Rabu, 24 Januari 2024

Materi Ajar, Kamis 25 Januari 2024 ( Rangkuman tema 6 subtema 2 dan latihan PH)



Welcome to Second Semester TP. 2023/2024

day / Date: : Kamis, 25 Januari 2024

 Lesson : Tematik

Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana) 

Subtema 2 :  Membangun Masyarakat  Sejahtera

Pembelajaran : Review Materi 

Muatan Pelajaran : PKN (3.2),  BAHASA INDONESIA (3.7) ,  IPA (3.2) dan SBdP (3.3),

Tujuan pembelajaran 

Siswa mampu memahami materi tentang pemenuhan hak sebagai warga

Siswa mampu memahami materi Pubertas 

Apersepsi


Good morning soleh solehah kelas VIA di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kemarin di pembelajaran 5 dan 6 tentang masa pubertas dan pemenuhan hak serta gagasan utama pada setiap paragraf, hari ini kita akan mereview materi di subtema 2 ya nak :)

Mari kita simak video pembelajaran hari ini



Rangkuman Materi 





PKN

Membangun Masyarakat Sejahtera

Hak-hak sebagai warga negara menurut UUD 1945

No.

Hak-Hak Warga Negara Indonesia

Ketentuan dalam UUD 1945

1.

Mendapat perlindungan hukum

Pasal 27 ayat (1)

2.

Pekerjaan dan penghidupan yang layak

Pasal 27 ayat (2)

3.

Ikut serta dalam upaya bela negara

Pasal 27 ayat (3)k

4.

Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiran

Pasal 28E ayat (3)

5.

Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya masingmasing

Pasal 28E ayat (1)

6.

Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Pasal 30 ayat 1

7.

Mendapat pendidikan

Pasal 31 ayat (1)

8.

Kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional

Pasal 28C ayat (1)

9.

Memanfaatkan sumber daya alam

Pasal 33 ayat (3)

10.

Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara

Pasal 34 ayat (1)

11.

Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan

Pasal 28H ayat (1)

 

Perilaku Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan

Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

No.

Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

1.

Cinta tanah air

1. Melestarikan budaya bangsa

2. Menjaga kelestarian lingkungan

3. Rajin belajar

2.

Membina persatuan dan kesatuan

1. Berteman dengan siapa saja

2. Mau mempelajari kesenian dari daerah lain.

3. Menolong siapa saja tanpa membedakan suku

3.

Rela Berkorban

1. Bersedia menolong dengan tenaga

2. Bersedia menolong dengan pikiran

3. Bersedia menolong dengan harta

Bahasa Indonesia

Subtema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera

Teks nonfiksi yaitu teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar- benar terjadi.

 

Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau

pokok pikiran.

Gagasan utama dapat kamu kenali dengan dua cara. Pertama, membaca teks dengan cermat, kemudian menjawab pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Kedua, menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, kemudian menarik kesimpulan gagasan-gagasan utama setiap paragraf dan menyimpulkan gagasan utama teks. Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama.

Teks Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Paragraf

Kalimat Utama

Gagasan Utama

1

Hak warga negara Indonesia banyak bentuknya.

Hak warga negara Indonesia

2

Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum.

Hak mendapat perlindungan hukum

3

Setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak

Hak mendapat pekerjaan dan penghidupan layak

4

Hak mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran.

Hak memperoleh pendidikan dan pengajaran

5

Masih ada banyak hak warga negara Indonesia lainya yang ditetapkan dalam UUD 1945.

Hak warga negara ditetapkan dalam UUD 1945

 

Teks Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Paragraf

Kalimat Utama

Gagasan Utama Setiap Paragraf

Gagasan Utama Teks Nonfiksi

1

Semua warga negaramemiliki hak.

Hak warga negara Indonesia dilaksanakan secara seimbang.

Manfaat pemenuhan hak

2

Salah satu contoh manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran.

Manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran

3

Manfaat pemenuhan hak atas perlindungan hukum

Manfaat lain pemenuhan hak warga negara

4

Manfaat pemenuhan hak atas pemerolehan fasilitas pelayanan kesehatan

Manfaat pemenuhan hak warga negara.

Subtema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera

Perbedaan masa anak-anak dan masa pubertas terletak pada aktifnya sejumlah hormon. Hormon yang aktif ini kemudian membuat anak-anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan sejumlah perubahan antara lain sebagai berikut:

1.  Dada pada anak pria tumbuh menjadi lebih lebar atau bidang

2. Pinggul pada wanita melebar

3. Suara pada anak pria mulai berubah menjadi lebih berat sementara pada wanita menjadi lebih melengking.

4. Mulai berjerawat, tumbuh rambut di area tertentu

5.  Dada pada wanita mulai menonjol sementara jakun pada pria mulai nampak (sebagian tidak terlalu terlihat.

No.

Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Laki-laki

Ciri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Laki-laki

1.

Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin

Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin

2.

Suara belum membesar

Suara jadi membesar

3.

Belum tumbuh jakun

Tumbuh jakun

4.

Belum tumbuh kumis, jambang, dan janggut

Tumbuh kumis, jambang, dan janggut

No

Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Perempuan

Ciri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Perempuan

1.

Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin

Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin

2.

Suara belum melengking

Suara jadi melengking

3.

Payudara belum membesar

Payudara membesar

4.

Panggul belum membesar

Panggul membesar

 IPS Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia

1.  Melestarikan budaya bangsa

2. Sikap cinta tanah air

3. Membina persatuan dan kesatuan

4. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara

5.  Berkompetisi dalam meraih prestasi,

6. Menggunakan produk buatan dalam negeri

7.  Menghormati antarsesama

8. Menaati peraturan yang berlaku.

Mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tidak harus kamu lakukan dengan angkat senjata. Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat. Selain itu, tindakan berupa menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.

SBdP

Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.

Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.

Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok.

1.  Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari.

2. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari.

3. Tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari

Tari Klana Topeng

Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta.

Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis. Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan Jawa.

Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.

 Latihan Penilaian Harian 

Teks bacaan untuk nomor 1-5.
Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya dilaksanakan dengan cara memenuhi hak dan kewajibannya sebagai warga negara seperti yang tercantum dalam landasan konstitusional negara Indonesia, yakni Undang-Undang Dasar 1945. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat diwujudkan sebagai cermin dari tanggung jawab warga
negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah memahami dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya.

Bahasa Indonesia
1. Judul yang tepat untuk paragraf di atas adalah ....
a. Tanggung Jawab sebagai Siswa
b. Tanggung Jawab Seorang Anak
c. Tanggung Jawab Warga Negara
d. Hak sebagai Warga Negara

2. Gagasan utama dari paragraf yang disajikan adalah ....
a. Hak warga negara terhadap negaranya.
b. Kewajiban warga negara kepada negaranya.
c. Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya.
d. Kewenangan warga negara terhadap bangsa dan negaranya.

3. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
a. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat diwujudkan sebagai cermin dari tanggung jawab warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
b Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
c. Pancasila sebagai nilai luhur bangsa.
d. Perwujudan dari sila ke empat Pancasila.

4. Kalimat utama paragraf yang disajikan terdapat pada. paragraf ....
a. awal
b. akhir
c. tengah
d. awal dan akhir

5. Paragraf yang disajikan termasuk teks ....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. legenda
d. cerita


IPA

1. Pertumbuhan manusia setelah anak-anak adalah ....
a. tua
b. dewasa
c bayi
d. remaja

2. Perubahan psikis, fisik, sekaligus pematangan fungsi reproduksi terjadi pada masa ....
a. balita
b. pendewasaan
c. pubertas
d. lanjut usia

3. Salah satu ciri pubertas yang dialami oleh remaja dengan jenis kelamin laki-laki adalah …
a. tumbuh jakun di leher
b. mengalami perubahan suara menjadi lebih melengking dari suara sebelumnya
c. pinggul melebar
d. kulit menjadi lebih halus

4. Berikut yang merupakan ciri-ciri pubertas pada perempuan adalah ….
a. suara menjadi lebih besar dari suara sebelumnya
b. otot membesar
c. dada menjadi lebih bidang
d. suara menjadi lebih melengking

5. Berikut yang harus dilakukan saat masa puber adalah ....
a. lebih banyak bermain di luar
b. lebih banyak mengurung diri
c. mencari informasi tentang pubertas dari orang tua dan sumber terpercaya
d. menutup diri

IPS

Berikut ini yang merupakan contoh bentuk partisipasi pelajar dalam menjaga keutuhan NKRI
adalah ....
a. menjauhi teman yang nakal
b. menaati tata tertib sekolah
c. bekerja sama dalam mengerjakan ulangan
d. membantu teman agar dipuji guru

Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !
(1) Memilih teman hanya dari yang satu daerah sąja.
(2) Mengejek budaya daerah lain.
(3) Berkelahi dengan teman beda suku.
(4) Berteman dengan orang dari daerah manapun.
2. Contoh sikap yang mencerminkan cinta NKRI ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

3. Indonesia dapat menjadi bangsa yang maju dan terus berkembang dengan baik jika seluruh warga negara Indonesia.....
a. bersatu dan bergotong royong
b. beradu pendapat dan selalu berdebat
c. berlomba dan memicu konflik
d. bergotong royong memberontak

SBdP

. Langkah ke-1 pada interval nada disebut ....
a, prime
b. secondo
c. terts
d. kuart

2. Langkah ke-2 pada interval nada disebut ....
a. prime
b. secondo
c. terts
d. kuart

3. Interval melodis terdiri atas interval nada ....
a. lemah ke nada keras
b. keras ke nada lemah
c. rendah ke nada tinggi
d. tinggi ke nada rendah

4. Nada do - mi berjarak ....
a. 2
b. 1
c. 1/2
d. 1/4

5. Alat musik sasando dimainkan dengan cara ....
a. dipetik
b. dipukul
c. digesek
d. ditiup

6. Suatu tarian yang dipentaskan oleh satu orang penari disebut ....
a. tari kontemporer
b. tari tradisional
c. tari tunggal
d. tari massal

 

 Refleksi & evaluasi 

Pembelajaran hari telah selesai di subtema 2, untuk evaluasi hasil ulangan hari ini kalian masih dalam bimbingan terkait  interval nada. sekitar 2 orang masih perlu bimbingan. dikarenakan masih bingung interval nada.
 
insya alah besok kita akan belajar di subtema 3 ya nak..  

kesimpulan
Pada akhir pembelajaran ini kita dapat menyimpulkan terkait pembelajaran pemenuhan hak setiap warga negara yang di atur dalam UUD 1945 , mengetahui perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas serta mengetahui jenis tari tunggal. Tari berpasangan dan kelompok 

Penutup
pembelajaran hari ini semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr wb
semangat belajar dan tetap mengerjakan sholat 5 waktunya ya


 

 

 

 

 

 

 


0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates