Rabu, 01 November 2023

Materi Ajar, Rabu 1 November 2023 ( Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 4)

besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VI A

 

day / Date:                 :Rabu, 1 November 2023

 

Lesson                      : Tematik

Tema 5                      :Wirausaha

Subtema 2               :Kerja keras berbuah kesuksesan

Pembelajaran           :  4

Muatan Pelajaran     : MTK (KD. 3.7) PKN (KD 3.3), B.Indo (3.6)

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca, melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai manfaat keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara benar. 

2. Dengan membaca, melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu mempresentasikan berbagai manfaat keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara jelas. 

3. Dengan mengamati gambar dan melakukan eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara memecahkan masalah sehari-hari terkait volume prisma segitiga secara benar. 

4. Dengan mengamati gambar dan melakukan eksplorasi, siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari terkait volume prisma segitiga secara tepat. 

5. Dengan membaca petunjuk, siswa mampu menjelaskan cara membuat daftar riwayat hidup sesuai petunjuk yang diberikan secara tepat. 

6. Dengan membaca petunjuk, siswa mampu membuat daftar riwayat hidup sesuai petunjuk yang diberikan secara tepat

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kalian telah mempelajari sekilas tentang daftar riwayat hidup dan reklame.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 4 di  Tema 5 Subtema 2 kita akan mempelajari tentang tentang Kemasan Produk.

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

 RINGKASAN MATERI


 

Kemasan Produk 
Selama berabad-abad, fungsi sebuah kemasan hanya sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa. Seiring dengan perkembangan zaman, barulah terjadi penambahan nilai-nilai fungsional. Peranan kemasan dalam pemasaran mulai diakui sebagai satu kekuatan utama dalam persaingan pasar. Menjelang abad pertengahan, bahan-bahan kemasan terbuat dari kulit, kain, kayu, batu, keramik, dan kaca. Pada zaman itu, kemasan masih terkesan seadanya dan lebih berfungsi untuk melindungi barang terhadap pengaruh cuaca atau proses alam lainnya. Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai wadah agar barang mudah dibawa selama perjalanan. 

Baru pada tahun 1980-an, persaingan dalam dunia usaha semakin tajam. Kalangan produsen saling berlomba untuk merebut perhatian calon konsumen. Bentuk dan model kemasan dirasakan sangat penting peranannya dalam strategi pemasaran. Di sini, kemasan harus mampu menarik perhatian, menggambarkan keistimewaan produk, dan “membujuk” konsumen. Pada saat inilah kemasan mengambil alih tugas penjualan. Fungsi Peranan Kemasan Secara umum, fungsi kemasan adalah : 1. Melindungi dan mengawetkan produk. Contohnya, melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, serta kontaminasi dari kotoran, atau mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk. 2. Sebagai identitas produk. Dalam hal ini, kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan pengirim informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada bagian luar kemasan. 3. Meningkatkan efisiensi. Antara lain: memudahkan penghitungan, memudahkan pengiriman, dan memudahkan penyimpanan. Kemasan juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi suatu citra tertentu. Contohnya, produk-produk makanan. Dari kemasannya, orang sudah dapat mengenali rasanya. Walaupun tidak ada pesan yang ditulis pada kemasan tersebut, ciri pada kemasannya mengomunikasikan suatu citra yang baik. Dalam keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita, membuat kemasan yang menarik dan aman untuk konsumen merupakan tanggung jawab dari suatu wirausaha.

 Sebelum kamu membuat kemasan, perhatikan informasi penting berikut. 1. Kamu akan mendapatkan kertas karton berukuran 50 cm x 50 cm. 2. Kamu dapat menentukan sendiri ukuran kemasan yang akan kamu buat selama tidak melebihi ukuran kertas karton. 3. Kamu dapat menggunakan koran bekas atau kertas kalender bekas terlebih dahulu sebelum membuatnya menggunakan karton. Cara ini biasa dilakukan oleh pembuat kemasan untuk menguji coba dan memastikan apakah rancangannya dapat terangkai dengan baik menjadi kemasan yang rapi. 4. Setelah yakin, gambarlah jaring-jaring prisma segitiga pada karton. Tambahkan 1 cm pada bagian-bagian yang perlu direkatkan. 5. Setelah prisma segitiga selesai, hitunglah volumenya.

 

Ayo Berdiskusi Ceritakan daftar riwayat hidup yang telah kamu buat dalam kelompok. Pastikan dalam daftar riwayat hidup tersebut sudah tercantum beberapa hal penting berikut:

1. Data Pribadi Cantumkan dalam data pribadi nama lengkap, alamat lengkap, kode pos, nomor telepon, jenis kelamin, tempat dan tanggal kelahiran, kewarganegaraan, dan agama. 

2. Bidang yang diminati Tuliskan bidang yang kamu minati. 

3. Riwayat Pendidikan Tuliskan riwayat pendidikan yang pernah kamu tempuh, misalnya Taman Bermain, TK A, TK B, dan SD. 

4. Ekstrakurikuler dan Kursus Cantumkan ekstrakurikuler dan kursus yang pernah kamu ikuti. 

5. Kecakapan Tuliskan kecakapan atau keterampilan lain yang kamu memiliki. 

6. Kesimpulan Tuliskan di bagian kesimpulan sikap dan keterampilan yang menonjol dalam dirimu yang mendukung bidang yang kamu pilih.

LATIHAN

 

1. Contoh komoditas Indonesia yang sudah banyak diekspor keluar negeri adalah …..
a. Sepeda motor
b. Tekstil
c. Daging
d. Gandum

2. Benda yang dapat ditarik magnet disebut benda ….
a. Magnitudo
b. Magnetis
c. Elektromagnetik
d. Magma

3. Contoh benda yang dapat di tarik magnet adalah ….
a. Sandal, sepatu dan peniti
b. Peniti, pisau dan gabus

c. Pisau, gergaji dan kaca
d. Peniti, gunting dan paku

4. Benda yang dapat ditarik oleh magnet umumnya bersifat bisa ….
a. Menghantarkan listik
b. Meredam bunyi
c. Memantulkan pegas
d. Menghasilkan cahaya

5. Daftar riwayat hidup adalah data yang berisi  tentang ….
a. Informasi perusahaan
b. Informasi diri seseorang
c. Nilai-nilai kelulusan
d. Data kejahatan seseorang

 

Refleksi pembelajaran

 Kesimpulan :

Dari hasil pembelajaran kita hari ini didapat sekitar 1 orang atau 5 % dari jumlah siswa di kelas 6A berjumlah 20 orang yang masih memerlukan bimbingan terkait materi hari ini yaitu tentang Kemasan Produk.. Diberikan penjelasan dan latihan soal terkait materi tersebut.

Penutup :

alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib, semoga besok kalian tetap semangat belajar dan tidak lupa selalu mengerjakan sholat 5 waktunya.

wassalamualaikum wr wb

0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates