Rabu, 31 Januari 2024

Materi AJar, Rabu 31 Januari 2024 ( Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5)

Welcome to Second Semester TP. 2023/2024

day / Date: : Rabu, 31 Januari 2024

 Lesson : Tematik

Tema 6 : (Menuju Masyarakat sederhana) 

Subtema 3 :  Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat

Pembelajaran : 5

Muatan Pelajaran :

Bahasa Indonesia 3.8 Mengali informasi yang terdapat pada teks nonfiksiIPA 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi.

 

Tujuan Pembelajaran 

• Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengetahui keadaan masyarakat yang sejahtera. 

• Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas dengan tepat.

 • Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengetahui informasi dari teks nonfiksi. 

• Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat membandingkan informasi setelah membaca judul teks dengan informasi setelah membaca teks dengan tepat. 


Apersepsi


Good morning soleh solehah kelas VI A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kemarin di kita sudah belajar mengenai subtema 3 Pembelajaran 5 tentang isi reklame, membuat gambar baliho menjelaskan ciri-ciri pubertas dan menuliskan keterkaitan judul dengan isi bacaan, hari ini kita akan melanjutkan ke materi tema 6 subtema 3 pb 5 tentang  isi, tujuan, dan lembaga yang membuat reklame ya nak :)

Mari kita simak video pembelajaran hari ini


 

 MATERI AJAR

Setiap orang harus berupaya untuk hidup sejahtera. Jika semua warga Indonesia sejahtera, negara ini akan semakin kuat. Masyarakat yang sejahtera akan mampu mengembangkan Negara Indonesia supaya lebih maju. Selain itu, masyarakat sejahtera akan mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Udin telah memasuki masa pubertas. Udin tidak lagi kanak-kanak. Udin mulai bersungguh-sungguh dalam belajar. Udin ingin menjadi anak pintar supaya hidupnya sejahtera sehingga berguna bagi bangsa. Ingatkah kamu perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas? Lakukan kegiatan berikut! 

Ayo Berlatih 

Carilah beberapa gambar tentang ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas! Jika kamu anak laki-laki carilah gambar anak laki-laki pada masa kanak-kanak dan anak laki-laki pada masa pubertas. Jika kamu anak perempuan, carilah gambar anak perempuan pada masa kanak-kanak dan anak perempuan pada masa pubertas. Tempelkan gambar yang kamu temukan pada kotak di bawah. Tuliskan keterangan di samping gambar. Keterangan dapat berupa ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas. 

Masyarakat yang sejahtera berada dalam keadaan sehat. Kesehatan masyarakat dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu, untuk menciptakan masyarakat sehat diperlukan kerja sama. Siapa saja yang harus bekerja sama untuk menciptakan masyarakat sehat? Apa pentingnya kerja sama dalam menciptakan masyarakat sehat. Bacalah bacaan berikut! 

Ayo Membaca 

Pentingnya Kerja Sama Manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup sendiri. Kita perlu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Kita sering mendengar bahwa dengan bekerja sama, pekerjaan menjadi lebih mudah dan tujuan lebih cepat tercapai. 

Kerja sama dapat dimulai di lingkungan rumah. Karena rumah adalah tempat tinggal keluarga. Salah satu contoh kerja sama yang sangat sederhana di lingkungan keluarga adalah menjaga kebersihan rumah. Menjaga kebersihan rumah tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja, namun perlu melibatkan seluruh anggota keluarga, misalnya dengan melaksanakan kerja bakti. Kerja sama juga diperlukan untuk menciptakan masyarakat sehat. Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan secara rutin, memilah dan mengolah sampah bersama-sama, menanam pohon di lingkungan rumah, serta mencegah penyebaran penyakit menular melalui 3 M (menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat-tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang yang tidak terpakai yang dapat menimbulkan genangan air).Tanpa kerja sama, masyarakat sehat tidak terwujud.

 

 

 

 

 

 

Refleksi & Evaluasi

pada pembelajaran hari ini didapat semua siswa yang sudah dapat mengidentifikasi perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas.
 
Kesimpulan
pada pembelajaran hari ini kita telah belajar tentang mengidentifikasi perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas.
 
Penutup
pembelajaran hari ini kita tutup dengan mengucapkan hamdalah..
alhamdulillahirobbil alamin..
wassalamualikum wr wb

0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates