Kamis, 19 September 2024

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                   


Day / Date : Kamis, 19 September  2024

Lesson : Tematik

Tema 3 : Benda di Sekitarku

Subtema 1 :  Aneka Benda di Sekitarku

Pembelajaran : 2 dan 3

Muatan Pelajaran :   Bahasa Indonesia , PKN  MTK, 

Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran, meteran pita 


Tujuan Pembelajaran 2 dan 3 :

1.    Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.

2. Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah dengan tepat.

3. Dengan mengamati benda-benda dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas dengan tepat

4. Dengan mencari arti kata dari kosakata yang diberikan, siswa dapat memahami arti kata baru dengan tepat.

5. Dengan mengiringi lagu, siswa dapat mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.

6. Dengan mengamati alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.

1. Sapaan
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
hallo class good morning, how are you today? 
Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first

2. Apersepsi :
Hallo anak sholih sholihah sebelum kita mulai pembelajaran kita pagi hari ini kita 
berdoa terlebih dahulu...


 
kemudian ibu akan cek dulu semangat pagi nya. Tepuk Semangat.... 

Oke sudah semangat sekali berarti sudah siap untuk mulai belajarnya, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas  benda-benda yang ada disekitar kita, kemudian kita sudah membahas cara mengukur benda menggunakan alat ukur yaitu meteran pita, rol Pada hari ini kita akan masuk  ke pembelajaran 2 dan 3 yaitu benda yang terbuat dari kertas, dari kayu, kemudian kita akan belajar tentang bermusyawarah termasuk pengamalan sila ke 4. Kita mulai ya pembelajarannya anak sholih dan sholihah.... Mari perhatikan video pembelajaran berikut ini ya nak :)







3. Materi Ajar





Benda Terbuat dari Kayu Sebutkan bahan untuk membuat pensil! Pensil terbuat dari kayu. Di sekitarmu banyak sekali benda yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari. Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinan. Misalnya, patung dan pigura. Kayu adalah bagian dari pohon. Untuk memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambil bagian batang untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi benda-benda tersebut melalui proses yang berbeda-beda.
Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusat penggergajian. Pengiriman log menggunakan angkutan khusus. seperti truk melalui darat atau kapal melalui sungai. Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah sesuai keperluan. Kayu dapat dipilih menjadi bahan dasar benda. Mengapa? Karena kayu mempunyai banyak keunggulan. Keunggulan kayu adalah mudah dibentuk. Beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Kelemahan benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Namun, ada beberapa jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lainnya.

Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon-pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kertas! Perhatikan gambar di bawah ini! 




Pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana caramu mengukur tinggi suatu pohon? Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu. Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan alat ukur yang sama? Alat ukur panjang benda bermacam-macam. Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya. 

PKN 
Bermusyawah merupakan kegiatan pengamalan sila pancasila ke 4. kegiatan ini dilakukan secara kelompok untuk mencapai mufakat/kesepakatan bersama.
dalam kegiatan pembelajaran di kelas setiap masing masing siswa memiliki pendapat yang berbeda-beda. dalam praktiknya siswa dimbing untuk menghargai setiap perbedaan pendapat. Berikut ini  ciri musyawarah yang baik, yaitu sebagai berikut.




Latihan soal




Setelah mengetahui jenis alat ukur yang digunakan . Mari kalian mencoba mengukur tinggi bada temanmu ya nak



5. Kesimpulan 




6. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
 Wassalamualaikum.wr.wb.







Rabu, 18 September 2024

Materi Ajar, Rabu 17 Seotember 2024 ( Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1)

                                   


Day / Date : Rabu, 18 September  2024

Lesson : Tematik

Tema 3 : Benda di Sekitarku

Subtema 1 :  Aneka Benda di Sekitarku

Pembelajaran : 1

Muatan Pelajaran :   Bahasa Indonesia , PKN  MTK, 

Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran,




1. Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.
2. Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat. 
3. Dengan menirukan tepukan guru, siswa dapat mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana. 


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
hallo class good morning, how are you today? 
Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first

2. Apersepsi :
Hallo anak sholih sholihah sebelum kita mulai pembelajaran kita pagi hari ini kita 
berdoa terlebih dahulu...


 
kemudian ibu akan cek dulu semangat pagi nya. Tepuk Semangat.... 
Oke sudah semangat sekali berarti sudah siap untuk mulai belajarnya, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas peran tugas setiap profesi dan juga sudah belajar mengenai pecahan. Kita belajar apalagi selain keragaman profesi dan pecahan? Iya pintar anak sholih sholihah kita belajar bermain peran juga ya dan belajar membuat kreasi. Pada hari ini kita akan masuk ke tema baru yaitu tema 3 Benda di Sekitarku. Apa saja benda yang ada di sekitar kita? Iya ada banyak ya ada meja, kursi, papan tulis, buku dan lain sebagainya. Kita mulai ya pembelajarannya anak sholih dan sholihah.... Mari perhatikan video pembelajaran berikut ini ya nak :)



m 3. MATERI AJAR

Ayo Membaca 
Benda-Benda di Sekitar Kita 
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. 
Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? 
Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas? 
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.

Ayo Mengamati 
Kamu telah membaca wacana tentang benda. Amati lah gambar-gambar di bawah ini. Lingkarilah pada gambar yang bukan ter masuk benda! 



Bersama kelompokmu, perhatikan benda-benda di sekitar kelasmu. Kelompokkan benda-benda tersebut. Kamu boleh mengelompokkan berdasarkan ukuran, bentuk, atau pun warna. Tuliskanlah alasan pengelompokan yang kamu lakukan!
 

         Ayo Mengamati 
Apakah kamu pernah melihat benda-benda di bawah ini?






Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur. Setiap alat ukur mempunyai satuan. Perhatikan satuan pada alat ukur di bawah ini!






Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm.
Coba cari tahu satuan yang digunakan pada alat
ukur lainnya. Tuliskan satuan panjang yang kamu ketahui di bawah ini!  


Ayo Mencoba
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca,
plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda. 
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah
alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu. Ada berbagai macam
alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis. 







Apakah kamu pernah memainkan alat musik di atas? Selain menggunakan alat musik, kita dapat
menggunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu. Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau pun tepukan tangan.

























L      Contoh soal :
 

1. Benda-benda di sekitar kita dapat dibedakan menjadi benda hidup dan benda mati. Benda berikut ini yang termasuk benda mati adalah …. ( jawab : tanah dan batu)

2. Salah satu ciri sebuah benda adalah ….( Jawab : Memiliki massa)
  • 3. Penggaris, meteran dan jangka sorong adalah contoh benda yang dapat dikelompokkan berdasarkan …. ( jawab : Fungsinya)

 
1
1. 

 L   LATIHAN HARI INI 


     1. Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini! 





2. Bagaimana cara menggunakan penggaris untuk mengukur? Perhatikan pengarahan dari gurumu. Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda- benda di bawah ini!







Kesimpulan 

Alhamdulilah kegiatan pembelajaran berjalan lancar siswa sudah memahami materi benda-benda disekitar kita dan sudah memahami alat ukur panjang dan cara menghitung benda menggunakan alat ukur berupa penggaris



6. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
 Wassalamualaikum.wr.wb.









a

Senin, 16 September 2024

Materi Ajar, Selasa 17 September 2024 ( Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW)


Day / Date : Selasa, 17 September  2024

Materi : Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran,

Tempat                        : Masjid Al Azhar

Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu memahami kisah hari lahirnya Nabi Muhammad SAW



Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw

Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. atau Maulid Nabi SAW. diyakini telah dikenal oleh masyarakat muslim Arab, setidaknya sejak tahun kedua hijriah. Namun ada pula yang meyakininya peringatan maulid telah ada sejak zaman Nabi SAW.

Terdapat beragam versi mengenai awal mula peringatan Maulid Nabi SAW. Sebagian berpendapat, peringatan tersebut dilakukan pertama kali pada saat dinasti Fatimiyah berkuasa. Tapi ada pula yang berpendapat dimulai sejak masa Salahudin Al-Ayyubi.

Mari kita mengenal sosok Nabi Muhammad saw


Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (Arab: مولد النبي‎, Mawlid an-Nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad. 


Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu dan jangan lupa membantu orang tua di rumah ya nak..

Wassalamualaikum.wr.wb

Kamis, 12 September 2024

Materi Ajar, Jumat 13 September 2024 ( Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 6)



Day / Date : Jumat, 13 September  2024

Lesson : Tematik

Tema 2 : (Menyayangi Tumbuhan dan Hewan ) 

Subtema 4 :  Menyayangi  Hewan

Pembelajaran : 6

Muatan Pelajaran :   Bahasa Indonesia , PKN  MTK, 

Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran,


1. Tujuan Pembelajaran : 

1.      Dengan mengamati teks dongeng, siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan gambar.

2.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat membandingkan tugas-tugas individu berdasarkan perannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar, karyawan, ilmuan, dokter, dll) wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

3.      Siswa dapat Menceritakan pengalaman melaksanakan tugas sesuai peran dalam sebuah kegiatan yang dilakukan bersama-sama individu berdasarkan perannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar, karyawan, ilmuan, dokter, dll) sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.

4.      Dengan kegiatan review, siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan tepat.


Sapaan

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Hello good morning student, how are you today?

Okay before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen to tausiah first.


Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak.. 

 

Apersepsi :
Halo anak anak sholih sholihah apa kabarnya? MasyaAllah hari ini anak anak semangat sekali. Oke pada pertemuan sebelumnya anak anak sholih sudah belajar mengenai penggambaran pada pecahan sederhana dan pada profesi yang memang berkaitan dengan nelayan. Apa saja profesi yang berkaitan dengan nelayan? 

MasyaAllah pintar dan hebat semuanya, selanjutnya kita akan melanjutkan materi tentang peran-peran yang terdapat di lingkungan masyarakat
Mari Perhatikan video pembelajaran  berikut ini ya nak :)





Materi Ajar
PKN
Ada banyak peran dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama yang baik dari setiap peran sangat dibutuhkan agar kehidupan berjalan dengan baik.




Ada orang yang berperan sebagai pelajar, tugasnya menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh.Ada yang berperan sebagai guru, tugasnya mengajarkan ilmu dengan baik. Ada petugas keamanan lingkungan, tugasnya menjaga keamanan lingkungan. Peran apa lagi yang ada di sekitarmu? Cobalah cari tahu peran orang-orang yang ada di sekitarmu.
contoh soal :
Peran Penjaga sekolah memmiliki tugas untuk mengamankan lingkungan sekitar sekolah
peran pedagang adalah bertugas untuk menyediakan barang dan jasa yang digunakan oleh konsumen

MTK
Masih ingatkah kalian tentang materi pecahan kemarin, hari ini kalian diminta untuk menggambarkan jenis tanaman pada bagian tanah sesuai dengan bacaan berikut! 

Latihan Soal
Gunakan warna yang berbeda untuk setiap gambar! Seorang pengusaha mempekerjakan 4 petani untuk mengolah tanah perkebunannya. Pengusaha tersebut membagi tanah menjadi 16 bagian sama besar. Lalu membagi tugas seperti berikut ini.
 • Petani A bertugas menanam tomat pada 7 bagian tanah. 
• Petani B bertugas menanam sayur bayam pada 3 bagian tanah. 
• Petani C bertugas menanam cabai pada 2 bagian tanah.
• Petani D bertugas menanam bunga pada 4 bagian tanah.


Tuliskan bagian tanah yang ditanami dalam bentuk bilangan pecahan!
 • Tanah yang ditanami tomat terdiri dari 7 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah ..... 
• Tanah yang ditanami sayur bayam terdiri dari 3 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah ..... 
• Tanah yang ditanami cabai terdiri dari 2 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah ..... 
• Tanah yang ditanami bunga terdiri dari 4 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah .....





5. Kesimpulan 

Alhamdulilah sebagian besar siswa kelas 3 dari 20 siswa terdapat 17 siswa yang sudah memahami materi terkait peran dari seorang yang memiliki berbagai macam profesi serta sudah mengetahui penulisan bentuk pecahan sederhana dalam sebuah cerita




6. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
 Wassalamualaikum.wr.wb.














Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates