Rabu, 20 September 2023

Materi Ajar, Rabu 20 September 2023 ( Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4)

besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VI A

 

day / Date:                 : Rabu, 20  September 2023

 

Lesson                      : Tematik

Tema 3                      :Tokoh dan Penemuan 

Subtema 3               :  Ayo menjadi Penemu

Pembelajaran           : 3 dan 4

Muatan Pelajaran     : B.Ind (3.2), IPA(3.4), MTK (3.5), PKN (3.4)

Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dan kosakata baku dengan benar. 
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan benar. 
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri bertanggung jawab atas hak dan kewajiban dengan terperinci. 
5. Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi masalah terkait luas dan keliling lingkaran dengan benar. 
6. Setelah bereksplorasi, siswa mampu memecahkan masalah yang terkait penaksiran luas dan keliling lingkaran dengan benar.

 
 
Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 2 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 3 dan 4  di subtema 3, kita akan mempelajari tentang penaksiran luas dan keliling lingkaran dengan benar .

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

 RINGKASAN MATERI

 




Ayo Membaca Teks Eksplanasi
Rangkaian Lampu di Kelasku

Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipake buat penerangan di berbagai tempat. Rangkaian seri sering banget kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. Rangkaian ini dikenal dengan nama rangkaian listrik campuran. Dengan demikian, kedua jenis rangkaian ini akan saling melengkapi satu sama lainnya. Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4. Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap. Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan. 


 

Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan teman yang ada di sebelahmu! Kamu telah mengetahui bahwa lampu lalu lintas ditemukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Selain lampu lalu lintas, masih banyak lagi rambu-rambu lainnya yang mempunyai tujuan masingmasing. Setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas tersebut agar hak orang lain untuk mendapatkan keamanan dan kenyaman terjamin. Berdasarkan pengalamanmu, diskusikan dalam kelompok tentang contoh sikap warga yang sudah menunaikan kewajiban sebagai warga yang baik di jalan raya. Berikan pula contoh pengguna jalan yang tidak melaksanakan kewajibannya.
 

 

Latihan


 



coba artikan simbol-simbol di atas!


kesimpulan

Pembelajaran hari ini kita telah sama-sama belajar tentang  contoh-contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari. semoga bisa dipraktekkan pada kehidupan nyata ya nak.Hak kita dibatasi oleh hak orang lain. Lani punya hak mendengarkan radio, tetapi adik Lani juga punya hak untuk dapat belajar dengan nyaman. Lani juga punya tanggung jawab untuk menjaga kenyamanan rumah. Kita semua harus menjalankan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.

penutup

alhamdulillah pembeajaran hari ini berjalan dengan lancar, terimakasih atas kerja samanya semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb..

0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates