Minggu, 05 November 2023

Materi Ajar, Senin 6 November 2023 ( Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 2)

besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VI A

 

day / Date:                 : Senin, 6  November 2023

 

Lesson                      : Tematik

Tema 5                      : Wirausaha

Subtema 3               : Ayo Belajar Berwirausaha

Pembelajaran           :  1 dan 2


Muatan Pelajaran     : IPS(3.3), IPA( 3.5) B.Indo (3.6), PKN( 3.3), Matematika (3.6) dan SBdP (3.1)

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci. 

2. Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang medan magnet secara benar.  

3. Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi komponen dan cara mengisi teks formulir pengiriman barang secara tepat. 

4. Dengan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai contoh manfaat keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara tepat. 

5. Dengan mengamati gambar dan penjelasan, siswa mampu menjelaskan cara memecahkan masalah sehari-hari terkait volume tabung dan kerucut secara benar. 

6. Dengan mengamati contoh kemasan dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya embalase sebagai identitas sebuah produk secara tepat. 

7. Dengan mengamati contoh kemasan dan berdiskusi, siswa mampu merancang embalase sebagai identitas sebuah produk secara 

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulillah kalian telah mempelajari materi di tema 5 subtema 2 pembelajaran 6 ya nak, dan hari ini  kita akan mempelajari tentang tema 5 subtema 3 tentang ayo belajar berwirausaha, pembelajaran 1 dan 2 ya nak, kita akan membahas tentang peran ASEAN terhadap MEA, akan belajar tentang manfaat berwirausaha dan lainnya ya nak.. semangat belajar selalu..Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

 RINGKASAN MATERI





IPS ( KD. 3.3)
    Apakah MEA itu? MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Para pemimpin Asean sepakat memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 agar daya saing Asean meningkat dan untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ASEAN sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan. Pembentukan MEA) nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat. 
Bagaimana MEA mempengaruhi kita? MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya. Dengan diterapkannya MEA peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia akan semakin terbuka. Begitu pula sebaliknya, tenaga kerja Indonesia juga mempunyai peluang yang lebih besar bekerja di negara-negara anggota ASEAN lainnya. Hal ini berarti bahwa kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.
     Apa keuntungan MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya? Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar. Selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, Hal ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara. ILO memperkirakan bahwa permintaan tenaga kerja profesional akan naik 41% atau sekitar 14 juta di tahun 2015. Sementara permintaan akan tenaga kerja kelas menengah akan naik 22% atau 38 juta, sementara tenaga kerja level rendah meningkat 24% atau 12 juta.
IPA ( KD. 3.5)
Medan Magnet

Medan Magnet adalah daerah atau wilayah yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet tidak dapat kita lihat, tetapi dapat digambarkan. Besar medan magnet tergantung pada kekuatan magnet


Matematika ( KD 3.6)

Tabung atau silinder sering kita temui dalam kehidupan kita, misalnya kemasan makanan, drum, kaleng susu, toples, dan lain-lain. perhatikan gambar kemasan berikut ini !




Simak video berikut ini tentang Tabung, kerucut 

PKN ( KD. 3.3)
Manfaat Berwirausaha Sejak Kecil 

1. Melatih jiwa wirausaha sejak kecil.

2. Mengembangkan kreativitas yang dimiliki.

3. Melatih diri untuk menghemat uang yang diperoleh.

4. Memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang layak untuk dijual kembali.

5. Mengasah potensi yang dimiliki.

6. Meningkatkan persatuan dengan keluarga.


SBdP

    Embalase adalah salah satu bentuk reklame berupa kemasan yang berisi informasi tentang produk tersebut.

     Tujuan penggunaan embalase:

  •  melindungi produk agar tidak rusak,
  •  menarik perhatian pembeli,
  •  membuat produk lebih menarik, dan
  •  memberikan informasi tentang produk

Contoh soal :
1. Sebuah kemasan cendera mata berbentuk tabung dengan tinggi 12 cm. Diameter alas tabung tersebut adalah 6 cm. Hitunglah volume tabung  tersebut.
Jawab :
V = luas alas x tinggi
V = π x r2 x t
V = 3,14 x 32 x 12
V = 3,14 x 9 x 12
V = 339,12 cm3
Jadi, volume tabung tersebut adalah 339,12 cm3.


Evaluasi Hari ini 
Peserta didik membuat  " Embalase Suatu Produk yang berbentuk Tabung atau kerucut"


Refleksi pembelajaran

 Kesimpulan :

Dari hasil pembelajaran kita hari ini didapat sekitar 2 orang atau 10 % dari jumlah siswa di kelas 6A berjumlah 20 orang yang masih memerlukan bimbingan terkait materi hari ini yaitu tentang menghitung volum tabung dan kerucut.  Diberikan penjelasan dan latihan soal terkait materi tersebut.

Penutup :

alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib, semoga besok kalian tetap semangat belajar dan tidak lupa selalu mengerjakan sholat 5 waktunya.

wassalamualaikum wr wb




0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates