Hari/Tanggal : Rabu, 10 Februari 2021
Kelas : 3
Tema : 6 (Energi dan Perubahannya)
Subtema : 2 (PERUBAHAN ENERGI)
Pembelajaran : 3 & 4
Alat peraga : Video ,Gambar
Kompetensi Dasar :
SBDP :3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.
Bahasa Indonesia :3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
Matematika : 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat memahami dinamika gerak tari
2. Peserta didik dapat menjelaskan tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3. Peserta didik dapat Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
Langkah – langkah Pembelajaran
1. Peserta didik dapat memahami dinamika gerak tari
2. Peserta didik dapat menjelaskan tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3. Peserta didik dapat Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
ASSALAMUALAIKUM WR.WB
GOOD MORNING MY LOVELY STUDENTS??
HOW ARE YOU TODAY??
I HOPE YOU ARE ALWAYS FINE AND WELL YAAH.
Kemarin kita telah mempelajari pembelajaran 2 masih tentang perubahan energi ya nak. hari ini kita akan mempelajari pembelajaran ke 3 tentang bentuk perubahan energi. disimak baik-baik ya nak VIDEO PEMBELAJARAN dibawah ini👇👇👇
Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka masih membicarakan kegiatan tersebut.
“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi.
“Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.”
“Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.
“Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik,” jelas Udin.
“Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan.
“Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi.
“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya teman-teman,” ujar Siti kepada teman-temannya
Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan teman-temannya. Dari pembicaraan mereka kalian mendapatkan informasi tentang manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata.
Betapa besar manfaat waduk. Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang.
Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman-teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat.
Gerakan pertama
Semakin kuat gerakan pada tarian, semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari dapat bercucuran keringat ketika menari. Karena menari menguras energy.
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.
Misalnya
1. Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 05.30. Lama kegiatan tersebut adalah
05.30
05.00 –
00.30
Jadi, lama waktu yang diperlukan adalah 30 menit.
2. Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lama ayah bekerja dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan adalah
Adakah cara lain yang kamu ketahui untuk menghitung lama waktu ayah bekerja? Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.
LATIHAN MATEMATIKA 1
PEMBELAJARAN 4
Selain olahraga secara rutin kalian harus makan dan minum yang bergizi. Gizi yang terkandung di dalam makanan membuat tubuhmu sehat dan berenergi. Ketika tubuhmu sehat tidak akan merasa lemas atau lemah. Tubuh yang sehat mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat.Makanan yang baik untuk kesehatan tubuh adalah buah-buahan. Orang yang berjasa dalam menyediakan buah-buahan adalah para petani.
Para petani bekerja keras mengeluarkan energi agar buah-buahan yang ditanam berbuah lebat.Tanaman tersebut dirawat dan diberi pupuk. Dengan demikian, tanaman tumbuh subur. Tanaman membutuhkan waktu lama hingga buahnya siap dipanen. Setelah panen, petani akan mengangkut dan menjualnya ke pasar. Semua kegiatan petani membutuhkan energi. Oleh karena itu, kalian wajib menghargai energi yang sudah dikeluarkan petani.
Bu Nia pergi ke pasar. Bu Nia akan membeli bahan untuk menjahit. Dia berangkat dari rumah pukul 08.30. Setelah 45 menit, Bu Nia selesai belanja. Dia pun segera pulang. Pukul berapa Bu Nia pulang dari pasar? Gambarkan dengan jarum jam!JawabBerangkat pukul 08.30Lama di pasar 45 menit.Jadi, Bu Nia pulang dari pasar pukul 09.15. Perhatikan penjelasannya!
LATIHAN MATEMATIKA 2
Sekian materi kita hari ini ya anak sholeh dan sholehah. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa kerjakan tugas Latihan matematika 1 & 2 di blog ibu guru ini ya sayang..
Selalu jaga kesehatan dan ingat 3 M nya yaa..
wassalamualaikum wr.wb😍😍
0 comments:
Posting Komentar