Senin, 11 Januari 2021

materi ajar, Selasa 12 Januari 2021 (Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2 dan 3)


Hari/Tanggal        : Selasa,  Januari  2021

Kelas                    : 3

Tema                     : 5 (CUACA)

Subtema               : 2 (Perubahan Cuaca)

Pembelajaran        : 2 dan 3

Alatperaga            : Video ,Gambar



Kompetensi Dasar 

PKN (3.4) : Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

B. Indonesia (3.3) :  Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.

Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik dapat menjelaskan dan menuliskan pentingnya

sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di

lingkungan sekitar

2.  Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan

dengan pengaruh perubahan cuaca


 

Cuaca dapat berubah-ubah dalam sehari maupun dalam waktu tertentu.Lani dan teman-teman mengamati keadaan langit. Sejak pagi, cuaca di sekolah terlihat mendung. Tanda akan turun hujan.



Dari kejauhan, tampak sebuah pesawat melintas dan memasuki awan yang berwarna gelap.Cuaca masih mendung saat istirahat tiba.

Lani, Siti, dan Dayu bermain lompat tali. Edo, Beni, dan Udin bermain kelereng. Teman yang lain sedang membaca buku atau bermain bekel.Saat sedang asyik beristirahat, tiba-tiba hujan pun turun. Mula-mula, hujan turun rintik-rintik, lama-kelamaan makin deras.





Mereka pun bergegas merapikan semua alat permainan. Mereka bersatu untuk saling membantu merapikan mainan. Ketika hujan turun, mereka bersama-sama merapikan semua mainan. Mereka melakukan itu untuk kepentingan bersama. Tidak ada yang mengeluh saat saling membantu. Diskusikan manfaat dari sikap Lani dan teman-teman. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom yang tersedia.

Cuaca dan Kehidupan Manusia

Saat cuaca cerah, kamu dapat membantu ibu Saat cuaca cerah, kamu dapat membantu ibu menjemur pakaian basah. Matahari yang panas akan mengeringkan pakaian basah. Begitu pula dengan perajin kerupuk. Saat cuaca cerah, mereka dapat menjemur kerupuk hingga kering. Kerupuk pun siap digoreng.Saat cuaca berawan, kamu akan nyaman bermain di lapangan bersama teman-teman. Kamu dapat bermain layangan, sepeda, dan sepak bola.


                                       

Saat cuaca mendung, kamu dapat mengajak temanmu bermain di teras rumah. Jika hujan, bantulah ibu mengangkat jemuran. Hujan membuat petani senang karena sawah tidak akan kering.



Saat hujan deras terus-menerus, kita harus waspada. Jika saluran air tersumbat, banjir dapat melanda lingkungan rumah kita. Oleh karena itu, jagalah kebersihan lingkungan agar lingkungan kita menjadi nyaman. Untuk lebih jelasnya perhatikan video berikut ini ya nak:




Pembelajaran 3 


Sejak pagi hingga siang hari, hujan turun. Sore ini hujan telah reda, cuaca terlihat mendung. Dayu, Lani, Beni, Edo, dan Udin pergi ke rumah Siti. Mereka akan belajar bersama. Mereka membawa payung. Bersiap sedia jika sewaktu-waktu hujan turun kembali.Siti telah menunggu kedatangan teman-temannya. Siti menyuguhkan dua kotak kue rasa cokelat dan vanila.

Bacalah percakapan Siti dan teman-teman berikut!

Siti mengambil dua kotak kue cokelat dan vanilla. Kue-kue tersebut diletakkan di atas meja.

Sekarang bandingkan potongan kue tersebut. Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil? Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia.

Siti memotong setiap 12 bagian kue cokelat tadi. Setiap potongan kue cokelat menjadi 2 bagian yang sama besar. Kuenya menjadi 4 bagian sama besar seperti berikut.

Mari kita amati sekali lagi.Perhatikan lambang bilangan pecahan beserta potongan kue cokelat

dan kue vanila berikut. Perhatikan lambang bilangan pecahan beserta potongan kue cokelat dan kue vanila berikut.

Lambang bilangan pecahan di atas memiliki pembilang yang sama, yaitu 1. Namun, bilangan penyebutnya berbeda-beda.Jadi untuk pecahan dengan angka pembilang sama:“Makin besar angka penyebutnya, makin kecil nilai pecahan tersebut.

Senangnya hati Udin telah belajar tentang membandingkan pecahan berpembilang sama. Mereka beristirahat sejenak sambil menyantap kue hidangan dari Siti. Setelah beristirahat, mereka kembali belajar bersama. Mereka akan mencari berita di koran tentang perubahan cuaca di Indonesia. Di rumah Siti, banyak koran. Orang tua Siti berlangganan koran setiap hari


Artikel berita di koran akan dibawa ke sekolah sebagai tugas per kelompok. Siti sekelompok dengan Lani dan Dayu. Udin sekelompok dengan Beni dan Edo. Setiap kelompok diminta membawa 2 buah artikel. Siti, Lani, dan Dayu sudah menemukan artikel berita yang pertama. Mereka diminta mencari kata atau istilah khusus tentang perubahan cuaca.Kata khusus adalah kata yang menjelaskan kata umum. Misalnya “hijau” adalah kata khusus dari “warna”. Istilah khusus adalah istilah yang menjelaskan tema tertentu. Misalnya “cuaca ekstrem” adalah istilah khusus dari tema perubahan cuaca.

Dampak Perubahan Cuaca

Akhir-akhir ini cuaca seakan-akan tak menentu. Suhu udara pada siang hari terasa sangat panas. Namun, pada malam hari, suhu udara terasa dingin. Keesokan harinya, hujan pun turun.Perubahan cuaca yang sangat cepat disebut cuaca ekstrem. Cuaca ini dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit.

Penyakit yang biasa muncul pada cuaca ekstrem, antara lain

.1. Flu. Jika kondisi tubuh lemah atau kurang sehat, orang dapat terserang flu.

2. Mimisan. Jika udara terlalu panas, orang akan mudah mimisan.

3. Sesak napas. Suhu udara yang berubah cepat dapat menyebabkan sesak napas.Penyakit-penyakit seperti ini dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Berikut cara-cara agar terhindar dari peyakit akibat cuaca yang ekstrem.

1.        Menjaga Kebugaran TubuhBerolahraga yang cukup dapat menjaga kebugaran tubuh.

2.        Hindari Kontak Langsung Sinar MatahariGunakan pakaian lengan panjang. Hal ini agar kulit terlindung dari sinar matahari langsung.

3.  Gunakan Masker di sekitar kita banyak debu. Sebaiknya, kita menggunakan masker. Khususnya pengendara roda dua.Nah, untuk itu kita harus selalu waspada. Macam-macam penyakit dapat muncul kar

SBdP

Masih ingatkah kamu dengan Tari Burung Kutilang yang sudah dipelajari sebelumnya? Ikuti petunjuk berikut untuk berlatih Tarian Burung Kutilang.

1. Gerakan ini sesuai bait pertama teks lagu Burung Kutilang

Di pucuk pohon cemara

Burung Kutilang berbunyi

Bersiul-siul sepanjang hari

Dengan tak jemu-jemu

Gerakan miring kepala ke kiri, tengah, dan ke kanan secara bergantian. Ulangi sebanyak 8 hitungan sesuai irama lagu.


2. Gerakan ini sesuai bait kedua teks lagu Burung Kutilang.

Mengangguk-angguk

Sambil berseru Trilili..lili..lili..lili

Gerakan menganggukkan kepala

3.Gerakan ini sesuai bait ketiga teks lagu Burung Kutilang.

Sambil berlompat-lompatan

Paruhnya selalu terbuka

Digeleng-gelengkan kepalanya

Menentang langit biru”

Kepala menoleh ke kiri, ke tengah, dan kanan secara bergantian. Ulangi sebanyak 8 hitungan sesuai irama lagi.

4.Gerakan ini mengulangi gerakan nomor 2. Gerakan ini sesuai bait 4 teks lagu Burung Kutilang.

Tandanya suka

Dia berseru Trilili..lili..lili..lili”

Gerakan menganggukkan kepala


Berikut adalah link video Pembelajaran 3 




Tugas:
Tulislah di buku latihan tematik, menggunakan tegak bersambung. (tulislah Bismillah, Hari/tanggal sebelum mengerjakan tugas dan jangan lupa garis tutup!)




Isilah titik -titik berikut dengan tanda lebih dari (>) atau kurang dari ( <)

4. 1/3 ......1/6



5. 1/8 ...... 1/2




Selamat mengerjakan semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah swt Aamiin ya Robbalamin






 

 

 


0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates