Day / Date : Rabu, 18 September 2024
Lesson : Tematik
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 1
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia , PKN MTK,
Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran,
1. Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.
2. Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.
3. Dengan menirukan tepukan guru, siswa dapat mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana.
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
hallo class good morning, how are you today?
Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first
2. Apersepsi :
Hallo anak sholih sholihah sebelum kita mulai pembelajaran kita pagi hari ini kita
berdoa terlebih dahulu...
kemudian ibu akan cek dulu semangat pagi nya. Tepuk Semangat....
Oke sudah semangat sekali berarti sudah siap untuk mulai belajarnya, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas peran tugas setiap profesi dan juga sudah belajar mengenai pecahan. Kita belajar apalagi selain keragaman profesi dan pecahan? Iya pintar anak sholih sholihah kita belajar bermain peran juga ya dan belajar membuat kreasi. Pada hari ini kita akan masuk ke tema baru yaitu tema 3 Benda di Sekitarku. Apa saja benda yang ada di sekitar kita? Iya ada banyak ya ada meja, kursi, papan tulis, buku dan lain sebagainya. Kita mulai ya pembelajarannya anak sholih dan sholihah.... Mari perhatikan video pembelajaran berikut ini ya nak :)
m 3. MATERI AJAR
Ayo Membaca
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang.
Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda?
Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Ayo Mengamati
Kamu telah membaca wacana tentang benda. Amati lah gambar-gambar di bawah ini. Lingkarilah pada gambar yang bukan ter masuk benda!
Bersama kelompokmu, perhatikan benda-benda di sekitar kelasmu. Kelompokkan benda-benda tersebut. Kamu boleh mengelompokkan berdasarkan ukuran, bentuk, atau pun warna. Tuliskanlah alasan pengelompokan yang kamu lakukan!
Apakah kamu pernah melihat benda-benda di bawah ini?
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur. Setiap alat ukur mempunyai satuan. Perhatikan satuan pada alat ukur di bawah ini!
Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm.
Coba cari tahu satuan yang digunakan pada alat
ukur lainnya. Tuliskan satuan panjang yang kamu ketahui di bawah ini!
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca,
plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah
alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam
alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Apakah kamu pernah memainkan alat musik di atas? Selain menggunakan alat musik, kita dapat
menggunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu. Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau pun tepukan tangan.
L Contoh soal :
1. Benda-benda di sekitar kita dapat dibedakan menjadi benda hidup dan benda mati. Benda berikut ini yang termasuk benda mati adalah …. ( jawab : tanah dan batu)
2. Salah satu ciri sebuah benda adalah ….( Jawab : Memiliki massa)
3. Penggaris, meteran dan jangka sorong adalah contoh benda yang dapat dikelompokkan berdasarkan …. ( jawab : Fungsinya)
1
1.
L LATIHAN HARI INI
1. Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!
2. Bagaimana cara menggunakan penggaris untuk mengukur? Perhatikan pengarahan dari gurumu. Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda- benda di bawah ini!
Kesimpulan
Alhamdulilah kegiatan pembelajaran berjalan lancar siswa sudah memahami materi benda-benda disekitar kita dan sudah memahami alat ukur panjang dan cara menghitung benda menggunakan alat ukur berupa penggaris
6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
Wassalamualaikum.wr.wb.
G a
0 comments:
Posting Komentar