Rabu, 16 April 2025

Materi Ajar, Kamis 17 April 2025 ( Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 5 dan 6)

Hari, tanggal : Kamis, 17 April 2025
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PKn, Mtk
Pembelajaran : 5 dan 6
Alat Peraga: LKPD
Media Pembelajaran : Video Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Diskusi

Apersepsi :

Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 tentang jenis jenis pakaian dan manfaat menghargai perbedaan. Hari ini anak anak akan lanjutkan materi tema 7 subtema 2 pembelajaran 5 dan 6 tentang informasi mengenai jenis pakaian profesi, simetri putar dan bersatu dalam keberagaman.


Tujuan Pembelajaran :

1. siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi sandang dengan tepat.

2. siswa dapat memahami simetri putar pada bangun datar.

3. Siswa dapat mengidentifikasi sikap bersatu dalam keberagaman 


Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 

Lets check this video

Ada banyak jenis pekerjaan di sekitarmu. Ada penjahit, pedagang, abang becak, guru, dokter, dan lain-lain. Mereka berjasa kepadamu tanpa kamu tahu. Bersyukurlah dan berbuat baiklah kepada siapapun!

Selanjutnya bacalah teks berikut!

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa saja yang diceritakan teks? 
_____________________________________________
_____________________________________________
2. Apakah orang zaman dahulu mengenakan pakaian profesi saat bekerja? Mengapa?
_____________________________________________
_____________________________________________
3. Pakaian profesi apa yang sangat ingin kamu kenakan? Mengapa?
_____________________________________________
_____________________________________________
4. Apa kelebihan dan kekurangan memakai pakaian profesi?
_____________________________________________
_____________________________________________
5. Apa yang ingin kamu tanyakan tentang pakaian profesi? Tuliskan pertanyaanmu!
_____________________________________________
_____________________________________________

Edo dan teman-temannya mempunyai cita-cita yang berbeda. Perbedaan itu tidak membuat mereka berpecah belah. Mereka berbeda, tetapi tetap rukun. 

Tuliskan hasil temuanmu pada bagan berikut!


Setelah itu anak anak akan belajar mengenai simetri putar pada bangun datar. 

Ayo kita berkreasi kembali dengan karton berbentuk bangun datar!

Buatlah bentuk yang berbeda dari yang pernah kamu buat! 

Beri tanda ( ✔️ ) jika memiliki simetri putar dan tanda ( ❌ ) jika tidak!

Tuliskan banyak simetri putar jika ada!


Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 7 Subtema 2 pembelajaran 4 tentang informasi pakaian, simetri lipat, keragaman jenis pekerjaan dalam mengelola pakaian. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari senin kita akan belajar tema 7 subtema 3 tentang teknologi dalam berkomunikasi.


Penutup:

Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 

Wassalamu'alaikum wr. wb.

MATERI AJAR RABU, 5 APRIL 2023

Hari, tanggal : Rabu, 5 April 2023
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PKn
Pembelajaran : 4
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 2 dan 3 tentang pengolahan bahan dasar pakaian, jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pakaian. Hari ini anak anak akan lanjutkan materi tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 tentang jenis jenis pakaian dan manfaat menghargai perbedaan.

Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi sandang dengan tepat.
2. siswa dapat mengenal macam macam daerah tempat tinggal

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video

Dahulu, orang-orang menggunakan baju adat 
sebagai pakaian sehari-hari. Saat ini, jenis pakaian sangat beragam. Apa sajakah itu? Mari, kita pelajari!

Bacalah teks berikut dengan intonasi yang tepat!
Jenis-jenis Pakaian
Lani sedang mengamati pakaiannya. Ternyata ia
memiliki banyak jenis pakaian. Ada pakaian yang ia gunakan sehari-hari. Ada juga pakaian yang ia gunakan pada waktu tertentu.
Salah satu jenis pakaian Lani adalah seragam
sekolah. Lani mengenakan seragam saat pergi
ke sekolah. Teman-teman Lani juga mengenakan seragam saat ke sekolah. Mereka mengenakan seragam sesuai jadwal.
Sepulang sekolah, Lani mengganti baju seragamnya dengan pakaian rumah. Lani memiliki beberapa jenis pakaian rumah. Lani mengenakan kaus, celana selutut, atau rok saat di rumah. Lani juga memiliki beberapa baju yang digunakan saat tidur. 

Saat ini, jenis pakaian sangat beragam. Ada
pakaian seragam, pakaian bermain, dan pakaian
tidur.
Diskusikan dengan temanmu jenis-jenis pakaian
saat ini!

Cara berpakaian orang berbeda-beda. Siti selalu
memakai kerudung dan baju yang menutupi
seluruh tubuhnya. Lani dan Dayu senang memakai celana selutut dan kaos lengan pendek. Meskipun berbeda dalam cara
berpakaian, mereka tetap berteman baik. Mereka saling menghargai.

Jelaskan manfaat saling menghargai perbedaan! 

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 7 Subtema 2 pembelajaran 4 tentang informasi mengenai jenis jenis pakaian, manfaat menghargai perbedaan. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 5 dan 6 tentang informasi pakaian, simetri lipat, keragaman jenis pekerjaan dalam mengelola pakaian 

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

MATERI AJAR SELASA, 4 APRIL 2023

Hari, tanggal : Selasa, 4 April 2023
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBdP, MTK, PKn
Pembelajaran : 2 dan 3
Apersepsi :
Pada minggu lalu anak anak sudah belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 tentang perkembangan teknologi produksi sandang. Hari ini anak anak akan lanjutkan materi tema 7 subtema 2 pembelajaran 2 dan 3 tentang macam macam teknologi sandang, keberagaman dalam jenis pekerjaan membuat pakaian, simetri lipat dan menirukan gerakan kuat dan lambat dalam menari.

Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi mengenai macam macamteknologi produksi sandang dengan tepat.
2. Siswa dapat mengidentifikasi jenis pekerjaan dalam membuat proses pakaian
3. siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
4. siswa dapat memperagakan kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video
Mengolah Bahan Dasar Pakaian
Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakin banyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasar juga bertambah canggih. Pakaian yang dihasilkan semakin beragam. Bersyukurlah kepada Tuhan 
karena kita memiliki pakaian. 

Setelah membaca teks tersebut, ternyata banyak jenis pekerjaan dalam proses pembuatan pakaian. 
Tuliskan keberagaman pekerjaan yang kamu lihat!

Buatlah satu bentuk bangun datar yang kamu inginkan!
Berlatihlah mencari banyaknya simetri lipat!
Gambarkan hasil gambar anak anak!

Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 7 Subtema 2 pembelajaran 2 dan 3 tentang informasi mengenai pengolahan bahan dasar pakaian, jenis pekerjaan produksi sandang, mengenal simetri lipat pada bangun datar, dan memperagakan tarian dari salah satu daerah. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 tentang informasi jenis jenis pakaian, dan keragaman rumah adat.

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Selasa, 15 April 2025

Materi Ajar, Rabu 16 April 2025 ( Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4)

Hari, tanggal : Rabu, 16 April 2025
Kelas : 3A
Tema : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (2)
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PKn
Pembelajaran : 4
Alat Peraga : Gunting lem
Media : TV / video pembelajaran 
Metode Pembelajaran : Diskusi Kelompok

Media : LKPD
Apersepsi :
Pada hari kemarin anak anak sudah belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 2 dan 3 tentang pengolahan bahan dasar pakaian, jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pakaian. Hari ini anak anak akan lanjutkan materi tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 tentang jenis jenis pakaian dan manfaat menghargai perbedaan.

Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi sandang dengan tepat.
2. siswa dapat mengenal macam macam daerah tempat tinggal

Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video

Dahulu, orang-orang menggunakan baju adat 
sebagai pakaian sehari-hari. Saat ini, jenis pakaian sangat beragam. Apa sajakah itu? Mari, kita pelajari!

Bacalah teks berikut dengan intonasi yang tepat!
Jenis-jenis Pakaian
Lani sedang mengamati pakaiannya. Ternyata ia
memiliki banyak jenis pakaian. Ada pakaian yang ia gunakan sehari-hari. Ada juga pakaian yang ia gunakan pada waktu tertentu.
Salah satu jenis pakaian Lani adalah seragam
sekolah. Lani mengenakan seragam saat pergi
ke sekolah. Teman-teman Lani juga mengenakan seragam saat ke sekolah. Mereka mengenakan seragam sesuai jadwal.
Sepulang sekolah, Lani mengganti baju seragamnya dengan pakaian rumah. Lani memiliki beberapa jenis pakaian rumah. Lani mengenakan kaus, celana selutut, atau rok saat di rumah. Lani juga memiliki beberapa baju yang digunakan saat tidur. 

Saat ini, jenis pakaian sangat beragam. Ada
pakaian seragam, pakaian bermain, dan pakaian
tidur.
Diskusikan dengan temanmu jenis-jenis pakaian
saat ini!

Cara berpakaian orang berbeda-beda. Siti selalu
memakai kerudung dan baju yang menutupi
seluruh tubuhnya. Lani dan Dayu senang memakai celana selutut dan kaos lengan pendek. Meskipun berbeda dalam cara
berpakaian, mereka tetap berteman baik. Mereka saling menghargai.

Latihan hari ini 
Jelaskan manfaat saling menghargai perbedaan! 


Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran:
Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar Tema 7 Subtema 2 pembelajaran 4 tentang informasi mengenai jenis jenis pakaian, manfaat menghargai perbedaan. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini besok kita akan belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 5 dan 6 tentang informasi pakaian, simetri lipat, keragaman jenis pekerjaan dalam mengelola pakaian .

Kesimpulan 
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik peserta didik mampu menghargai perbedaan dan mampu menyebutkan manfaat dari saling menghargai perbedaan

Penutup:
Demikianlah pembelajaran kita hari ini, semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh anak sholih sholihah sekalian. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Senin, 14 April 2025

Materi Ajar, Selasa 15 April 2025 ( TEMA 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4)

Hari, tanggal            : Selasa 15 April 2025

Kelas                             : 3A
Tema                             : Perkembangan Teknologi (7)
Subtema                      : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (2)
Muatan Pelajaran    : Bahasa Indonesia, MTK, SBdP
Pembelajaran            : 3 dan 4
Alat Peraga/ Media Ajar :  Video Pembelajaran 
Metode : Diskusi

📌 Kompetensi Dasar (KD)

  • Bahasa Indonesia
  • 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat 
  • Matematika
  • 3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
  • SBdP
  • 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
  • PPKn
  • 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

📌 Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa mampu menuliskan informasi tentang perkembangan teknologi produksi sandang dengan rinci.
  2. Dengan mempelajari Matematika, siswa dapat  mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat.
  3. Dengan mempelajari SBdP,  siswa dapat mengidentifikasi kuat lemahnya gerak tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan tepat.
  4. Dengan mempelajari PPKn, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning anak sholih sholihah 3A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa.


📌  Apersepsi : 

Pada pertemuan kemarin kita telah belajar materi tema 6 yaitu tentang Energi dan Perubahannya. Nah untuk hari ini, kita akan mempelajari materi tema 7 yaitu tentang perkembangan teknologi. Oke mari kita amati dan pelajari bersama materi Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 dan 2 yaitu tentang perkembangan teknologi produksi pangan berikut ini dengan baik ^^



Yuk kita simak baik baik penjelasan materi hari ini anak sholih-sholihah. 
Lets check this video



📌 Materi Ajar

Teknologi Produksi Sandang



Setiap orang memiliki pakaian. Ada kemeja, kaos, dan blus. Ada celana panjang, celana pendek,
dan rok. Mereka mengenakan pakaian untuk melindungi tubuh. Pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Tahukah kamu, bahan apa sajakah itu? Bagaimana bahan itu diolah hingga menjadi pakaian? Pakaian apa saja yang dihasilkan?


📌 Ayo Membaca!

Bahan Dasar Pakaian

Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan. 
Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.
Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.
Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan.
Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.


Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks “Teknologi Pangan”!
  1. Apa arti dari Sandang?
  2. Bahan apa saja yang dapat digunakan untuk membuat pakaian?
  3. Bahan pakaian apakah yang nyaman dipakai untuk sehari hrai?
  4. Serat sutera berasal dari?
  5. Apakah manfaat pakaian yang terbuat daro bulu domba?

📌 Ayo Mencoba!

Luas Permukaan Suatu Bidang

Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan.


Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling menutupi.
Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!

"Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat".

Cara Menentukan Simetri Lipat

Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan. Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan membuat sumbu simetri. Yaitu, garis yang membagi dua bangun datar dan saling menutupi. Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!
1. Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.
2. Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.
3. Lalu, buka lipatan kertas.
4. Buatlah garis pada bekas lipatan. 

Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?
Amati bagan berikut ini!


Buatlah satu bentuk bangun datar yang kamu inginkan!
Berlatihlah mencari banyaknya simetri lipat! Gambarkan hasil temuanmu!

📌 Ayo Mengamati!


Udin bercerita tentang kain sutra ibunya. Kain ibu Udin dibuat dengan cara dipintal dan ditenun. Dayu menanggapi cerita Udin. Ia memperagakan gerakan memintal dan menenun.
 



     📌 Ayo Membaca!

Mengolah Bahan Dasar Pakaian

Indonesia kaya akan bahan dasar pakaian. Ada serat alami yang berasal dari kapas, daun, kayu, batang pohon, kepompong ulat sutra, dan bulu domba. Ada juga bahan dasar berupa serat buatan seperti nilon. Dahulu, bahan dasar pakaian diolah dengan cara sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam dan dikeringkan. Semua diolah menjadi pakaian. Saat ini, bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.

Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakin maju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern. Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakinbanyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasarjuga bertambah canggih. Pakaian yang dihasilkan semakin beragam.Bersyukurlah kepada Tuhan karena kita memiliki pakaian.

Bacalah kembali teks “Mengolah Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti!
Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf!
Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!


  📌 Ayo Mengamati!

Jenis pekerjaan dalam proses pembuatan pakaian


Latihan Hari ini:
Tuliskan keberagaman pekerjaan yang kamu lihat!


📌 Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran 

Alhamdulillah anak sholih-sholihah sudah belajar tentang teknologi produksi sandang, serta menentukan satuan tidak baku. Sebelum bu guru tutup pembelajaran hari ini, Jangan lupa untuk selalu belajar ya anak-anak, besok kita akan menlanjutkan pembelajaran pada tema 7 subtema 1 pb 3 dan 4 tentang teknologi produksi sandang.

Kesimpulan:

Alhamdulillah peserta didik sudah  mampu menjelaskan perbedaan pekerjaan yang terdapat di lingkungan sekitar

 

 

📌 Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini tentang materi tema 7 subtema 2 pb 3 dan 4,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^

Materi Ajar, Kamis 17 April 2025 ( Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 5 dan 6)

Hari, tanggal : Kamis, 17 April 2025 Kelas : 3A Tema : Perkembangan Teknologi (7) Subtema : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang (2) Muat...

Template by:

Free Blog Templates