Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran, LKPD, hanger, kotak pensil
Tujuan Pembelajaran 2 dan 3:
1. Siswa dapat mengetahui informasi sifat sifat dari wujud benda dengan benar
2. Siswa dapat menceritakan pengalamannya menolong orang lain dalam bentuk tulisan.
3. Siswa dapat mengidentifikasi sifat benda padat dan benda cair.
4. 4. Siswa mengenal konversi satuan panjang baku.
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
hallo good morning anak sholih sholihah 3A, how are you today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar ya
Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first
Apersepsi :
Kemarin kita sudah belajar mengenai tema 3 subtema 2 pb 1 mengenai wujud benda dan satuan panjang dalam menentukan jarak yang mana kalau dalam menentukan sebuah jarak menggunakan satuan km dan m . wujud benda dibagi menjadi 3 yaitu padat, cair dan gas, contohnya apa saja anak anak sholihah? Wahh pintar anak sholih sholihah berarti masih ingat dengan pembelajaran kemarin.
hari ini kita akan melanjutkan materi tema 3 subtema 2 pb 2 dan PB 3 . Perhatikan baik-baik ya anak sholih sholihah
Yuk kita simak penjelasan mengenai tema 3 subtema 2 pb 2 dan 3
Lets check this video
Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati.
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume?
Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?
Tahukah kamu?
Berat dan massa mempunyai perbedaan. Massa benda di mana-mana sama. Namun, berat benda dapat berubah-ubah tergantung gaya tarik bumi di tempat itu. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi. Contohnya massa tubuh di bumi ataupun di bulan sama. Namun, berat tubuh di bumi dengan di bulan berbeda. Berat tubuh astronot di bulan lebih ringan daripada di bumi. Dalam percakapan sehari-hari dan hitungan matematika, orang sering menyamakan istilah berat dengan massa. Seperti kita sering mendengar orang mengatakan, berapa beratmu? Adapun yang benar, berapa massamu?
Yang diukur pada timbangan adalah massa bukan berat. Namun, karena istilah berat sudah umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. Gravitasi di permukaan bumi relatif sama, sehingga penggunaan kata berat untuk menggantikan massa masih dibolehkan.
Pembelajaran 3
Benda Padat
Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak
contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan
kursi merupakan benda padat. Mengapa bendabenda tersebut digolongkan sebagai benda padat?
Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui
sifat benda padat.
SBdP
Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja
tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati ruang (volume).
Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik
Contoh soal dan jawaban Matematika
Soal : Rumah Dayu berjarak 6 km dari sekolah. Jarak dari
sekolah ke pasar 7 km. Berapa jarak yang ditempuh
Dayu dari rumah ke pasar?
Jawab : Jarak yang ditempuh Dayu dari rumah ke
pasar adalah
6 km + 7 km = 13 km
Latihan Soal hari ini ya nak menjawab soal dalam bentuk cerita tentang konversi satuan panjang :)
1. Udin dan Beni akan berlomba lari. Jarak yang
akan ditempuh 350 m. Lomba pun segera
dimulai. Saat Udin telah sampai ke garis akhir,
Beni baru menempuh 200 m. Berapa meter sisa
jarak yang harus ditempuh Beni sampai ke garis
akhir?
2. Jarak rumah Edo ke sekolah 2.500 m. Jarak
rumah Siti ke sekolah 4.740 m. Berapa meter
perbedaan jarak rumah Siti dan Edo dari
sekolah?
3. Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak
yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km.
Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya,
ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin
menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa
km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda
sampai ke sekolah?
4. Lani dan keluarganya pergi ke Bandung naik
bus. Jarak Jakarta ke Bandung 130 km. Bus
telah menempuh jarak dari Jakarta ke Bandung
sejauh 50.000 m. Berapa km sisa jarak yang
harus ditempuh bus tersebut?
Kegiatan selanjutnya adalah melakukan percobaan tentang massa benda yang ada di kelas berikut ini adalah lembar kerja peserta didik atau LKPD nya ya nak
5. Kesimpulan
Alhamdulilah sebagian besar peserta didik sudah memahami materi tentang sifat benda padat serta memahami dalam mengubah satuan panjang. Namun ada 4 peserta didik yang belum memahami cara mengubah satuan kilometer ke meter atau sebaliknya dalam bentuk soal cerita. Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke 4 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik .
6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
0 comments:
Posting Komentar