Senin, 20 November 2023

Materi AJar, Selasa21 November 2023 ( Review Materi Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3)

besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Selasa, 10 Oktober 2023

 

Lesson                      : Tematik

Tema 4                      : Globalisasi

Subtema 3               : Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Pembelajaran           : 3

Muatan Pelajaran     :  B.Indonesia (3.2) &  IPA (3.6)


Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat. 

2. Dengan membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis. 

3. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menjelaskan manfaat sumber alternatif energi listrik dengan tepat. 

4. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menyajikan karya tentang cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik dengan mandiri.

 Apersepsi


Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 6 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang Globalisasi dan Cinta Tanah Air.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3 di subtema 3, kita akan mempelajari tentang Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

Materi Ajar


 


Ayo Berkreasi 

Nah, sekarang mengapa kita tidak mencoba untuk membuat kompor tenaga surya? Bukankah negara kita cukup merata limpahan sinar mataharinya? Meskipun tidak bisa menggantikan sepenuhnya energi minyak dan gas bumi, setidaknya bisa menghemat dan mengurangi konsumsi minyak atau gas. Lakukan percobaan ini dalam kelompok besar. Diskusikan dan buat kesepakatan tentang pembagian tugasnya. Siapkan alat dan bahan secara mandiri dan bekerjasamalah dengan semua anggota kelompok. Tentunya dengan kerja sama yang baik dan sikap saling menghargai akan mendapatkan hasil yang memuaskan.


 


Langkah-Langkah Kerja 

1. Tempatkan kotak kecil di dalam kotak yang lebih besar. Isilah celah kosong di antara kedua kotak tersebut dengan sobekan kertas atau koran. Fungsinya sebagai penyekat atau penahan panas. 

2. Alasi sisi bagian dalam kotak kecil dengan kertas konstruksi hitam. Hal ini akan menambah tingkat panas kotak. 

3. Lapisi empat buah karton dengan bahan pemantul cahaya matahari yang terbuat dari pelat aluminium. Pastikan tidak ada lapisan pemantul yang terlipat atau berkerut. Beri plester atau perekat karet pada pinggir setiap pelat tersebut agar merekat dengan kuat pada karton. 

4. Pasanglah setiap pelat pemantul sinar surya tersebut pada setiap sisi bagian atas dari kotak dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat. 

5. Gunakan tangkai penyangga di bagian bawah setiap pelat pemantul agar posisinya stabil. Pastikan semua bagian sudah terpasang kuat dan tahan terhadap terpaan angin. 

6. Taruhlah panci makanan dalam kotak. Tempatkan oven tenaga surya ini di tempat yang terpapar cahaya matahari langsung di waktu terik siang hari. 

7. Ujilah kompor tenaga surya buatan kalian. 

8. Tuliskan laporan hasil percobaan!


Soal Latihan 

1. Di era globalisasi ini arus informasi dapat tersebar ke penjuru belahan dunia dengan ….

2. Memakai produk dalam negeri hal itu berarti kita turut mendukung produsen lokal menjadi ….

3. Pak Rahmad adalah seorang pengusaha baju, agar produknya tidak kalah dengan pruduk luar negeri yang datang ke Indonesia maka Pak Rahmad sebaiknya ….

4. Bangun kubus mempunyai sisi berjumlah ….

5.
Soal Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air dan Kunci JawabanLuas permukaan kubus di atas adalah ….

6. Jika luas permukaan kubus adalah 726 cm2 , maka panjang sisi kubus tersebut adalah ….

7. Kwalitas baju dari Indonesia terkenal sangat bagus.
Kata baku dari kata yang bercetak miring adalah ….

8. Jika lebih banyak orang yang memilih membeli produk luar negeri, maka para produsen dalam negeri bisa mengalami …

9. Cinta produk dalam negeri bisa kita terapkan mulai dari ….

10. Indonesia bekerja sama dengan negara-negara ASEAN dalam memerangi penyalahgunaan narkoba, sikap kita sebagai warga negara sebaiknya adalah ….

Kesimpulan

Pada materi sebelumnya di tema 4 sub tema 3 pembelajaran 3 yaitu tentang Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca masih terdapat 2 siswa atau sekitar 10 % dari jumlah 21 siswa kelas 6A  yang masih belum tuntas materi Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.


Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan tertib dan lancar besok insya Allah kita bertemu kembali pada tema 6 subtema 3 pembelajaran ke 4.Welcome to Grade VIA

 

day / Date:                 : Selasa, 21 November 2023

 

Lesson                      : Tematik

Tema 4                      : Globalisasi

Subtema 3               : Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Pembelajaran           : 3

Muatan Pelajaran     :  B.Indonesia (3.2) &  IPA (3.6)


Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat. 

2. Dengan membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis. 

3. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menjelaskan manfaat sumber alternatif energi listrik dengan tepat. 

4. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menyajikan karya tentang cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik dengan mandiri.

 Apersepsi


Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 6 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang Globalisasi dan Cinta Tanah Air.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3 di subtema 3, kita akan mempelajari tentang Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

Materi Ajar


 


Ayo Berkreasi 

Nah, sekarang mengapa kita tidak mencoba untuk membuat kompor tenaga surya? Bukankah negara kita cukup merata limpahan sinar mataharinya? Meskipun tidak bisa menggantikan sepenuhnya energi minyak dan gas bumi, setidaknya bisa menghemat dan mengurangi konsumsi minyak atau gas. Lakukan percobaan ini dalam kelompok besar. Diskusikan dan buat kesepakatan tentang pembagian tugasnya. Siapkan alat dan bahan secara mandiri dan bekerjasamalah dengan semua anggota kelompok. Tentunya dengan kerja sama yang baik dan sikap saling menghargai akan mendapatkan hasil yang memuaskan.


 


Langkah-Langkah Kerja 

1. Tempatkan kotak kecil di dalam kotak yang lebih besar. Isilah celah kosong di antara kedua kotak tersebut dengan sobekan kertas atau koran. Fungsinya sebagai penyekat atau penahan panas. 

2. Alasi sisi bagian dalam kotak kecil dengan kertas konstruksi hitam. Hal ini akan menambah tingkat panas kotak. 

3. Lapisi empat buah karton dengan bahan pemantul cahaya matahari yang terbuat dari pelat aluminium. Pastikan tidak ada lapisan pemantul yang terlipat atau berkerut. Beri plester atau perekat karet pada pinggir setiap pelat tersebut agar merekat dengan kuat pada karton. 

4. Pasanglah setiap pelat pemantul sinar surya tersebut pada setiap sisi bagian atas dari kotak dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat. 

5. Gunakan tangkai penyangga di bagian bawah setiap pelat pemantul agar posisinya stabil. Pastikan semua bagian sudah terpasang kuat dan tahan terhadap terpaan angin. 

6. Taruhlah panci makanan dalam kotak. Tempatkan oven tenaga surya ini di tempat yang terpapar cahaya matahari langsung di waktu terik siang hari. 

7. Ujilah kompor tenaga surya buatan kalian. 

8. Tuliskan laporan hasil percobaan!


Soal Latihan 

1. Di era globalisasi ini arus informasi dapat tersebar ke penjuru belahan dunia dengan ….

2. Memakai produk dalam negeri hal itu berarti kita turut mendukung produsen lokal menjadi ….

3. Pak Rahmad adalah seorang pengusaha baju, agar produknya tidak kalah dengan pruduk luar negeri yang datang ke Indonesia maka Pak Rahmad sebaiknya ….

4. Bangun kubus mempunyai sisi berjumlah ….

5.
Soal Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air dan Kunci JawabanLuas permukaan kubus di atas adalah ….

6. Jika luas permukaan kubus adalah 726 cm2 , maka panjang sisi kubus tersebut adalah ….

7. Kwalitas baju dari Indonesia terkenal sangat bagus.
Kata baku dari kata yang bercetak miring adalah ….

8. Jika lebih banyak orang yang memilih membeli produk luar negeri, maka para produsen dalam negeri bisa mengalami …

9. Cinta produk dalam negeri bisa kita terapkan mulai dari ….

10. Indonesia bekerja sama dengan negara-negara ASEAN dalam memerangi penyalahgunaan narkoba, sikap kita sebagai warga negara sebaiknya adalah ….

Kesimpulan

Pada materi sebelumnya di tema 4 sub tema 3 pembelajaran 3 yaitu tentang Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca masih terdapat 2 siswa atau sekitar 10 % dari jumlah 21 siswa kelas 6A  yang masih belum tuntas materi Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.


Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan tertib dan lancar besok insya Allah kita bertemu kembali pada tema 6 subtema 3 pembelajaran ke 4.

0 comments:

Materi Ajar, Jumat 22 November 2024 ( Ulasan Materi untuk PAS)

Hari, tanggal : Jumat,  22 November 2024 Kelas : 3A Tema : Kewajiban dan Hakku (4) Subtema : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga (4) Pembe...

Template by:

Free Blog Templates