleh karena itu, beberapa negara memiliki musim yang berbeda. Ada negara yang memiliki 4 musim. Contohnya negara Jepang. Ada juga yang memiliki 2 musim.
Indonesia terletak di garis khatulistiwa atau equator. Iklim di Indonesia disebut iklim tropis dan memiliki 2 musim. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober - Februari. Musim kemarau terjadi pada bulan Maret–September.
Beni menemukan sebuah buku tentang cuaca, musim, dan iklim. Berikut informasi dari buku itu.
Iklim, Cuaca, dan Perubahannya Iklim dan Cuaca
Cuaca merupakan suatu gejala alam. Cuaca dapat terjadi dan berubah dalam waktu singkat. Perubahan cuaca dapat dirasakan dari menit ke menit atau jam ke jam. Iklim adalah lamanya keadaan cuaca di suatu daerah tertentu. Iklim biasanya diamati dalam waktu lama, dari bulan ke bulan.
Iklim menyebabkan adanya musim. Contoh: musim dingin, panas, semi, gugur, hujan, dan kemarau. Iklim dipengaruhi letak suatu negara di Bumi. Oleh karena itu, beberapa negara memiliki musim yang berbeda. Ada negara yang memiliki 4 musim. Contohnya negara Jepang. Ada juga yang memiliki 2 musim.
Indonesia terletak di garis khatulistiwa atau equator. Iklim di Indonesia disebut iklim tropis dan memiliki 2 musim. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober - Februari. Musim kemarau terjadi pada bulan Maret–September.
Ayo Mengamati
Sebelum dimulai, Edo mengambil gunting untuk memotong kain. Edo membagi-bagikan kain kepada teman-temannya.
Inilah gambar karya yang akan mereka buat.
Kain-kain itu akan digunting menjadi berbagai bentuk. Ada yang berbentuk persegi, segitiga, persegi panjang, dan lingkaran.
Untuk hari ini, Edo akan menggunting kain berbentuk lingkaran dan persegi lebih dulu.
Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk lingkaran. Ia mengguntingnya menjadi tiga bagian sama besar.
Edo memberikan bagian kain yang pertama untuk Siti. Masing-masing mendapatkan 1/3 bagian lingkaran.
Sekarang Edo menggunting kain berbentuk persegi. Ia memotongnya menjadi empat bagian sama besar. Ini potongan kain yang pertama.
Ini potongan kedua. ketiga dan keempat
Potongan kain akan diberikan kepada Edo, Beni, Udin, dan Ibu Edo. Masing-masing akan mendapatkan 1/4 bagian persegi.
Ayo Mengamati
Mengurangkan Pecahan Berpenyebut Sama
Edo memberi potongan kain dengan melakukan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama.
Cara untuk mengurangkan dua pecahan yang sama penyebutnya adalah dengan mengurangkan pembilangnya saja. Mengapa? Perhatikan contoh berikut!
Untuk mengurangkan pecahan dengan penyebut sama, kita hanya perlu mengurangkan pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap.
Jadi, jika kita mengurangi pecahan berpenyebut sama, maka penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
Kerjakanlah latihan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama berikut ini!
Sebelum dimulai, Edo mengambil gunting untuk memotong kain. Edo membagi-bagikan kain kepada teman-temannya.
Inilah gambar karya yang akan mereka buat.
Kain-kain itu akan digunting menjadi berbagai bentuk. Ada yang berbentuk persegi, segitiga, persegi panjang, dan lingkaran.
Untuk hari ini, Edo akan menggunting kain berbentuk lingkaran dan persegi lebih dulu.
Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk lingkaran. Ia mengguntingnya menjadi tiga bagian sama besar.
Edo memberikan bagian kain yang pertama untuk Siti. Masing-masing mendapatkan 1/3 bagian lingkaran.
Sekarang Edo menggunting kain berbentuk persegi. Ia memotongnya menjadi empat bagian sama besar. Ini potongan kain yang pertama.
Ini potongan kedua. ketiga dan keempat
Potongan kain akan diberikan kepada Edo, Beni, Udin, dan Ibu Edo. Masing-masing akan mendapatkan 1/4 bagian persegi.
Ayo Mengamati
Mengurangkan Pecahan Berpenyebut Sama
Edo memberi potongan kain dengan melakukan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama.
Cara untuk mengurangkan dua pecahan yang sama penyebutnya adalah dengan mengurangkan pembilangnya saja. Mengapa? Perhatikan contoh berikut!
Untuk mengurangkan pecahan dengan penyebut sama, kita hanya perlu mengurangkan pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap.
Jadi, jika kita mengurangi pecahan berpenyebut sama, maka penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
latihan
0 comments:
Posting Komentar