Kamis, 01 Agustus 2024

Materi Ajar, Kamis 1 Agustus 2024 ( Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 dan5)







Hari / Tanggal   : Kamis, 1 Agustus  2024

Mapel               : Tematik 

Tema 1             :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Subtema 2      :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Pembelajaran  : 4 dan 5

Media dan Alat pembelajaran  : Video Pembelajaran,  gambar



1. Tujuan Pembelajaran 
  1. Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan benar.
  2. Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
  3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.
  4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.·        
  5.  Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan teknik meminjam dengan benar.



 2. Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas IIIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, sebelum belajar mari kita bersam sama membaca doa belajar dulu ya nak.. 


Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kemarin kita sudah belajar  di pembelajaran 2 tentang cara menghargai perbedaan yang termasuk pengamalan sila kedua pancasila, dan hari ini kita akan belajar tentang mengidentifikasi makanan yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembanganserta mengetahui gerakan kuat dan lemah tangan.. Mari perhatikan video dan materi berikut ini ya nak 👍

3 Materi Ajar


Ayo Mengamati


Ternyata, pagi ini Edo lupa sarapan sehingga badannya terasa lemas. Edo bangun kesiangan dan terburu-buru berangkat ke sekolah. Untuk menjadi kuat kita harus banyak berlatih dan makan dengan cukup.

4. Contoh Latihan Soal

  1. Apa yang sedang dilakukan oleh anak-anak SD Nusantara?
  2. Mengapa Edo menaduh kesakitan 
  3. Apa yang dilakukan teman-teman Edo saat Edo kesakitan
  4. Apakah kamu sarapan ketika berangkats ke sekolah?
  5. Jika kamu menjawab tidak, tuliskan alasannya
  6. Jika kamu menjawab iya, tuliskan makanan yang kamu makan saat sarapan
  7. Apakah makananmu saat makan sudah termasuk amkanan sehat dan bergizi


Materi Pembelajaran 5

Ayo Bermain

Kijang dan Rusa

Anak-anak berdiri dalam dua baris. Mereka berdiri saling berhadap-hadapan. Buatlah garis di depan kedua barisan tersebut. Ambil jarak agar tidak berdekatan. Deretan yang satu diberi nama Rusa. Deretan yang lainnya diberi nama Kijang. Apabila guru memanggil Kijang, maka deret Kijang melompat ke depan, sedangkan deret Rusa berjalan ke belakang. Apabila guru memanggil Rusa, maka deret Rusa melompat ke depan, sedangkan deret Kijang berjalan ke belakang. Kelompok yang selalu benar mengikuti instruksi adalah pemenangnya.

Bagaimana perasaanmu setelah bermain? Menyenangkan bukan? Apakah kamu dan teman-teman kuat melakukan gerakan tersebut? Makan dan berlatihlah secara teratur agar kekuatan dan daya tahan tubuhmu bertambah


Ayo Mengamati



Dalam kehidupan, ini perbedaan akan selalu muncul. Dari perbedaan sederhana seperti kesukaan makanan atau minuman hingga perbedaan suku bangsa, adat istiadat, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri perbedaan ada dalam banyak hal yang, seperti perbedaan dari segi budaya serta kebiasaan sehari-hari.

Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan?

Menghargai perbedaan merupakan sikap penting yang memiliki arti berupa sikap menghormati segala sesuatu yang berbeda.

Ayo Berlatih

Baik Ananda sholeh dan sholehah , masih ingatkah kamu tentang penjumlahan dengan teknik meminjam... berikut ini adalah contoh video cara mengerjakan penjumlahan dengan teknik meminjam

5. Evaluasi 


Penutup 
Alhamdulilah pembelajaran hari ini di Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 dan 5 sudah selesai, kita sudah belajar tentang makanan dan kesehatan serta sudah belajar tentang pengurangan tanpa meminjam jika ada yang kurang jelas, Silahkan kalian dapat memberikan pertanyaan kepada bu guru dan melihat video pembelajaran di atas ya nak. 

6. Kesimpulan
Alhamdulilah sebagian besar peserta didik sudah  memahami materi pentingnya kesehatan serta sudah memahami tentang pengurangan dengan teknik tanpa meminjam. Namun ada beberapa siswa yang belum memahami materi pengurangan dengan teknik meminjam yang perlu diberikan pendampingan 


Tetap semangat berbuat kebaikan  nak sholeh dan sholehah😍

#TetapSemangatSehat
#AnakHebat3A








0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates