Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Subtema 2 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Pembelajaran : 3
Media dan Alat pembelajaran : Video Pembelajaran, macam-macam makanan sehat, Bekas Bungkus makanan dan LKPD
1. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan percaya diri.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi makanan yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
4. Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.
6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.
2. Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas IIIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, sebelum belajar mari kita bersam sama membaca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kemarin kita sudah belajar di pembelajaran 2 tentang cara menghargai perbedaan yang termasuk pengamalan sila kedua pancasila, dan hari ini kita akan belajar tentang mengidentifikasi makanan yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembanganserta mengetahui gerakan kuat dan lemah tangan.. Mari perhatikan video dan materi berikut ini ya nak 👍
3. Ringkasan Materi
4. Contoh Soal dan Evaluasi
Perhatikan teks diatas!
Dari teks di atas ananda sholeh dan sholehah dapat mengerjakan latihan berikut ini ya nak ..
5. Penutup
Alhamdulilah pembelajaran hari ini di Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 sudah selesai, kita sudah belajar tentang makanan sehat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta kita sudah mengetahui cara menghitung susun ke bawah menggunakan teknik menyimpan. jika ada yang kurang jelas, Silahkan kalian dapat memberikan pertanyaan kepada bu guru dan melihat video pembelajaran di atas ya nak.
Kesimpulan Pembelajaran Kelas 3A
Alhamdulillah sebagian besar peserta didik sudah memahami materi yang berkaitan dengan makanan sehat bagi pertumbuhan dan perkembangan dan penjumlahan dengan teknik menyimpan.
Tetap semangat berbuat kebaikan nak sholeh dan sholehah😍
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Subtema 2 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Pembelajaran : 2
1. Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas IIIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, sebelum belajar mari kita bersam sama membaca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kemarin kita sudah belajar di pembelajaran 1 tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, serta akan belajar teknik penjumlahan tanpa menyimpan dan menyimpan, gerakan kuat dan lemah tangan pada saat menari, dan untuk hari ini kita akan belajar di PB 2 tentang menghargai perbedaan yang termasuk pengamalan sia kedua pancasila , berikut ini adalah tujuan belajarnya ya nak 😍
2. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah.
3. Materi Pembelajaran:
Bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
2. Menuliskan sikap baik dalam menerima perbedaan.
Baik Ananda Sholeh dan sholehah mari perhatikan Video berikut ini ya nak 👍
Ringkasan Materi
Ayo Mencoba
Ikuti langkah-langkah kegiatan seperti berikut!
1. Buatlah garis lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih dahulu.
2. Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
3. Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish. Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
4. Siswa yang paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.
Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda. Kekuatan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya perbedaan pertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan merupakan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.
Ayo Mengamati
Menghargai Perbedaan
Perubahan tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbedabeda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua. Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan. Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat beberapa hal seperti berikut!
Contoh soal :
Kamu melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi.
Sikap yang akan kamu lakukan adalah...
4. Evaluasi Bagaimana dengan materi hari ini apakah kalian paham?? semoga kalian paham ya nak. jika kalian paham kalian dapat menjawab soal latihan berikut ini :
5. Penutup
Rangkuman Materi :
Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, manusia harus saling menghargai sesama tanpa memandang perbedaan.
Hal itu merupakan contoh dari butir kedua yaitu “Kemanusiaan yang adil dan beradab"
Contoh pengamalan di lingkungan sekolah tidak boleh ada saling membedakan terhadap siswa lain yang memiliki perbedaan. Saling menghormati guru dan teman, juga saling tolong menolong jika yang lain mengalami kesulitan.
6. Kesimpulan Pembelajaran Kelas 3A
Alhamdulillah sebagian besar peserta didik sudah memahami materi yang berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah. Kemudian peserta didik sudah mampu memahami pengamalan sila kedua Pancasila dan sudah mampu menyebutkan lambang dan bunyi sila Pancasila kedua serta mampu menyebutkan contoh pengalaman sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Tetap semangat berbuat kebaikan nak sholeh dan sholehah
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Subtema 2 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Pembelajaran : 1
1. Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas IIIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, sebelum belajar mari kita bersam sama membaca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kemarin kita sudah belajar di pembelajaran 6 tentang pengamalan sila pertama yaitu salah satunya bersyukur dan belajar tentang penjumlahan susun ke bawah di PB 6 ya nak. Untuk hari ini kita akan belajar di PB 1 tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, serta akan belajar teknik penjumlahan tanpa menyimpan dan menyimpan, gerakan kuat dan lemah tangan pada saat menari, berikut ini adalah tujuan belajarnya ya nak 😍
2. Tujuan Pembelajaran :
Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan benar.
Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah pada tangan dalam suatu tari dengan benar.
3. Materi Pembelajaran:
·Mengidentifikasi ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan manusia. ·Berlatih menari dengan gerakan lambat pada tangan.
·Berlatih menyelesaian soal penjumlahan tanpa teknik menyimpan.
Baik Ananda Sholeh dan sholehah mari perhatikan Video berikut ini ya nak 👍
Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Manusia memiliki ciri-ciri yang sama dengan makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri manusia sebagai makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan manusia terjadi sejak di dalam kandungan. Setelah lahir, pertumbuhan manusia bertambah besar dari bayi hingga dewasa. Setelah dewasa pertumbuhan manusia berhenti. Namun, perkembangan emosi dan pikiran manusia terus berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi beberapa faktor. Mari kita pelajari faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Ayo Menulis
Apakah kamu mengalami pertumbuhan danperkembangan seperti Udin?
Cobalah mencari tahu dari orang tuamu tentangpertumbuhan dan perkembanganmu darisejaklahir sampai saat ini.
Informasi yang dapat kamu tanyakan tentangpertumbuhan dan perkembangan misalnya beratdan tinggi badan saat lahir. Selain itu kamu jugadapat mencari informasi mengenaikemampuanmudalam merangkak dan berjalan.
Lakukan kegiatan wawancara kepada orang tua dirumah untuk mendapatkaninformasi tersebut!
Tuliskan terlebih dahulu daftar pertanyaan yangingin kamu tanyakan.
Ayo Menari
4. Evaluasi
Berikut ini adalah Latihan Penjumlahan tanpa menyimpan ya nak
5. Penutup
Kesimpulan Pertumbuhan dan perkembangan manusia itu berbeda-beda tergantung makanan, kebiasaan, olah raga dan faktor genetik/keturunan dari orangtua walaupun berbeda kita harus tetap saling menghargai karena semua itu anugerah dari Allah yang wajib kita Syukur
Tetap semangat berbuat kebaikan nak sholeh dan sholehah
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Subtema 1 : Ciri - ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 6
Muatan Pelajaran : PKN(KD.3.1), B. Indonesia (KD.3.4), MTK ( KD .3.1)
1. Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas IIIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, sebelum belajar mari kita bersam sama membaca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kita akan belajar hari ini di pembelajaran 5, sebelumnya kita sudah belajar di PB 5 tentang ciri-ciri makhluk hidup dan aturan sebelum makan. Hari ini kita akan belajar tentang pengamalan sila pertama yaitu salah satunya bersyukur dan belajar tenta penjumlahan susun ke bawah di PB 6 ya nak.. berikut ini adalah tujuan belajarnya ya nak 😍
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
Mari Perhatikan Video Pembelajaran 6 berikut ini ya nak 👍
2. Ringkasan Materi
Makhluk hidup perlu makanan. Makanan yang harus dipilih adalah makanan yang bersih dan sehat. Kita juga harus berdoa sebelum dan sesudah makan. Berdoa dilakukan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. Menjaga kesehatan dengan cara menjaga makanan, makan sesuai kebutuhan, dan berdoa sebelum makan adalah bentuk syukur kita kepada Tuhan. Menjaga tubuh agar tetap sehat dengan cara berolahraga juga merupakan cara kita bersyukur kepada Tuhan.
Baik Ananda Sholeh dan sholehah perhatikann gambar berikut ini, Kalian dapat mengamati gambar berikut ini dan menyebutkan dan menuliskan ciri-ciri makhluk hidup yang sudah kita pelajari ya nak👌
4. Latihan soal ( Perhatikan contoh penjumlahan berikut ini ya nak )
5. Evaluasi hari ini
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini tentang Pengamalan sila pertama pancasila , ciri-ciri makhluk hidup serta penjumlahan Kemudian besok Senin 29 Juli , kita akan PH pertama di subtema 1 dan minggu depan membahas materi di Pembelajaran 1 Subtema 2 Ptentang pertumbuhan dan perkembangan manusia , Baik ananda sholeh dan sholehah apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru y
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Subtema 1 : Ciri - ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 5
Muatan Pelajaran : PKN(KD.3.1), B. Indonesia (KD.3.4), MTK ( KD .3.1)
1. Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas IIIA SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, sebelum belajar mari kita bersam sama membaca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kita akan belajar hari ini di pembelajaran 5, sebelumnya kita sudah belajar di PB 3 dan 4 tentang ciri-ciri makhluk hidup dan nilai tempat bilangan hari ini kita akan belajar tentang aturan sebelum makan. berikut ini adalah tujuan belajarnya ya nak 😍
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
2. Ringkasan Materi
PKN (KD.3.1)
Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Untuk bertumbuh makhluk hidup perlu makanan dan air. Makanan yang baik untuk pertumbuhan adalah makanan yang bersih dan sehat. Kebersihan makanan juga akan mempengaruhi pertumbuhan. Jika makanan yang kita makan tidak bersih, kesehatan dan pertumbuhan kita akan terpengaruh.
Salah satu cara menjaga makanan agar tetap bersih adalah dengan menutup makanan. Hal ini perlu dilakukan agar makanan tidak dihinggapi lalat atau hewan lainnya. Makanan dapat menjadi tempat lalat bertelur yang menyebabkan makanan menjadi kotor. Selain menjaga kebersihan, kita juga harus berdoa sebelum makan.
Berdoa untuk berterima kasih atas karunia yang diberikan-Nya. Makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan makanan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan contoh sikap bersyukur. Sikap bersyukur merupakan pengamalan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Jika kita sudah makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan, berarti kita sudah melaksanakan sila pertama Pancasila.
MTK ( KD 3.1)
3. Latihan Soal
1. Sebutkan sikap pengamalan sila pancasila pertama dalam kehidupan sehari-hari adalah .. bersyukur , berdoa ketika sebelum dan sesudah makan termasuk pengamalan sila pertama pancasila
4. Evaluasi
Penilaian hari ini membuat cerita yang berkaitan dengan gambar kemudian dilanjutkan dengan latihan penjumlahan berikut ini !
5. Penutup
Alhamdulilah kegiatan belajar hari ini sudah selesai, dan untuk kesimpulan pada materi PB 5 adalah, kita harus mematuhi aturan sebelum dan sesudah makan, seperti mencuci tangan terlebih dahulu, berdo'a , makan menggunakan tangan kanan, dan di mulai dari bagian pinggir, kemudian kita harus senantiasa bersyukur. sikap bersyukur ini mencerminkan sila pertama Pancasila