Senin, 05 Agustus 2024

Materi Ajar, Selasa 06 Agustus 2024 (Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2)




Hari / Tanggal   : Selasa, 6  Agustus  2024

Mapel               : Tematik 

Tema 1             :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Subtema 3      :  Pertumbuhan Hewan

Pembelajaran  : 2

Media dan Alat pembelajaran  : Video Pembelajaran,  gambar, LKPD



1. Tujuan Pembelajaran 
S     1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing dengan tepat. 
2.   2. Setelah membaca, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/ disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan kucing dengan tepat. 
3.   3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah  permainan sederhana dengan benar. 4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam sebuah  permainan sederhana dengan percaya diri. 
5. 5. Setelah mengamati permainan, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar. 
     6. Setelah mengamati permainan, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu  dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar

 2. Apersepsi


Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas IIIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, sebelum belajar mari kita bersam sama membaca doa belajar dulu ya nak.. 


Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kemarin kita sudah belajar  di pembelajaran 1   pertumbuhan pada ayam serta akan belajar terkait perkalian atau penjumlahan berulang secara susun panjang dan pendek,  hari ini akan belajarn di pembelajaran 2 tentang pertumbuhan kucing dan pengamalan sila kedua Pancasila , untuk lebih jelasnya  ya nak, Mari perhatikan video dan materi berikut ini ya nak 👍



3. Ringkasan Materi




Kuda memiliki ciri-ciri yang sama dengan kucing. Kuda termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kulit kuda juga ditumbuhi rambut. Anak kuda mengalami pertumbuhan sehingga menjadi kuda dewasa. Kuda memiliki badan dan tenaga yang sangat kuat. Kemampuan kuda dalam berlari pun sangat baik.
Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang dapat melompat setinggi pinggang juga kepala. Ada juga yang belum bisa melompat.
Kita harus menghargai perbedaan kemampuan teman kita. Mengajak berlatih bersama untuk meningkatkan kemampuan adalah hal baik yang dapat kamu lakukan. Mengajak berlatih bersama merupakan salah satu sikap saling menghargai kemampuan teman. Jika kita selalu menjaga sikap saling menghargai, maka kita dapat menjalin pertemanan dengan baik. Tuhan sangat meyayangi anak yang suka menolong. Tuhan juga sangat senang terhadap anak yang menghargai temannya. Menyayangi dan menghargai teman termasuk melaksanakan perintah Tuhan. Menyayangi dan menghargai teman juga termasuk pengamalan sila-sila Pancasila. Tahukah kamu menghargai dan menyayangi termasuk pengamalan sila Pancasila yang mana?


4. CONTOH SOAL :
1. Lambang negara Indonesia adalah ..
2. Sebutkan sila pancasila yang kedua?
3. Ayam memiliki paru, ayam bernapas mengunakan ...
4. ayam berkembangbiak dengan cara ...
5. 45x 6 = ...


5. Latihan soal / Evaluasi
1. Kamu melihat temanmu mengalami kesulitan saat mengikuti permainan lompat tali. Sikap yang akan kamu lakukan adalah ...
2. Kamu melihat salah satu temanmu mengejek teman lain yang mengalami kesulitan saat melompat. Sikap yang akan kamu lakukan adalah ...
3. Misalkan temanmu belum dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Bagaimana cara yang baik dalam menyampaikan saran kepadanya ?


Penutup 
Alhamdulilah pembelajaran hari ini di Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran  tentang pertumbuhan pada hewan dan perkalian berulang ya nak,  jika terdapat pemahaman yang belum jelas , kalian dapat memberikan pertanyaan kepada bu guru dan melihat video pembelajaran di atas ya nak. 




Kesimpulan/ Refleksi
Alhamdulilah peserta didik suda memahami materi terkait pertumbuhan hewan, dalam pembelajaran hari ini siswa sebagian besar sudah memahami materi terkait ciri-ciri pertumbuhan kucing, kemudian sudah memahami materi perkalian yang memiliki arti penjumlahan berulang, kemudian siswa sudah memahmi pengalaman sila kedua pancasila





Tetap semangat berbuat kebaikan  nak sholeh dan sholehah😍

#TetapSemangatSehat
#AnakHebat3A









0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates