Rabu, 09 Agustus 2023

Amteri Ajar, Rabu 9 Agustus 2023 (Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4)

Detail Bismillah Gif Koleksi Nomer 17 

                                Welcome to Grade VI A


Day / Date:             : Wednesday,  09 August 2023

Lesson                      : Tematika 

Tema 1                      :  Selamatkan Makhluk Hidup

Subtema 3                : Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan
 
Pembelajaran           :  3 & 4
 
Muatan Pelajaran    : B.I (3.1) IPA (3.1) PKN (3.1) & MTK (3.3)
 
 
Tujuan Pembelajaran :  

1. Siswa mampu  Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca
2. siswa mampu Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
3. siswa mampu Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4. siswa mampu Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
 
Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru  2023/ 2024 baca doa belajar dulu ya nak.. 

  


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 2 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3&4 ini kita akan mempelajari tentang cara mewarnai patung dan membuat komik pelestarian hewan dan tumbuhan. 


RINGKASAN MATERI

Ayo Mengamati

• Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar pada buku pelajaran dan mendiskusikannya dalam kelompok

Guru berkeliling untuk memberikan bantuan saat siswa berdiskusi. Guru bisa memberikan pertanyaan pancingan apabila diskusi tidak berjalan lancar

Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain. Rubrik ada di halaman penilaian. • Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka sudah belajar tentang manfaat perkembangbiakan hewan dan tumbuhan. Semua cara perkembangbiakan membawa manfaat yang besar bagi kehidupan mahluk hidup.

.l• Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan membuat poster. Mereka sudah mempelajari poster di kelas sebelumnya. Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan–pesan. Poster biasanya ditempel di tembok, di tempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjungi banyak orang dan mudah dibaca. 

• Siswa kemudian mempelajari bagaimana membuat poster terutama membuat desain hewan atau tumbuhan. Siswa dapat membuat poster tentang pelestarian hewan atau tumbuhan.

 Ayo Mencoba 


• Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan membuat poster. Mereka sudah mempelajari poster di kelas sebelumnya. Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan–pesan. Poster biasanya ditempel di tembok, di tempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjungi banyak orang dan mudah dibaca. 


• Siswa kemudian mempelajari bagaimana membuat poster terutama membuat desain hewan atau tumbuhan. Siswa dapat membuat poster tentang pelestarian hewan atau tumbuhan.



 • Siswa dapat mengampanyekan pelestarian hewan atau mahluk hidup kepada adik kelasnya. Poster dinilai dengan menggunakan rubrik dan disosialisasikan kepada siswa. Rubrik dapat dilihat di halaman penilaian.

Ayo Menulis

 • Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman. 

• Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberi dua menit kepada siswa. Bunga Melati berasal dari Asia Selatan. Tanaman perdu ini tumbuh di negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Bunga melati putih ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia. Melati mempunyai bentuk mahkota yang sederhana. Melati memiliki bunga berwarna putih dan aroma yang lembut menenangkan. Pemeliharaan melati cukup mudah. Susunan bunga melati menyirip dan berhadapan. Bagian-bagian bunganya terdiri dari tangkai anak bunga yang di ujungnya terdapat daun pelindung berbentuk benang berjumlah 7 helai, disambung dengan tangkai bunga.

 • Siswa kemudian membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah. 

• Siswa menilai kesimpulan teman. Setelah itu mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan arahan kepada yang membutuhkan

 

 Latihan Soal

1. Kelangkaan hewan bisa terjadi diantaranya disebabkan oleh ….

2. 

Gambar di atas adalah bunga yang hidup di Indonesia yang tergolong langka, nama bunga tersebut adalah bunga ….

3. Buatlah sebuah komik yang mencerminkan kita harus menjaga kelestarian lingkungan hewan dan tumbuhan di sekitar kita

Kesimpulan 

Baik anak soleh solehah 6 A kesimpulan pembelajaran kita hari ini adalah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup baik hewan maupun tumbuhan kita harus menjaganya dan merawat nya dengan baik. Karena akan terjadi kepunahan dari hewan langka maupun tumbuhan langka tersebut. 

Dengan cara membuat poster atau komik lucu dapat membuat semua orang membaca isi dari gambar yang sudah kita buat tentang menjaga kelestarian tumbuhan ataupun hewan. 

refleksi dan evaluasi

Baik pembelajaran hari ini masih ada yang belum selesai gambarnya. Untuk itu dapat kita lanjutkan di rumah. Bu guru harap dalam menjalankan tugas dirumah dapat kalian selesai kan dengan baik ya nak. 

Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat. 
Besok kita akan bertemu kembali dan belajar pembelajaran 5&6
W assalamu'alaikum wr wb

0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates