Pembelajaran ke 5 : Bahasa Indonesia (3.3) IPA ( KD. 3.6) dan SBdP (3.1)
1. Apersepsi
Alhamdulillah kita kemarin mempelajari tentang kegiatan ekonomi masyarakat di dataran rendah dan dataran tinggi, dan hari ini kita akan belajar tentang contoh bahan konduktor dan isolator di sekitar kita serta cerita bergambar
lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya
2. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membuat diagram isi bacaan, siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan pada media elektronik secara visual secara tepat.
2. Dengan mengamati dan mengidentifikasi benda-benda di lingkungan rumah, siswa mampu menyusun tabel contoh benda-benda yang menggunakan konsep perpindahan kalor secara rinci dan lengkap.
3. Dengan mengamati gambar cerita, siswa mampu mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat gambar cerita secara benar.
3. Matei Ajar
Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)
Meringkas Teks Eksplanasi
Ringkasan adalah intisari dari suatu teks yang terdiri atas pokok pikiran tiap paragraf.
Langkah-langkah dalam membuat ringkasan :
1.Bacalah teks dengan saksama.
2.Identifikasi pokok pikiran dari setiap paragraf.
3.Tuliskan pokok pikiran yang kamu temukan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
4.Rangkailah kalimat-kalimat pokok pikiran tersebut menjadi sebuah paragraph yang padu dan mudah dipahami.
IPA (KD 3. 6, 4.6)
Bahan Konduktor dan Isolator di sekitar kita
Perhatikan gambar di bawah ini!
Setrika merupakan benda yang memanfaatkan prinsip perpindahan secara konduksi. Sumber panas berasal dari aliran listrik yang memanaskan kumparan di bagian bawah setrika. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian, maka pada alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam. Sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.
SBdP (KD 3. 1, 4.1)
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemui pada buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi atau cerita imajinasi.
Dalam membuat gambar cerita ada dua teknik yaitu teknik kering dan teknik basah.
1. Teknik Kering
Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar. Mula-mula dibuat sketsa atau rancangan gambar yang menggambarkan sebuah cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa digunakan antara lain: pensil 2B,6B, crayon, spidol, pensil warna
2. Teknik Basah
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas. Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan palet cat air
contoh evaluasi
1. sebutkan contoh benda yang bersifat konduktor dan isolator?
2. sebutkan teknik dalam membuat gambar cerita?
jawaban alternatif
1. contoh benda konduktor adalah panci, alas setrika yang terbuat dari logam
contog isolator adalah plastik pada gagang setrika
2. teknik keing dan teknik basah
5. Evaluasi
Ananda sholeh dan sholehah membuat gambar cerita dengan teknik kering
6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami tentang materi cara membuat teks eksplanasi, bahan konduktor dan isolator serta teknik dalam membuat cerita bergambar , besok kita akan mempelajari materi di pembelajaran 6 tentang perpindahan kalor ya nak : jangan lupa untuk belajar di rumah :) Wassalamualaikum.wr.wb.
0 comments:
Posting Komentar