Day / Date : Jumat, 20 September 2024
Lesson : Tematik
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 4
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia , PKN
Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran, meteran pita
Tujuan Pembelajaran 4 :
1.
Dengan membaca wacana, siswa dapat
mengidentifikasi informasi tentang bahan pembentuk benda yang terbuat dari
plastik dengan benar.
2.
Dengan berdiskusi, siswa dapat
memahami istilah yang terkait dengan materi pembentuk benda dengan tepat.
3Dengan melakukan praktik musyawarah,
siswa dapat terampil mengutarakan idenya tentang penanggulangan masalah sampah
di sekolah dengan percaya diri.
1. Sapaan
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
hallo class good morning, how are you today?
Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first
2. Apersepsi :
Hallo anak sholih sholihah sebelum kita mulai pembelajaran kita pagi hari ini kita
berdoa terlebih dahulu...
kemudian ibu akan cek dulu semangat pagi nya. Tepuk Semangat....
Oke sudah semangat sekali berarti sudah siap untuk mulai belajarnya, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas benda-benda yang ada disekitar kita, kemudian kita sudah membahas benda yang terbuat dari kayu, emudian pada hari ini kita akan masuk ke pembelajaran 4 tentang sampah dan solusi.. mari pperhatikan video pembelajaran berikut ini!
3. Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar
plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan
lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air
atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk
dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat
menjadi berbagai benda.
Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi,
plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik
membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.
Jadi, kamu dapat membayangkan apabila
membuang kantong plastik sekarang. Kantong
plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang.
Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan
dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce
(mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan
recycle (mendaur ulang).
Reduce adalah mengurangi penggunaan
plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu
menggunakan kantong plastik.
Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah
plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman
digunakan untuk membuat pot bunga.
Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik.
PKN
Bermusyawarahlah bersama seluruh teman di
kelasmu! Musyawarah tentang cara mengurangi
sampah plastik di sekolah. Ananda sholeh dan sholehah dapat menuliskan pendapat temanmu yang berkaitan tentang cara mengolah sampah yang ada di lingkunganmu. seperti kegiatan dibuku Tema halaman 37 ya nak...
Latihan hari ini
Amatilah lingkungan di sekolahmu! Banyakkah
sampah plastik dari kantong kemasan makanan
dan minuman?
5. Kesimpulan
Alhamdulillah kelas 3A dengan jumlah siswa 20orang, sebagian besar sudah memahami materi benda yang terbuat dari plastik dan memahami materi yang berkaitan tentang musyawarah
6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
Wassalamualaikum.wr.wb.
0 comments:
Posting Komentar