Kamis, 01 Agustus 2024

Materi Ajar, Jumat 2 Agustus 2024 ( Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6)







Hari / Tanggal   : Jumat, 2  Agustus  2024

Mapel               : Tematik 

Tema 1             :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Subtema 2      :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Pembelajaran  : 6

Media dan Alat pembelajaran  : Video Pembelajaran,  gambar



1. Tujuan Pembelajaran 
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan pentingnya tidur dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan benar. 
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita tentang kebiasaan yang baik sebelum tidur dengan benar. 
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar. 4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan berdoa setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar. 
5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar. 
6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan berdoa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri. 
7. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar. 
8. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.



 Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas IIIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, sebelum belajar mari kita bersam sama membaca doa belajar dulu ya nak.. 


Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kemarin kita sudah belajar  di pembelajaran 4 dan 5 tentang cara pengurangan dengan tekniktanpa menyimpan dan belajar penting nya menjaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, hari ini kita akan belajar di Pembelajaran 6 tentang pengamalan sila pertama Pancasila ya nak serta akan belajar cara pengurangan dengan teknik meminjam ..
Mari perhatikan video dan materi berikut ini ya nak 👍





3 Materi Ajar


PKN

Setiap hari kita melakukan kegiatan. Tubuh kita menjadi lelah dan butuh istirahat. Salah satu cara tubuh kita beristirahat adalah tidur. Saat tidur badan terasa lebih santai dan tidak tegang.  Manusia juga mengalami pertumbuhan saat tidur. Oleh karena itu, kita perlu tidur yang cukup untuk kesehatan tubuh kita. Tidur juga tidak boleh terlalu lama karena membuat badan menjadi lemas dan tidak sehat. Ada hal-hal yang dilakukan sebelum tidur, yaitu mencuci kaki, menggosok gigi, dan berdoa. Cara berdoa setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan tersebut.








4. Contoh soal dan latihan
Jawablah soal dibawah ini dengan benar!

1. Tubuh adalah anugrah dari Tuhan YME sehingga kita harus merawatnya sebagai rasa syukur. Agar kulit kita bersih setiap hari maka kita harus rajin... 
a. Gosok gigi 
b. Gunting kuku 
c. Mandi 
d. Cuci tangan

2. Simbol sila pertama adalah... 
a. Padi dan Kapas 
b. Rantai 
c. Bintang 
d. Pohon beringin 

3. Contoh pengamalan Contoh pengamalan sila perta sila pertama adalah ma adalah … 
a. Sikap toleransi toleransi
 b. Saling tolong menolong menolong 
 c. Menghormati Menghormati hak ora hak orang lain
d. Bangga menjadi menjadi rakyat Indonesia Indonesia

4. Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME bisa menikmati makan bersama dengan keluarga, sebelum makan hendaknya kita... 
a. Memfoto makanan terlebih dulu 
b. Makan menggunakan tangan kiri 
c. Berdoa sebelum makan 
d. Makan sambil berbicara









Penutup 
Alhamdulilah pembelajaran hari ini di Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 tentang pengurangn dengan teknik meminjamSilahkan kalian dapat memberikan pertanyaan kepada bu guru dan melihat video pembelajaran di atas ya nak. 




Kesimpulan

Alhamdulilah sebagian besar peserta didik sudah  memahami materi pengalaman sila pancasila pertama serta sudah memahami tentang pengurangan dengan teknik tanpa meminjam. Namun ada beberapa siswa yang belum memahami materi pengurangan dengan teknik meminjam yang perlu diberikan pendampingan. Tetap semangat berlatih ya nak anak hebat


Tetap semangat berbuat kebaikan  nak sholeh dan sholehah😍

#TetapSemangatSehat
#AnakHebat3A









0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates