Rabu, 04 September 2024

Materi Ajar , Rabu 4 September 2024 ( Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4)

Day / Date : Rabu,  4 September  2024

Lesson : Tematik

Tema 2 : (Menyayangi Tumbuhan dan Hewan ) 

Subtema 3 :  Menyayangi Tumbuhan

Pembelajaran : 4

Muatan Pelajaran :  PKN , Bahasa Indonesia , MTK,  SBdP

Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran, contoh gambar dekoratif

Tujuan Pembelajaran :

1.     Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan pengalaman menjalankan tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan seharihari di rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

2.     Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat membuat pertanyaan mengenai cara-cara perawatan tumbuhan untuk wawancara.

3.     Setelah kegiatan wawancara, siswa melaporkan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan secara lisan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

4.     Dengan memperhatikan gerakan guru, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapak gunung.


1. Apersepsi


Good morning soleh solehah kelas III A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kemarin kita sudah belajar   pembelajaran 2 dan 3 tentang hak dan kewajiban, gambar dekoratif, selanjutnya kita akan belajar di pembelajaran 4 tentang kegiatan wawancara, Mari perhatikan video dan materi berikut ini ya nak 👍









Materi Ajar

PEMBELAJARAN 4

PKN 


Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga. Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah. Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman. Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya. Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila.


Contoh soal yang dikerjakan secara mandiri dengan membaca teks di buku tematik halaman 134-135




Bahasa Indonesia

Wawancara adalah proses tanya jawab antara  dua orang yaitu pewawancara dan narasumber. Pewawancara adalah orang yang mengajukan pertanyaan, sedangkan narasumber adalah orang yang memberikan jawaban atau informasi yang dibutuhkan oleh pewawancara. 

Tahap- tahap Wawancara  harus dilakukan  dengan  pesiapan  berikut  tahapan-tahapan dalam  wawancara .
1. Tahap Persiapan 
a. Menentukan topik wawancara
b. Menghubungi narasumber
c. Menyusun daftar pertanyaan
 
Pertanyaan wawancara dapat diawali dengan beberapa kata tanya yaitu apa, siapa , mengapa, kapan, dimana dan bagaimana.

2. Tahap Pelaksanaan
a. Mengutarakan maksud dan tujuan wawancara
b. Menyampaikan pertanyan dengan teratur 
c. Mencatat pokok -pokok wawancara

3. Tahap Penyusunan Laporan 
Hasil wawancara yang sudah dilakukan disusun menjadi sebuah laporan. 

Tugas hari ini 
Peserta didik dibagi kelompok kemudian membuat daftar pertanyaan berikut ini dengan kaliat tanya 5 W +1H  tentang cara merawat tanaman.








Kesimpulan

Alhamdulilah kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar. Dari  20 siswa terdapat 2 siswa yang masih perlu bimbingan dalam memahami materi hak dan kewajiban anggota keluarga, guru memberikan penjelasan kembali kepada siswa tersebut.

Refleksi & Evaluasi
Untuk pembelajaran PKN Bahasa Indonesia,  hari ini berjalan lancar dan ananda semua sudah dapat memahami materi ini dengan baik.

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini, semoga Ananda sholeh dan sholehah dapat memahaminya. InysAllah kita akan berjumpa kembali di materi selanjutnya yaitu  Pembelajaran 5 yaitu tentang wawancara dan peran setiap anggota keluarga





0 comments:

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                             Day / Date : Rabu, 18 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 : ...

Template by:

Free Blog Templates