day / Date: : Selasa, 7 November 2023
Lesson : Tematik
Tema 5 : Wirausaha
Muatan Pelajaran : IPA( 3.5) B.Indo (3.6),
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu
menjelaskan langkah-langkah membuat magnet secara tepat.
4. Dengan mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu
mempraktikkan membuat magnet secara benar.
5. Dengan membaca petunjuk, siswa mampu menjelaskan cara mengisi
formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk secara benar.
6. Dengan membaca petunjuk, siswa mampu mempraktikkan mengisi
formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk secara benar.
Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kalian telah mempelajari materi di tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 dan 2 salah satu topik materinya adalah medan magnet ya nak, dan hari ini kita akan mempelajari tentang tema 5 subtema 3 tentang ayo belajar berwirausaha, pembelajaran 3 yang akan membahas tentang percobaan membuat magnet seperti yang ada di halaman 146 ya nak .Mari kita simak materi pembelajaran hari ini
Ringkasan Materi
IPA ( KD 3.5)
1. Membuat Magnet dengan Cara Digosok
• Membuat magnet dengan gosokan dilakukan dengan
cara menggosokkan magnet pada benda magnetis, misalnya besi.
Gosokan dilakukan secara searah dan menggunakan
kutub yang sama pada magnet.
Semakin lama waktu penggosokan, semakin kuat
sifat kemagnetan pada besi.
2. 2. Membuat magnet dengan Induksi Magnet
•Benda
magnetis yang akan dibuat magnet didekatkan pada magnet.
• Sebagai
contoh, paku akan dibuat magnet. Paku tersebut didekatkan pada magnet. Paku
sudah menjadi magnet. Paku tersebut dapat menarik benda magnetis lainnya.
•
Membuat magnet dengan dialiri listrik dilakukan
dengan cara melilitkan kabel ke benda magnetis yang akan dibuat magnet,
misalnya besi.
•
Kedua ujung kabel dihubungkan dengan baterai
atau sumber listrik yang lain.
•
Jika sumber listrik dilepas, sifat kemagnetan
pada elektromagnet juga akan hilang.
b B.Indonesia (KD. 3.6) Berikut ini adalah petunjuk pengisian formulir pengiriman barang
a. formulir bank
b. formulir pendaftaran siswa baru
c. daftar riwayat hidup
d. formulir pendaftaran les
2. Daftar riwayat hidup digunakan untuk … .
a. melamar pekerjaan
b. mengetahui kondisi pasien
c. mengetahui latar belakang pasien
d. mengetahui latar belakang pelamar
3. pembuatan magnet dengan cara mengalirkan listrik disebut… .
a. gosokan
b. induksi
c. elektromagnetik
d. gesekan
4. magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub… .
a. uatara dan barat
b. utara dan selatan
c. barat dan timur
d. plus dan minus
5. Kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi adalah.. .
a. COCI
b. KTT
c. Sea Games
d. MEA
Evaluasi hari ini, Peserta didik melakukan percobaan seperti di halaman 146
Percobaan Membuat Magnet
Percobaan 1
Tujuan percobaan
Membuat magnet dengan cara digosokkan.
Alat dan Bahan
1. Magnet
2. Paku ukuran besar (1 buah)
3. Paku ukuran kecil (15 buah)
Langkah-langkah percobaan
1. Gosokkan paku besar satu arah pada magnet sebanyak 5 kali.
2. Dekatkan paku besar tersebut pada paku-paku kecil.
3. Catatlah pada tabel jumlah paku kecil yang menempel.
4. Gosokkan kembali paku besar satu arah pada magnet sebanyak 15 kali.
5. Dekatkan paku besar tersebut pada paku-paku kecil.
6. Catatlah pada tabel jumlah paku kecil yang menempel.
7. Gosokkan kembali paku besar satu arah pada magnet sebanyak 30 kali.
8 Catatlah pada tabel jumlah paku kecil yang menempel.
Refleksi pembelajaran
Kesimpulan :
Dari hasil pembelajaran kita hari ini didapat sekitar 1 orang atau 5 % dari jumlah siswa di kelas 6A berjumlah 20 orang yang masih memerlukan bimbingan terkait materi hari ini yaitu tentang percobaan magnet dan tahapan mengisi formulir data pengiriman barang. Diberikan penjelasan erkait materi tersebut.
Penutup :
alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib, semoga besok kalian tetap semangat belajar dan tidak lupa selalu mengerjakan sholat 5 waktunya.
wassalamualaikum wr wb
0 comments:
Posting Komentar