Senin, 15 Februari 2021

Materi Ajar, Selasa 16 Februari 2021 (Tema 6 Subtema 3 PB 1 dan 2)

Hari/ Tanggal : Senin, 15  Februari 2021

Tema               : 6 (Energi dan Perubahannya)

Subtema          : 3 (Energi Alternatif)

Pembelajaran   : 1

Alat Peraga     : Gambar dan Video

 

Ringkasan Materi

 

Tujuan Pembelajaran :

1.   Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi berkaitan tentang energi

2.   Peserta didik dapat menyebutkan lamanya suatu kejadian dengan benar

3.   Peserta didik dapat mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi unsur-unsur garis, bidang , dan warna dalam sebuah karya dekoratif.”

Pembelajaran 1

 

B. Indonesia

Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energy alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha tersebut belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi,penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena   semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak. Berikut ini contoh energi alternative



Panas matahari, gerak air dan dan gerak angin /bayu dapat diibah menjadi energy listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air dan angin inilah yang dapat di gunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energy matahari di manfaatkan untuk membuat pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Energi air dimanfaatkan untuk membuat pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energy angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber enegrgi yang sangat ramah lingkungan.

 

 

SBdP

Unsur rupa berupa garis, bidayng , warna juga bisa digunakan untuk menghias layang-layang.

   

 




 

 

  

Angin merupakan contoh energy alternative. Kegiatan yang memanfaatkan energy angin contohnya bermain layang-layang. Bermain layang-layang biasayan di lakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin semakin cepat terbang dan gerak layang-layang.

 

Matematika

Bermain layang-layang membutuhkan energy.

Yang perlu diingat :

1 jam = 60 menit

1 menit =  60 detik

1 jam = 3.600 detik

 

Contoh :  Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. lama waktu dapat digambarkan sebagai berikut



Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.


 Pembelajaran 2

PPKN

Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar dengan benar.  Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.

 

Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua teman mau bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain.

 

Simak video penjelasan pembelajaran 1 dan 2 berikut ini ya nakJ





Latihan Tematik

Tulislah jawaban dari pertanyaan berikut dengan benar.

1.     1. Apa yang di maksud dengan energy alternative ?

2.  Apa sajakah yang termasuk sumber energy alternatif ?

3.    3. Berikan satu contoh penggunaan energy alternative ?

4.    4. Wahyu bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.45

Lama Dayu bermain layang-layang  …… menit.

1. 5.   Sebutkan 2 kewajibanmu saat bermain!

2.  6.  Sebutkan 2 contoh kegiatan sehari-hari yang memerlukan angin.

Tugas Portopolio menggambar dan mewarnai layang-layang berikut ini. 






Tugasnya di kumpulkan di hari Kamis , 18 Februari 2021.

 

Selamat mengerjakan anak sholeh dan sholehah tetap jaga kebersihan dan kesehatan. semoga kita segera bertemu kembali dalam keadaan seperti semula yan nak aamiin yaRobbalamin

  




 


0 comments:

Materi Ajar, Jumat 22 November 2024 ( Ulasan Materi untuk PAS)

Hari, tanggal : Jumat,  22 November 2024 Kelas : 3A Tema : Kewajiban dan Hakku (4) Subtema : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga (4) Pembe...

Template by:

Free Blog Templates