1. Dengan membaca wacana tentang wujud benda, siswa dapat mengidetifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.
2. Dengan mengerjakan latihan soal, siswa dapat mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat.
3. Dengan mengamati contoh gerakan tari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki dengan tepat.
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
hallo good morning anak sholih sholihah 3A, how are you today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar ya
Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first
Apersepsi :
Kemarin kita sudah belajar mengenai tema 3 subtema 1 pb 6 mengenai bermusyawarah atau berdiskusi untuk mengahargai pendapat orang lain, materi musyarawah yaitu tentang benda yang ada disekitar kita beserta bahan bahan dari benda tersebut.
hari ini kita akan melanjutkan materi tema 3 subtema 2 pb 1 . Perhatikan baik-baik ya anak sholih sholihah
Yuk kita simak penjelasan mengenai tema 3 subtema 2 pb 1
Lets check this video
Wujud Benda
Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya? Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap.
Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan yang kalian ketahui! 1. Benda dikelompokkan ke dalam tiga wujud. Tuliskan ketiga wujud benda tersebut! 2. Tuliskan dua contoh benda padat di sekitarmu! 3. Tuliskan dua contoh benda cair di sekitarmu!
4. Tuliskan dua contoh benda gas di sekitarmu!
PePernahkah kamu naik alat transportasi?
Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu? Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!
Ja Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m.
J jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari
ru rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m.
Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah
s Satuan untuk menyatakan jarak.
Kalau kemarin kita belajar mengenai satuan panjang dengan m dan cm sekarang kita belajar mengenai satuan untuk menyatakan jarak yaitu km dan m. Satuan panjang adalah konversi yang digunakan dalam menentukan panjang. Satuan panjang digunakan untuk mengidentifikasi ukuran suatu benda atau jarak dari titik awal ke titik akhir. Sekarang kita belajar bagaimana menentukan jarak ya anak anak sholihah
1 km = .... m
Iya pintar anak sholih sholihah karena dari km ke m jarak satuan nya yaitu turun 3 tangga yang mana 1 km = 1.000 m.
B Berarti kalau Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
5 km = 5.000 m
300 m = 300 m
5 km + 300 m = 5.000 m + 300 m
= = 5.300 m
Ja di, jarak rumah Edo ke rumah nenek adalah 5.300 m.
J Jarak yang harus ditempuh Edo dari rumah ke kebun binatang 1.523 m. Berapa Jarak rumah Edo ke kebun binatang dalam satuan km dan m?
1. 523 m = 1.000 m + 523 m
= 1 km + 523 m
Sekarang kita latihan ya anak anak sholih sholihah untuk mengetahui apakah kalian sudah mengerti atau belum.
PePerhatikan gambar dibawah ini!
A Ada bermacam-macam bentuk bangunan. Juga bahan pembentuk bangunan tersebut. Perhatikan denah jarak antarbangunan diatas.
TeTentukan jarak dalam satuan m!
1. Rumah Siti ke sekolah = ... km ... m
= ... m
2. Rumah Udin ke kantor pos = ... km ... m
= ... m
3. Rumah Siti ke rumah Udin = ... km ... m
= ... m
4. Rumah Siti ke pasar = ... km ... m
= ... m
5. Rumah Udin ke pasar = ... km ... m
= ... m
Alat ukur ada bermacam-macam.
Baik jenis maupun kegunaannya. Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunungdan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.
P Latihan Hari ini ya nak ...Perhatikan gambar berikut!
B Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Berapa ketinggian pesawat A dalam satuan km?
2. Berapa ketinggian pesawat B dalam satuan km?
3. Berapa perbedaan ketinggian pesawat B dibandingkan pesawat A?
Demikian pembahasan tentang pembelajaran ke 1 hari ini bahwasanya :
Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Satuan panjang adalah konversi yang digunakan dalam menentukan panjang. Satuan panjang digunakan untuk mengidentifikasi ukuran suatu benda atau jarak dari titik awal ke titik akhir. Satuan panjang untuk menyatakan jarak yaitu km dan m. Selain satuan panjang ada yang namanya macam macam alat ukur salah satunya altimeter yang digunakan untuk mengukur suatu ketinggian pesawat dengan permukaan laut.
5. Kesimpulan
Alhamdulilah sebagian besar peserta didik sudah memahami materi
tentang wujud benda benda serta memahami dalam mengubah satuan panjang. Namun ada 4 peserta didik yang belum memahami cara mengubah satuan kilometer ke meter atau sebaliknya. Guru memberikan bimbingan kembali terhadap ke 4 peserta didiik tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik .
6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. Silahkan yang hari ini berbuat salah dengan temannya saling memaafkan karena Allah sangat menyukai orang orang yang pemaaf.
Jangan lupa murojaah dirumah agar hafalan nya tetap terjaga dan yang paling penting jangan lupa sholat 5 waktu karena itu merupakan suatu kewajiban.
0 comments:
Posting Komentar