Jumat, 15 September 2023

Materi Ajar, Jumat 15 September 2023 ( Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6)

besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VI A

 

day / Date:                 : Jum'at 15  September 2023

 

Lesson                      : Tematik

Tema 3                      :Tokoh dan Penemuan 

Subtema 2               :  Penemuan dan Manfaatnya

Pembelajaran           : 6

Muatan Pelajaran     : PPKn (Kd. 3.2), Bahasa Indonesia (Kd 3.2),  

Tujuan Pembelajaran :

1.siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang manfaat penemuan pensil dengan tepat.

2. siswa mampu menjelaskan pentingnya bertanggung jawab atas kewajiban yang harus dijalankan dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 


Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 5 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang tokoh dan penemuannya. 

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 6 di subtema 2, kita akan mempelajari tentang mengidentifikasi pentingnya bertanggung jawab atas kewajiban yang harus dijalankan dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini . 





Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. 

Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. 

Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil. 

Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. 

Selanjutnya, mulai abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan-perusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapis dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.

Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.






Latihan

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!

1. Sebutkan kewajiban Ani dalam cerita tersebut!

2. Apakah Ani telah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contohnya

3. Apa manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani?

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya? Jelaskan dan berikan contohnya


Kesimpulan

Kewajiban dan tanggung jawab seorang anak harus lah dilatih sejak kecil. Kalian masih dalam proses belajar hendaklah mementingkan kewajiban dan tanggung jawab ketika kalian belajar di sekolah ataupun melakukan tugas-tugas lainnya. 


Jangan sampai kalian tidak melakukan tugas kewajiban dan tanggung jawab mu sebagai seorang pelajar dan anak dirumah yaa.. 

Karena Hak seorang anak akan didapatkan sesuai dengan kewajiban dan tanggung jawab yang telah ditunaikan dengan sangat baik. 


Penutup

Baik lah anak soleh solehah semoga pembelajaran hari ini bermanfaat dan tetap semangat untuk melakukan semua kewajiban mu dengan rasa tanggung jawab yang sangat tinggi


Wassalamuaikum wr wb

0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates