Selasa, 19 September 2023

Materi Ajar, Selasa 19 September 2023 (Tema 3 subtema 3 Pembelajaran 2)

 besmele, #bismillah, #diniresimler, #hareketlibesmelegifleri,  #besmelegifleri, #yenigünebismillah | Arabic calligraphy, Allah 

Welcome to Grade VI A

 

day / Date:                 : Selasa, 19  September 2023

 

Lesson                      : Tematik

Tema 3                      :Tokoh dan Penemuan 

Subtema 3               :  Ayo menjadi Penemu

Pembelajaran           : 2

Muatan Pelajaran     : PKN (3.2), MTK(3.5), SBdP (3.2)

Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat atas pelaksanaan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban dengan terperinci. 
3. Setelah berlatih strategi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi masalah terkait luas dan keliling lingkaran dengan benar. 
4. Setelah berlatih strategi pemecahan masalah, siswa mampu memecahkan masalah terkait penaksiran luas dan keliling lingkaran dengan benar. 
5. Setelah berlatih, siswa mampu mengidentifikasi interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar. 6. Setelah berlatih, siswa mampu memainkan lagu Mariam Tomong sesuai dengan interval nada dengan tepat.

 
 
Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 1 kemarin? 

bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang okoh terkenal di dunia dengan penemuannya yang dapat mengubah dunia terutama iptek juga mengetahui kosakata baku sesuai dengan PUEBI.

Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 2 di subtema 3, kita akan mempelajari tentang pelaksanaan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban .

Mari kita simak materi pembelajaran hari ini

 RINGKASAN MATERI

 



Ayo Membaca



 perangkat komunikasi lain yang menggunakan gelombang tanpa kabel, yaitu telegram, radio, dan teknologi radar. Atas jasa yang sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, Marconi menerima banyak penghargaan. Penghargaannya antara lain nobel di bidang fisika dan gelar kehormatan dari Kaisar Rusia. 
 
 
Ayo Berdiskusi


 mendengarkan radio di kamarnya, volume suara radio itu keras hingga adiknya yang sedang belajar merasa terganggu.Ya, meskipun Lani punya hak mendengarkan radio, Adik Lani juga mempunyai hak untuk belajar dengan nyaman. Hak Lani dibatasi oleh hak orang lain. Lani harus bertanggung jawab menggunakan haknya. Selain itu, setiap anggota keluarga mempunyai kewajiban untuk menjaga kenyamanan di rumah. 

 

Ayo Berkreasi

Berlatihlah kembali memainkan lagu “Mariam Tomong” dengan menggunakan alat musik. Perhatikan partitur lagu tersebut. Mainkan lagu tersebut sesuai dengan interval nada, ya. Berlatihlah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu tentang caramu memainkan lagunya.

 


Latihan

• Apa yang telah kamu pelajari hari ini? 
• Apakah penemuan radio membawa manfaat bagi kamu? 
• Sikap apa yang dapat kamu contoh dari Guglielmo Marconi?
 


kesimpulan

Pembelajaran hari ini kita telah sama-sama belajar tentang  contoh-contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari. semoga bisa dipraktekkan pada kehidupan nyata ya nak.Hak kita dibatasi oleh hak orang lain. Lani punya hak mendengarkan radio, tetapi adik Lani juga punya hak untuk dapat belajar dengan nyaman. Lani juga punya tanggung jawab untuk menjaga kenyamanan rumah. Kita semua harus menjalankan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.

penutup

alhamdulillah pembeajaran hari ini berjalan dengan lancar, terimakasih atas kerja samanya semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb

0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates