Jumat, 30 Juli 2021

Materi Ajar, Jum'at 30 Juli 2021

Hari/ Tanggal      : Jumat, 30 Juli 2021
Kelas/Semester   : IV/1
Pelajaran             : Matematika
Tema                    : Pecahan
Subtema              : Membandingkan Pecahan


Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mengenal tentang pecahan
2. Siswa mampu membandingkan pecahan





Assalamu'alaikum, 
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

Are you ready for the great day?? 
Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 
Bismillahirrahmanirrahim. 


Semoga Walau pun kita masih dalam pembelajaran daring tidak mengurangi semangat kalian dalam belajar !! 
Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kita menjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Aamiin

Untuk hari ini kita memasuki mata pelajaran matematika Tentang membandingkan pecahan
Lets check this video 




Ringkasan Materi

Membandingkan Pecahan

Simbol yang digunakan untuk membandingkan pecahan yaitu:
1. Lebih dari (>) 

2. Kurang dari ( <) 

3. Sama dengan (=) 

Untuk membandingkan pecahan dengan menyamakan penyebut, kita lihat dahulu penyebutnya sudah sama atau belum. Jika sudah sama, maka kita lihat pembilang mana yang lebih besar atau lebih kecil. Misalkan 1/5 < 3/5.

Jika penyebut belum sama, maka kita harus samakan penyebut terlebih dahulu.

Contoh:
1/2 … 1/6
Kita samakan penyebut menjadi:
3/6 … 1/6
3/6 > 1/6

Jika penyebut tidak sama, kita bisa membandingkan pecahan dengan melakukan perkalian sila.

Contoh:
1/2 … 2/3
Kita kalikan silang sehingga:
1×3 = 3
2×2 = 4
sehingga 3<4
maka 1/2 < 2/3


TUGAS

1. 3/4 ..... 2/4

2. 1/8......4/8

3. 2/4.......3/8

4. 1/2.......2/4

5. 3/4........2/6


Setelah mengerjakan Latihan Matematika, Ananda sholeh dan sholehah mengerjakan soal Penilaian Harian berikut ini ya nak, Klik Link dibawah ini !

SOAL PENILAIAN HARIAN TEMA 1 SUBTEMA 1


Rabu, 28 Juli 2021

Materi Ajar, Rabu 28 Juli 2021

Hari/tanggal         : Rabu/28 Juli 2021

Kelas                    : IV

Tema                    : 1 (Indahnya Kebersamaan) 

Sub tema             : Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran  Ke : 4 dan 5

 

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu memberikan contoh segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan dengan benar.

2. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.

3. Setelah melakukan demontrasi, siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.

4. Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas Bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.

5. Dengan mengamati gambar dan langkah-langkah serta peragaan dari guru, siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan benar.

5. Setelah berdiskusi tentang bangun segi banyak pada tangram, siswa mampu menjelaskan perbedaan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan dengan benar.






 

💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛

 Assalamu'alaikum

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 

Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

 

Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan masih tetap semangat ya😍

Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kita menjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Aamiin

 

Untuk hari ini kita akan mempelajari tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 4 dan 5.

Lets check this video..

Pembelajaran 4


Pembelajaran 5



Ringkasan Materi

Indonesia memiliki banyak keberagaman salah satu nya adalah kain tradisional. Misalnya batik, songket, dan ulos. Jenis jenis kain tersebut merupakan kekayaan bangsa Indonesia. 

Perhatikan macam macam kain dibawah ini






Pada kain tersebut diatas terdapat segi banyak. Baik beraturan atau tidak beraturan











Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?

Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.

• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi

dari sapu tersebut.

• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut

untuk menyapu.

• Bandingkan hasilnya


Pada umumnya, sapu lidi digunakan untuk menyapu. Bisakah sebatang lidi digunakan untuk menyapu? Tentu saja tidak! Lidi dapat digunakan untuk menyapu jika terdiri atas beberapa puluh atau ratus lidi yang diikat cukup erat menjadi satu.

Dengan menyatukan lidi-lidi dalam satu ikatan akan tercipta kekuatan yang besar. Jadi, persatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang dipersatukan. Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian,persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok,tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum. 

Bacalah teks berikut tentang suku minang, salah satu suku di Indonesia 





















Perhatikan tari buPada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri. Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tersebut?

Sekarang kamu akan mempelajari gerakan dasar berikutnya, yaitu gerakan pada saat posisi duduk.

Amati dan baca keterangan pada gambar berikut






















Tugas

Praktekan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa pada posisi duduk seperti contoh diatas

Dan kirim ke tugas dalam bentuk foto kolase

Tetap semangat anak sholeh dan sholehah. 

Selasa, 27 Juli 2021

Materi Ajar, Selasa 27 Juli 2021 (Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3)

Hari/tanggal         : Selasa/27 Juli 2021

Kelas                    : IV

Tema                    : 1 (Indahnya Kebersamaan) 

Sub tema             : Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran  Ke : 3

 

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan permainan tradisional Benteng dan Gobak sodor siswa mampu menjelaskan aturan main dan manfaat permainan tersebut untuk melatihketerampilan pola gerak dasar lokomotor dengan tepat

2. Setelah melakukan percobaan siswa mampu menjelaskan sifat sifat bunyi merambat dengan lengkap. 

3. Setelah membaca teks tentang " Membantu sesama" Siswa mampu mengidentifikasikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf  dari teks tulis dengan mandiri. 

 💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛

 Assalamu'alaikum

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 

Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  lets say Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

 

Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan masih tetap semangat ya😍

Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kita menjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Aamiin

 

Untuk hari ini kita akan mempelajari tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 3 .

Lets check this video..



Ringkasan Materi

Ada beberapa permainan tradisional dari Indonesia yang menunjukkan tentang keberagaman di Indonesia. 

Perhatikan teks dibawah ini











Indonesia memiliki permainan tradisional yang menarik. Banyak jenis permainan ini menunjukkan keragaman budaya yang harus kita jaga. 

Selain memiliki permainan yang beragam, Indonesia memiliki alat musik tradisional yang beragam pula.  Bunyi yang dihasilkan dari suatu benda berbeda beda demikian pula dengan bunyi alat musik tradisional. 

Bagaimana bunyi dapat sampai ketelinga kita. 

Dibawah ada beberapa percobaan yang bisa kita lakukan untuk mengetahui tentang bunyi. 











































Percobaan diatas adalah mengidentifikasikan sifat bunyi yang merambat melalui udara, benda padat, dan benda cair.

Tugas

Cobalah baca teks dibawah ini dan kemudian tentukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya dari teks tersebut dan buatlah menggunakan diagram yg sudah ditentukan untuk masing masing paragraf. 





 


























Selamat mengerjakan anak sholeh dan sholehah. 

Tetap semangat

Senin, 26 Juli 2021

Materi Ajar, Senin 26 Juli 2021 (Tema 1 Indahnya Keberagaman, Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 2)

Kelas                    : IV

Tema                    : 1 (Indahnya Kebersamaan) 

Sub tema             : Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran  Ke : 2

 

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah Mengidentifikasi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan, siswa mampu menganalisa jenis-jenis segi banyak dengan mandiri. 

2. Setelah membaca teks,  siswa mampu mengidentifikasi bentuk keberagaman suku  bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

3. Setelah siswa memahami keberagaman suku , dan budaya, siswa dapat memahami dasar-dasar gerak tari daerah.

 💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛💛

 Assalamu'alaikum

Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition. 

 

Are you ready for the great day?? 

Before we come to our lesson,  lets saya Basmallah. 

Bismillahirrahmanirrahim. 

 

Bagaimana dengan weekend sabtu minggu nya? Semoga selalu jaga kesehatannya yaa…

Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kita menjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Amiiin

 

Untuk hari ini kita akan mempelajari tema 1 sub tema 1 pembelajaran ke 2 .

Lets check this video..

Ringkasan Materi

Apakah segi banyak itu? 


Tahukah kamu bahwa sarang lebah juga terdiri atas segi banyak?             


Keberagaman budaya Indonesia sangat Indah. Di antaranya tarian, rumah  adat, makanan, dan lain-lain. Keberagaman tersebut memperkaya budaya  Indonesia.
Tahukah kamu, bahwa kita bisa mendesain keberagaman budaya Indonesia  dari tangram?

 


Berikut ini adalah cara membuat tangram 





Atau ananda Sholeh dan Sholehah bisa melihat di buku tematik halaman 23, 24 berikut ini















 


TUGAS HARI INI:

Buatlah satu bentuk (rumah, tarian, keunikan keberagaman Indonesia lainnya) dari tangram. Gunakanlah kertas origami mu agar terlihat indah dan seperti contoh tangram diatas. Perhatian langkah-langkah / cara membuat tangram pada buku kalian di halaman 23 s.d 24.

Selamat berkreasi..

Materi Ajar, Jumat 22 November 2024 ( Ulasan Materi untuk PAS)

Hari, tanggal : Jumat,  22 November 2024 Kelas : 3A Tema : Kewajiban dan Hakku (4) Subtema : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga (4) Pembe...

Template by:

Free Blog Templates