How are you this morning? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya, agar Allah senantiasa melancarkan pembelajaran kita hari ini dan Soleh Soleha mendapatkan hasil yang terbaik.
Untuk hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester, yaitu
Jam pertama : Bahasa Arab
Jam kedua : TIK
Waktu pengerjaan PAS dimulai pukul 07.00 - 11.00
Tetap semangat sholeh dan sholehah kelas 6. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan... Wassalamualaikum wr wb
How are you this morning? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya, agar Allah senantiasa melancarkan pembelajaran kita hari ini dan Soleh Soleha mendapatkan hasil yang terbaik.
Untuk hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester, yaitu
TEMA 3
tokoh dan penemuan
Subtema 1 Penemu yang mengubah dunia
Subtema 2 Penemu dan manfaatnya
Subtema 3 ayo jadi penemu
Tema 4
Subtema 1 Globalisasi di sekitar ku
Subtema 2 globalisasi dan manfaat nya
Subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air
Mari kita simak videonya
Tema 3
Tema 4
Waktu pengerjaan PAS dimulai pukul 07.00 - 11.00
Tetap semangat sholeh dan sholehah kelas 6. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan... Wassalamualaikum wr wba
How are you this morning? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya, agar Allah senantiasa melancarkan pembelajaran kita hari ini dan Soleh Soleha mendapatkan hasil yang terbaik.
Untuk hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester, yaitu
TEMA 2
Selamatkan Makhluk Hidup
1 Subtema 1
Rukun dalam Perbedaan
Subtema 2
Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Subtema 3
Bersatu Kita Teguh
Kompetensi Dasar:
3.3 Mengalisis cara makhluk
hidup menyesuaikan diri
dengan lingkungan
3.3 Menjelaskan dan melakukan
operasi hitung campuran yang
melibatkan bilangan cacah,
pecahan, dan/atau desimal
dalam berbagai bentuk sesuai
urutan operasi
3.4 Memahami makna
proklamasi kemerdekaan,
upaya mempertahankan
kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan
kebangsaan yang sejahtera.
untuk lebih lengkapnya ananda bisa menonton Vidio rangkuman tema 2
Dan
B. Inngris
Waktu pengerjaan PAS dimulai pukul 07.00 - 11.00
Tetap semangat sholeh dan sholehah kelas 6. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan... Wassalamualaikum wr wb
How are you this morning? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya, agar Allah senantiasa melancarkan pembelajaran kita hari ini dan Soleh Soleha mendapatkan hasil yang terbaik.
Untuk hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester, yaitu
TEMA 1
Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 1
Tumbuhan Sahabatku
Subtema 2
Hewan Sahabatku
Subtema 3
Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan
Kompetensi Dasar:
3.1 Menganalisis penerapan
nilai-nilai Pancasila dalam
kehdupan sehari-hari
3.1 Menyimpulkan informasi
berdasarkan teks laporan
hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca.
3.1 Membandingkan cara
perkembangbiakan
tumbuhan dan hewan.
3.1 Mengidentifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan
sosial budaya, ekonomi,
politik di wilayah ASEAN.
3.4 Memahami patung.
3.3 Menjelaskan dan melakukan
operasi hitung campuran
yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/atau
desimal dalam berbagai
bentuk sesuai urutan operasi.
ungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
untuk lebih lengkapnya ananda bisa menonton Vidio rangkuman tema 1
Dan
AGAMA ISLAM
Waktu pengerjaan PAS dimulai pukul 07.00 - 11.00
Tetap semangat sholeh dan sholehah kelas 6. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan... Wassalamualaikum wr wb
Muatan Pelajaran : MTK (KD. 3.7) PKN (KD 3.3), bahasa Indonesia (KD 3.6)
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks dan melakukan wawancara, siswa mampu mengidentifikasi berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara tepat.
2. siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari terkait volume balok secara benar.
3. siswa mampu mempraktikkan mengisi teks pendaftaran keanggotaan klub atau organisasi sesuai petunjuk yang diberikan secara tepat.
Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulillah kalian telah mempelajari sekilas tentang sifat-sifat magnet dan jaring-jaring balok
Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 4 di Tema 5 Subtema 1 kita akan mempelajari tentang berbagai wirausaha yang ada di kehidupan sehari-hari dan juga menghitung volume bangun ruang
Mari kita simak materi pembelajaran hari ini
RINGKASAN MATERI
Apakah kamu pernah mengamati berbagai kegiatan wirausaha yang ada di sekitarmu? Apakah kamu tahu bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usaha mereka? Kamu akan melakukan wawancara kepada pemilik usaha kecil yang ada di sekitarmu setelah pulang sekolah. Cari tahu informasi bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usahanya dan sikap apa saja yang mereka terapkan dalam menjalankan usaha. Tuliskan juga bagaimana kamu menghargai keberagaman kegiatan ekonomi yang ada di sekitarmu.
nah sekarang kita akan belajar menghitung volume balok
yuk pelajari video berikut ini
contoh soal!
1. Amati gambar dan baca soal cerita berikut. Sebuah kardus memiliki ukuran panjang 59 cm, lebar 43 cm dan tinggi 50 cm. Kardus tersebut diisi penuh dengan keripik singkong. Berapakah volume dari kardus tersebut?
diketahui : p = 59 cm, l = 43 cm , t = 50 cm
ditanya : V ...?
jawaban :
V = p x l x t
V = 59 cm x 43 cm x 50 cm
V = 126850 cm
LATIHAN
1. Sebuah kardus kue berbentuk balok diketahui berukuran panjang 28 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 6 cm. Hitunglah volume balok tersebut!
2. Andi memiliki bak berbentuk sebuah balok dengan tinggi 50 cm, lebar 40 cm, dan panjang 60cm. Bak tersebut akan diisi dengan air, maka berapa banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi 1/3 bagian bak Andi?
3. Sebuah bak mandi berbentuk balok dengan panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 80 cm. Berapa liter volume air yang dibutuhkan untuk mengisi 2/3 bak mandi tersebut?
4. Sebuah balok mempunyai panjang 15 cm, dan lebarnya 10 cm. Jika volume balok adalah 6.000 cm³, berapa tinggi balok tersebut?
5. Diketahui volume suatu balok adalah 105 cm³, tinggi balok 5 cm dan panjangnya 7 cm.
Tentukan lebar balok tersebut.
Refleksi pembelajaran
Kesimpulan :
Dari hasil pembelajaran kita hari ini didapat sekitar 5 orang atau 25 % dari jumlah siswa di kelas 6A berjumlah 20 orang yang masih memerlukan bimbingan terkait materi hari ini yaitu menghitung volume balok. Diberikan penjelasan dan latihan soal terkait materi tersebut.
Penutup :
alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan lancar dan tertib, semoga besok kalian tetap semangat belajar dan tidak lupa selalu mengerjakan sholat 5 waktunya.