Subtema 3 : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 4 dan 5
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran
kD Bahasa Indonesia 3. 9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
3.10 Membandingkan watak setiap tokoh pada teks fiksi.
KD PKN 3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
KD IPS 3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
KD SBdP 3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi.
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan kegiatan bermain peran sesuai cerita fiksi, siswa dapat menentukan sifat tokoh dalam cerita fiksi secara visual.
2. Dengan kegiatan membaca teks keberagaman karakteristik individu, siswa dapat mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di dalam masyarakat.
3. Dengan kegiatan menunjukkan sikap toleransi, siswa dapat mengetahui tindakan-tindakan yang mencerminkan sikap toleransi dalam keberagaman masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
4. Dengan kegiatan mempraktikkan menggambar sketsa gambar tiga dimensi, siswa dapat membuat sketsa atau rancangan gambar dari bentuk karya tiga dimensi.
Good morning my lovely students. How are you this morning?
hopely you are healthy and happiness.
Apersepsi
Baik anak solehah, pada hari sebelumnya kita telah mempelajari Pembelajaran 3, yaitu tenytang tokoh dalam sebuah cerita fiksi yang dibedakan menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan, kemudian hari ini kita akan membahas materi di subtema 3 tentang Bangga terhadap Daerah Tempat tinggalku, pembelajaran 4 dan 5 yang akan membahas mengenai materi tokoh dan peran tokoh dalam cerita fiksi, manfaat toleransi terkait keberagaman karakteristik setiap orang, serta belajar tentang cara menggambar contoh benda tiga dimensi.
Mari Kita simak Video Pembelajaran 4 hari ini :)
Mari Kita simak Video Pembelajaran 5 hari ini :)
Ringkasan Materi
BAHASA INDONESIA
Ayo Bermain Peran
Sebagai contoh, kamu memeragakan Patih Gadjah Mada dan dua orang temanmu sebagai prajuritnya. Patih Gadjah Mada mengajak dua prajurit untuk melawan musuh. Dialog saat bermain peran sebagai berikut.Patih Gadjah Mada : “Prajurit, lawan musuh kita dengan semangat! Mari Kita serang bersama-sama. Serbuuuu!” (Patih Gadjah Mada berdiri tegap di depan kedua prajurit, tangan kanan menuding ke arah musuh) Dua Prajurit : “Semangat, Patih! Serbuuuu!” (Kedua prajurit, mengangkat tombak)
Gambar di atas menunjukkan cerita " Cindelaras "? berikut ini adalah cerita " Cindelaras" berikut ini video " Cindelaras"
Dari cerita diatas, kita bisa mengetahui siapa yang menjadi tokoh utama dan tokoh tambahan (pembantu). Masih ingatkah kamu dengan pengertian tokoh utama dan tokoh tambahan ?
PKN
Karakter atau sifat dalam sebuah cerita bermacam- macam. dalam kehidupan sehari -hari pun, karakter manusia juga beragam. meskipun demikian, manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. selain itu sebagai manusia, kita harus slaing membantu. Dalam kehidupan bermasyarakat kita juga menjumpai karakteristik pakaian adat setaip daerah yang berbeda -beda. Namun, perbedaan karakteristik pakaian adat daerah masyarakat Indonesia bukan penghalang masyarakat antardaerah untuk bersatu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
IPS
Adanya keberagaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi penduduk Indonesia menunjukkan adanya perbedaan karakteristik individu dalam masyarakat. perbedaan ini sangat bermanfaat bagi pemenuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari - hari seperti :
1. Menumbuhkan sikap Nasionalisme
2. Menciptakan Identitas Bangsa di Mata Internasional
3. Alat Pemersatu Bangsa
4. Sebagai Ikon Pariwisata
5. Menambah pendapatan Nasional
6. Memupuk Sikap toleransi
SBdP
Dari cerita "Kendi Emas dan Ular" di buku Tema 8 halaman 163 -165 kita dapat mengetahui bahwa kendi merupakan salah satu contoh benda tiga dimensi. Dapatkah kamu menggambar benda tiga dimensi ? Berikut langkah-langkah menggambar tiga dimensi berupa kendi (Silakan perhatikan langkah -langkah pembuatan gambar tiga dimensi di buku tema 8 halaman 167-168)
1. Menyiapkan alat dan bahan menggambar.
2. membuat sketsa gambar
3. memperjelas gambar sketsa
4. menyelesaiakan gambar sketsa
Tugas hari ini
Simaklah video "Cindelaras" berikut ini!
Dan kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini !
1. Siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita " Cindelaras"?
2. Siapakah yang menjadi tokoh pembantu dalam cerita " Cindelaras"?
3. Siapakah yang berperan antagonis dalam cerita " Cindelaras"?
4. Siapa lawan dari tokoh antagonis ? Tuliskan tokoh protagonis dalam cerita " Cindelaras"?
Tetap semangat, sehat dan ceria. Dan jangan lupa melaksanakan shalat 5 waktunya ya nak :)
0 comments:
Posting Komentar