Senin, 25 September 2023

Materi Ajar, Selasa 26 September 2023 ( Tema 4 Subtema 1 pembelajaran 3)


 

Welcome to Grade VI A

 

day / Date:                 : Selasa 26  September 2023

 

Lesson                     : Tematik

Tema 4                     : Globalisasi

Subtema 1                 : Globalisasi di Sekitarku
Pembelajaran              : 3

Muatan Pelajaran         : B.Indo(3.2), IPA ( 3.6)


Tujuan pembelajaran :

 1. Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.

2. Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan tepat.

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

    RINGKASAN MATERI


Adakah yang masih ingat pembelajaran kemarin ?

 iya betul kita kemarin belajar ditema 4 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 tentang  globalisasi di sekitar kita contohnya berbagai jenis barang yang dapat masuk dari luar negeri ke indonesisa serta kita sudah mempelajari tentang teks eksplanasi pada teks " Menghasilkan Energi Listrik" , nah sekarang kita akan belajar di pembelajaran 3 tentang Bagimana listri bisa sampai kerumah kita ?

Mari Simak dan pelajari baik-baik materi di bawah ini ya nak :)

Materi Ajar 




Bahasa Indonesia (3.2)
Teks Eksplanasi ilmiah pada teks " Menyalurkan Energi Listrik , Bagimana listrik sampai ke rumahmu?



Baik Ananda sholeh dan sholehah setelah kalian mengetahui proses  menyalurkan energi listrik, kalian dapa mengetahui penemu sistem transmisi tersebut? Baca informasi singkat berikut untuk menambah wawasan ilmu pengetahuanmu. Kamu telah memahami proses menyalurkan energi listrik dengan sistem transmisinya.
Komponen utama pada proses penyaluran energi listrik adalah sistem transmisi, sistem distribusi, serta transformator penaik dan penurun tegangan.


Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan  fisika. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday  menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menulis tentang proses dihasilkannya energi listrik pada pembangkit listrik sederhana mikrohidro.  Pembangkit listrik mikrohidro merupakan pembangkit listrik  yang memanfaatkan sumber energi  alternatif dari aliran air yang ada di lingkungan sekitar.   



IPA (3.6)
Menyalurkan Energi Listrik
Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?
Perhatikan Video berikut  ini ya nak!

Video Bagaimana Proses listrik sampai ke rumah kita?



Setelah kalian menyimak video di atas Ananda sholeh dan sholehah dapat berlatih menjawab soal berikut ini yang berkaiatan tentang materi yang ada pada Video di atas yaaa

Latihan Soal:
1. Apa yang dimaksud dengan pemangkit listrik mikrohidro ?
jawab : Pembangkit listrik mikrohidro merupakan pemangkit listrik yang memanfaatkan sumber energi  alternatif dari aliran air yang ada di lingkungan sekitar.  

2. Siapa penemu dari pembangkit listrik sederhana yang bernama mikrohidro?
Jawab : Nikola Tesla 



Kesimpulan


Pembelajaran hari ini kita telah sama-sama belajar tentang cara menyalurkan energi listrik sampai ke rumah, teks eksplanasi serta mengetahui tokoh penemu pembangkit listrik sederhana yang dinamakan mikrohidro yaitu ditemukan oleh Nikola Tesla, Oleh karena nya kita dapat menikmati listrik dengan nyaman. Dan berkat Karunia Allah SWT yang telah menyediakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai pemangkit listrik. Baik Ananda sholeh dan sholehah  kegiatan pembelajaran 3 sudah cukup insyaAllah kita besok akan lanjut di pembelajaran 4 Globalisasi tanpa batas serta akan belajar tentang keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita

Penutup

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar, terimakasih atas kerja samanya semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb.





0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates