Kamis, 31 Agustus 2023

Materi Ajar, Kamis 31 Agustus 2023 ( Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4)

Detail Bismillah Gif Koleksi Nomer 17






Welcome to Grade VI A
 

Lesson                      : Tematik

Tema 2                      : Persatuan dalam perbedaan

Subtema 3               : Bersatu Kita teguh
 
Pembelajaran           : 4


Muatan Pelajaran     :Mtk(3.3), PPKN (3.4) dan B.Indonesia(3.4)


Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa mampu Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

2. siswa mampu  Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

3. siswa mampu  Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

 

 

Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru  2023/ 2024 baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 3 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3  di subtema 4, kita akan mempelajari tentang  .Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

 

RINGKASAN MATERI

 


 Ayo Membaca

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum? 

Penduduk Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera. Rakyat yang bersatu dalam suasana yang aman turut mendukung pelaksanaan pembangunan. Jika pembangunan berjalan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat akan meningkat. Sebaliknya, jika negara terpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan terhambat. Pembangunan yang terhambat akan mempengaruhi kesejahteraan. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah tugas kita bersama. Bangsa Indonesia harus selalu bersatu mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. 

Usaha-usaha dalam menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara memelihara ketertiban dan keamanan, menghindari pertikaian antarsuku, menumbuhkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, menjaga perbatasan Indonesia dengan negara lain, dan menjaga pulau-pulau paling luar dari Indonesia. Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah menciptakan suasana rukun, melaksanakan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong-menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat. Ayo, kita tegakkan persatuan dan kesatuan demi tercapai masyarakat NKRI yang sejahtera! 


Ayo Menulis 

Kamu akan melanjutkan menulis buku mini tentang contoh dan manfaat persatuan dan kesatuan untuk mencapai kesejahteraan rakyat. Kamu dapat menambahkan gambar-gambar yang sesuai dengan tema agar bukumu lebih menarik. Perhatikan kembali beberapa hal penting yang perlu kami tuliskan dalam bukumu, yaitu:

 • Memastikan judul sesuai dengan tema. 

• Menuliskan dan menggambar 4 contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.

 • Menuliskan dan menggambar 4 contoh manfaat dari persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat. • Seluruh gambar harus sesuai dengan tema.

 

Ayo Berlatih 

Berdasarkan dialog di atas, 14 buku mini diselesaikan oleh siswa laki-laki dan 16 buku mini diselesaikan oleh siswa perempuan. Hitunglah persentase buku mini yang diselesaikan oleh siswa perempuan. Kemudian, hitung persentase buku mini yang diselesaikan oleh siswa laki-laki. Berapa persen buku mini yang diselesaikan siswa perempuan? Jelaskan! 

Jawaban

Persentase adalah cara untuk mengekspresikan sebuah angka sebagai bagian dari keseluruhan. Untuk menghitung persentase, kita melihat keseluruhan tersebut sebagai 100%. Misalnya, jumlah siswa di kelas Siti adalah 30 orang (=100%). Jika 16 buku mini dibuat oleh siswa perempuan, maka persentasenya adalah 16 30 × 100 = 53,3 %. Jika 14 buku mini dibuat oleh siswa laki-laki, maka persentasenya adalah 14 30 × 100 = 46,7 %

 

 

 Latihan

1. Perhatikan soal cerita berikut! Beni membeli satu setel seragam sekolah di Toko XYZ. Harga satu setel seragam tersebut adalah Rp120.000,00. Beni mendapat diskon sebesar 20%. Berapa yang harus dibayarkan Beni? Apakah kamu dapat menyelesaikan soal cerita di atas? Jelaskan!

2.  Negara Indonesia merupakan negara yang terdiri dari suku bangsa yang ….l

3. Negara Indonesia dapat mencapai kemerdekaan karena ….

Jawaban

1. Perhatikan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita tersebut! 

Diketahui :

Harga 1 setel seragam Rp120.000 Diskon 20% 

Ditanya :

Berapa yang harus dibayarkan Beni? 

Penyelesaian:

 20% = 20 200 disederhanakan menjadi 1 5 

Kemudian, kalikan dengan 120.000 = 1 5 × 120.000 = 120 000 5 . = 24.000 

Jadi, Beni mendapat diskon Rp24.000,00. Sehingga Beni hanya membayar Rp120.000,00 - Rp24.000,00 = Rp96.000,00

2.  Beraneka ragam

3. Bersatu padu


Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini kalian sudah bs mengidentifikasi tentang Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya dan  mampu  Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

. Serta pembelajaran hari ini sangat menyenangkan ya nak. 

 

Penutup

Baik anak soleh solehah 6A. 

Sekian pembelajaran hari ini! 

Wassalamu'alaikum wrwb.

 

0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates