1. Setelah membaca teks tentang Raja Purnawarman, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.
2. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya , siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
Pembelajaran 2
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke empat Pancasila dan juga memberikan contohnya.
Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar dan juga menyanyikan lagu tersebut dengan benar
Assalamu'alaikum,
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, lets saya Basmallah.
Bismillahirrahmanirrahim.
Semoga semangat kalian sama seperti semangat para pejuang kita terdahulu ya..
Walau pun kita masih dalam pembelajaran daring semoga tidak mengurangi semangat kalian dalam belajar !!
Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kita menjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Amiiin
Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 4 Tentang Pekerjaan. Banyak macam pekerjaan yang ada di sekitar kita,ada juga pengaruh letak geografis yang mempengaruhi jenis pekerjaan.
Untuk hari ini kita memasuki tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1 dan 2
Lets check this video..
Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1
Ringkasan Materi pembelajaran 1
Hari ini kita akan belajar tentang pahlawan. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pahlawan?
Menolong orang lain dengan ikhlas, berani, dan gigih merupakan sikap yang dimiliki oleh para pahlawan. Untuk menghargai mereka, kamu bisa meneladani sikap kepahlawanannya dalam kehidupan sehari-hari.
Seperti halnya perjuangan para
Tokoh dimasa kerajaan hindustan, Budha, dan islam.
Seperti halnya Raja Purnawarman.
Kalian bisa lihat melalui teks dibawah ini.
Berikut merupakan beberapa tokoh dan peninggalan Kerajaan Hindu, Budha dan Islam
Peninggalan yang mereka wariskan bukan hanya benda benda bersejarah saja tetapi berupa pemikiran dan juga nilai nilai perjuangan yang telah menginspirasi rakyat Indonesia
Selain itu kita juga akan mempelajari tentang cahaya yang sering kita lihat. Cahaya mempunyai beberapa sifat. Coba perhatikan gambar dan keterangan dibawah ini tentang sifat cahaya.
Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2
Ringkasan Materi Pembelajaran 2
Sebelum nya kita sudah membahas tentang raja Purnawarman. Sikap raja Purnawarman mencerminkan Pancasila silakan ke empat.
Sila keempat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
Makna sila keempat adalah mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama,
cinta permusyawaratan dan demokrasi, serta
bijak menyelesaikan masalah.
Lambang dari silakan ke empat Pancasila adalah Kepala Banteng
Perhatian gambar dan sebuah kasus dibawah ini lalu amatilah
Raja Purnawarman sangat gigih dalam melawan perampok dan melawannya dengan semangat perjuangan. Seperti lagu dibawah ini yang penuh dengan semangat perjuangan.
Tugas
Buatlah sebuah cerita seperti contoh dibawah ini
Setelah itu kalian amati cerita kalian apakah mencerminkan sila ke empat Pancasila? Berikan alasanmu?
1. Setelah mengulang kembali materi yang sudah disampaikan siswa mampu menjawab Soal Penilaian harian Tema 4 Subtema 3
Assalamu'alaikum, Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajaritentang seharah singkat Sumpah Pemuda serta membacakan Teks Sumpah Pemuda. Dan selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan Penilaian harian tema 4 subtema 3.
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…AamiinyaRobbalamin
Baik Ananda sholeh dan sholehah, pastikan ananda teliti dalam membaca soal berikut ini, dan jangan lupa pastikan ananda memeriksa jawaban yang sudah selesai dijawab, sebelum mengirimkannya.
berikut adalah link Penilaian Harian Tema 4 Subtema 3
Alhamdullilah, kegiatan pembelajaran di Tema 4 sudah selesai, Bu guru harap Ananda tetap semangat belajar di rumah. InsyaAllah di hari Senin, kita akan belajar tema 5 Pahlawanku Subtema 1. Pesan bu guru tetap semangat, tetap menjadi anak yang sholeh dan sholehah , menjaga kegiatan ibadahnya dan tetap menjaga protokol kesehatannya ya nak :)
Kelas : IV Pokok Materi : Membaca Teks "Sumpah Pemuda"
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mengetahui sejarah singkat Sumpah Pemuda
2.Peserta didik mampu membaca teks Sumpah Pemuda dengan memperhatikan tanda baca
Assalamu'alaikum, Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kita sudah belajar materi Tematik ya nak... Nah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal, 28 Oktober
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…AamiinyaRobbalamin
Materi Ajar
Sejarah Singkat, Isi, dan Makna Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda kita kenal sebagai hasil dari Kongres Pemuda. Kongres Pemuda adalah sebuah kongres nasional yang digelar sebanyak dua kali di Jakarta. Kongres pertama dilaksanakan pada tanggal 30 April - 2 Mei 1926. Saat kongres pertama, para peserta sepertinya belum terpikir akan ide tentang Sumpah Pemuda. Salah satu alasannya mungkin adalah karena waktu itu para pesertanya masih memiliki rasa kedaerahannya masing-masing. Kongres pertama akhirnya melahirkan Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Tujuannya adalah untuk memperkuat kesatuan dan persatuan para pemuda dalam melawan penjajah.
Kongres Pemuda kedua diadakan pada Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Kali ini, kongres dipecah menjadi 3 kali rapat. Pada rapat pertama, Soegondo, selaku pimpinan kongres, berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Jamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.
Rapat Kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Pembicaranya adalah Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro. Mereka berdua sependapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah.
Rapat ketiga alias yang terakhir digelar di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat, Saat itu Soenario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.
Sebelum kongres berakhir, Moh. Yamin memberikan secarik kertas kepada Soegondo seraya berbisik, “Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie”. Artinya, “Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan kongres ini”. Soegondo menyetujui, dan secarik kertas ini diedarkan ke para peserta kongres lainnya. Setelah itu, barulah Yamin menjelaskan secara detail, apa maksud dari hal yang dia tulis di secarik kertas itu. Isinya adalah 3 poin yang kini dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Saat itu, namanya masih Ikrar Pemuda. Setelah kongres selesai, namanya diubah oleh Yamin menjadi Sumpah Pemuda
Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu “Indonesia” karya Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres.
Berikut adalah teks Sumpah Pemuda
Tugas:
Mintalah bantuan untuk membuat video membacakan teks "Sumpah Pemuda" Untuk waktu pengumpulan videonya di hari Kamis, 28 Oktober 2021.
Tetap semangat dan ingat selalu 3 Kata Ajaib ya nak, Tolong, Maaf dan terimakasih 🥰
1. Setelah membaca teks “Tupai
dan Ikan Gabus”, siswa mampu menyajikan penilaian komentar tentang pesan moral
berdasarkan pendapat pribadi dengan percaya diri.
2. Dengan membaca “Tupai dan
Ikan Gabus”, siswa mampu membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik
terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan tepat.
3. Setelah membaca “Tupai dan
Ikan Gabus”, siswa mampu menyajikan hasil analisis tentang sikap yang baik dan
sikap yang tidak baik terkait dengan nilai-nilai yang terkandung dalam
Pancasila dengan benar.
Assalamu'alaikum, Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 3 dan 4 tentang barang yang ada disekitar kita yang dapat dimanfaatkan kembali bagi kita. Hari ini kita belajar tentang sumber ekonomi yangdalam hal ini pekerjaan yang mengahasilkan barang, salah satunya perajin kain dan baju
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…AamiinyaRobbalamin
Ringkasan Materi
Video Pembelajaran Tema 4 Subtema 3 pembelajaran 6
Apakah kamu masih ingat cerita tentang Tupai dan Ikan Gabus?
Ayo, temukan pembelajaran berharga dalam cerita tersebut!
Latihan hari ini
Dari dongeng di atas buatlah video singkat yang berkaitan pesan moral dari " Cerita Tupai dan Ikan Gabus" serta sebutkan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik sesuai cerita dongeng di atas 🤗
Tetap sehat dan semangat anak Sholeh dan Sholehah 🥰
Hari/Tanggal : Senin, 25 Oktober2021
Kelas :
IV
Tema :
4 (Berbagai Pekerjaan )
Subtema : 3 (Pekerjaan
orang tuaku)
Pembelajaran :
5
Alat peraga : Video dan gambar
Tujuan
Pembelajaran :
1. 1. Dengan menggambar tentang proses
pembuatan sarung samarinda, siswa mampu menyebutkan berbagai kegiatan ekonomi
dan perkerjaan yang terkait di lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Dengan
mengamati gambar tentang proses pembuatan sarung samarinda, siswa mampu menyajikan
berbagai kegiatan ekonomi dan perkerjaan yang terkait di lingkungan sekitar dengan
benar.
Assalamu'alaikum, Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 3 dan 4 tentang barang yang ada disekitar kita yang dapat dimanfaatkan kembali bagi kita. Hari ini kita belajar tentang sumber ekonomi yangdalam hal ini pekerjaan yang mengahasilkan barang, salah satunya perajin kain dan baju
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…AamiinyaRobbalamin
Ringkasan Materi
Video
Pembelajaran Tema 4 Subtema 3 pembelajaran 5
Tahukah kamu bahwa pekerjaan pamanku
adalah membuat sarung tenun samarinda? Tahukah kamu bagaimana proses pembuatan
sarungtenun tersebut?
Berikut ini adalah gambar proses
pembuatan kain dan baju
Ternyata untuk membuat kapas menjadi baju yang kita pakai,
prosesnya sangat
panjang.
Bagaimana cara menghargai baju yang kita gunakan? Jawab dengan cara merawatnya
dengan baik, dicuci kemudian baju dilipat dan disimpan rapi dalam lemari.
Latihan
hari ini
Tulislah 2 pekerjaan yang menghasilkan barang
beserta barang yang di hasilkan !
Tulislah 3 pekerjaan yang menghasilkan jasa serta
pelayanan yang diberikan !
1. Siswa mampu mengidentifikasi cara mengolah sampah dan mendaur ulangnya.
2. Siswa mampu membuat peta pikiran dari sebuah cerita.
Assalamu'alaikum, Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 1 & 2 tentang berbagai jenis pekerjaan di lingkungan sekitar mu serta kaitannya dengan sila ke 3 Pancasila. Hari ini kita belajar tentang mengidentifikasi cara mengolah sampah yang dapat di manfaatkan kembali bagi kita.
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…AamiinyaRobbalamin
Materi Ajar
Pembelajaran 3
Pekerjaan ibuku adalah pengrajin cindera mata.
Barang yang diciptakannya sangatlah unik, karena dibuat dari barang-barang bekas. Cenderamata yang dihasilkan oleh ibuku adalah tempat tisu dan gantungan kunci.
Memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai merupakan pekerjaan yang mulia. Di samping dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan.
Seorang pengrajin barang bekas, mengolah barang bekas atau sampah menjadi benda yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Selain itu, pekerjaan ini juga mengurangi tumpukan sampah yang ada di sekitar kita.
Bacalah teks berikut dalam hati. Tahukah kamu cara lain pengolahan sampah?
Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara.
Cara yang pertama, kita bisa mengurangi pemakaiannya.
Istilah ini dikenal dengan nama reduce (mengurangi). Sebisa mungkin kita kurangi penggunaan kemasan barang. Semakin banyak kita menggunakan kemasan barang, semakin banyak sampah yang dihasilkan.
Cara yang kedua, kita bisa memakai kembali. Istilah ini dikenal dengan reuse (memakai kembali). Sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai).
Hal itu dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.
Cara yang ketiga, kita bisa mendaur ulang. Istilah ini dikenal dengan recycle(mendaur ulang). Sebisa mungkin, barang-barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.
Cara yang keempat, kita bisa mengganti ulang. Istilah ini dikenal dengan replace (mengganti). Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barangbarang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama.
Telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja.
Pembelajaran 4
Pak Tulus bekerja sebagai kepala desa di Desa Sereh Wangi. Pak Tulus ingin
warga desanya mempunyai rasa persatuan dan kesatuan.
Ayo kita cari tahu cerita Pak Tulus.
Tugas Hari ini
Buatlah hasil karyamu dan dari bahan bekas menjadi barang yang bermanfaat serta dokumentasi dalam bentuk foto atau video saat pengerjaan karyamu ya nak.
Dan Ingat selalu 3 Kata Ajaib, Tolong, maaf dan Terimakasih saat meminta bantuan kepada Mama/Ayah/kakak dalam belajar. Tetap semangat dan selalu sehat ya nak AamiinyaRobbalamin ❤️
1. Siswa mampu mengidentifikasi unsur cerita intrinsik dalam sebuah cerita.
2. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, proses pembuatan mebel dan pemanfaatan kayu
3. Siswa mampu mengidentifikasi makna dan simbol sila ke 3 dan penerapan dalam kehidupan sehari hari
Assalamu'alaikum, Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 5 & 6 tentang berbagai jenis pekerjaan di lingkungan sekitar mu serta kaitannya dengan sila ke dua Pancasila. Hari ini kita belajar tentang pemanfaatan kayu serta menerapkan pengamalan Pancasila sila ke 3 yaitu Persatuan Indonesia
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin
Pembelajaran 1
Mendengarkan dongeng sangat menyenangkan. Indonesia kaya akan dongeng.
Banyak diantaranya yang didongengkan. Adakah pendongeng di sekitarmu?
Kali ini kamu akan membaca dongeng yang diberikan oleh gurumu. Bacalah dongeng tersebut dengan saksama!
Bacalah teks bacaan pada buku cetakmu buku Tema 4 halaman 95 dan halaman 96
Tupai dan Ikan Gabus.
Ayahku mendapatkan kayu untuk bahan baku mebel dari hutan. Salah satu hutan di Indonesia yang sering diambil pohonnya adalah hutan di Kalimantan.
Dahulu hutan Kalimantan sangat lebat dan merupakan paru-paru dunia (penghasil oksigen). Akan tetapi, kini pohon-pohonnya semakin berkurang.
Sering sekali karena kebakaran hutan.
Pembelajaran 2
Silahkan simak video penjelasan berikut ini:
Salah satu pekerjaan yang ada di sekitar kita adalah nelayan. Banyak sekali nilai-nilai yang bisa kita pelajari dari seorang nelayan. Salah satunya adalah gotong royong
Catatan Penting:
Sila ke-3 Pancasila: Persatuan Indonesia
Jelaskan makna dari Sila Persatuan Indonesia!
Sila ketiga pancasila mempunyai makna:
· Negara Kesatuan Republik Indonesia,
· Cintai damai dan persatuan, dan
· Tidak mementingkan kepentingan diri sendiri.
Latihan Hari Ini ( Dari teks Sikap Gotong Royong di Kampung Nelayan)
Jawablah pertanyaan dibawah ini!
Tulislah jawabannya saja di buku latihan tematik, jangan lupa sertakan bismillah hari dan tanggal serta ditulis dengan huruf tegak bersambung dengan rapi ya nak...
1. Apa contoh gotong royong yang dilakukan Pak Eko dan teman-temannya?
2. Sikap baik apa saja yang bisa dicontoh dari Pak Eko dan teman-temannya?
3. Sikap Pak Eko dan warga Kampung Nelayan mengaplikasikan sila Pancasila.
Menurutmu, sila keberapakah itu? Jelaskan
Selamat mengerjakan, tetap semangat dan selalu sehat. Tetap terapkan protokol kesehatannya ya nak🙏😊