Senin, 06 November 2023

Materi Ajar, Selasa 7 November 2023 ( Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 3)

besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VI A

 

day / Date:                 : Selasa, 7  November 2023

 

Lesson                      : Tematik

Tema 5                      : Wirausaha

Subtema 3               : Ayo Belajar Berwirausaha

Pembelajaran           :  3


Muatan Pelajaran     : IPA( 3.5) B.Indo (3.6),

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu

menjelaskan langkah-langkah membuat magnet secara tepat.

4. Dengan mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu

mempraktikkan  membuat magnet secara benar.

5. Dengan membaca petunjuk, siswa mampu menjelaskan cara mengisi

formulir  pengiriman barang berdasarkan petunjuk secara benar.

6. Dengan membaca petunjuk, siswa mampu mempraktikkan mengisi

formulir  pengiriman barang berdasarkan petunjuk secara benar.

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kalian telah mempelajari materi di tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 dan 2 salah satu topik materinya adalah medan magnet ya nak, dan hari ini  kita akan mempelajari tentang tema 5 subtema 3 tentang ayo belajar berwirausaha, pembelajaran 3 yang akan   membahas tentang percobaan membuat magnet seperti yang ada di halaman 146 ya nak .Mari kita simak materi pembelajaran hari ini





Ringkasan Materi 




IPA ( KD 3.5) 

1. Membuat Magnet dengan Cara Digosok



 Membuat magnet dengan gosokan dilakukan dengan cara menggosokkan magnet pada benda magnetis, misalnya besi.
Gosokan dilakukan secara searah dan menggunakan kutub yang sama pada magnet.
Semakin lama waktu penggosokan, semakin kuat sifat kemagnetan pada besi. 

2. 2. Membuat magnet dengan Induksi Magnet 



Benda magnetis yang akan dibuat magnet didekatkan pada magnet.

• Sebagai contoh, paku akan dibuat magnet. Paku tersebut didekatkan pada magnet. Paku sudah menjadi magnet. Paku tersebut dapat menarik benda magnetis lainnya. 

3. Membuat Magnet dengan Arus Listrik 




     Membuat magnet dengan dialiri listrik dilakukan dengan cara melilitkan kabel ke benda magnetis yang akan dibuat magnet, misalnya besi.

     Kedua ujung kabel dihubungkan dengan baterai atau sumber listrik yang lain.

     Jika sumber listrik dilepas, sifat kemagnetan pada elektromagnet juga akan hilang. 

b    B.Indonesia (KD. 3.6) Berikut ini adalah petunjuk pengisian formulir pengiriman  barang 

    

laLatihan Soal 

1.1 . Biodata siswa baru dapat diketahui melalui… .

a. formulir bank

b. formulir pendaftaran siswa baru

c. daftar riwayat hidup

d. formulir pendaftaran les

2. Daftar riwayat hidup digunakan untuk … .

a. melamar pekerjaan

b. mengetahui kondisi pasien

c. mengetahui latar belakang pasien

d. mengetahui latar belakang pelamar

3. pembuatan magnet dengan cara mengalirkan listrik disebut… .

a. gosokan

b. induksi

c. elektromagnetik

d. gesekan

4. magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub… .

a. uatara dan barat

b. utara dan selatan

c. barat dan timur

d. plus dan minus

5. Kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi adalah.. .

a. COCI

b. KTT

c. Sea Games

d. MEA


Evaluasi hari ini, Peserta didik melakukan percobaan seperti di halaman 146 

Percobaan Membuat Magnet

Percobaan 1

Tujuan percobaan

Membuat magnet dengan cara digosokkan.

Alat dan Bahan

1. Magnet

2. Paku ukuran besar (1 buah)

3. Paku ukuran kecil (15 buah)

Langkah-langkah percobaan

1. Gosokkan paku besar satu arah pada magnet sebanyak 5 kali.

2. Dekatkan paku besar tersebut pada paku-paku kecil.

3. Catatlah pada tabel jumlah paku kecil yang menempel.

4. Gosokkan kembali paku besar satu arah pada magnet sebanyak 15 kali.

5. Dekatkan paku besar tersebut pada paku-paku kecil.

6. Catatlah pada tabel jumlah paku kecil yang menempel.

7. Gosokkan kembali paku besar satu arah pada magnet sebanyak 30 kali.

8 Catatlah pada tabel jumlah paku kecil yang menempel.

Refleksi pembelajaran

 Kesimpulan :

Dari hasil pembelajaran kita hari ini didapat sekitar 1 orang atau 5 % dari jumlah siswa di kelas 6A berjumlah 20 orang yang masih memerlukan bimbingan terkait materi hari ini yaitu tentang percobaan magnet dan tahapan mengisi formulir data pengiriman barang.  Diberikan penjelasan erkait materi tersebut.

Penutup :

alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib, semoga besok kalian tetap semangat belajar dan tidak lupa selalu mengerjakan sholat 5 waktunya.

wassalamualaikum wr wb



0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates