#1. Apakah Pecahan Desimal itu ?
Pecahan desimal adalah pecahan yang dituliskan dengan tanda koma (,) misalnya dalam contoh sebagai berikut
a. 0,7 dibaca nol koma tujuh.
b. 0,92 dibaca nol koma sembilan dua.
Siswa diminta untuk mengamati gambar berikut.
|
Gambar ilustrasi pecahan |
Bagian yang diarsir menunjukkan pecahan 4/10. Pecahan 4/10 dapat ditulis dalam bentuk pecahan desimal, yaitu 0,4 dimana 0,4 dibaca nol koma empat atau empat persepuluh.
Selanjutnya, agar dapat memahami pecahan desimal, siswa diminta untuk perhatikan uraian berikut.
#2.Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal
Agar siswa paham cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal, lakukan kegiatan berikut.
Lakukan pembagian antara pembilang dengan penyebut pada pecahan 1/2 Jika siswa memperoleh nilai 0,5 maka jawaban siswa benar.
Selain dengan membagi pembilang dengan penyebutnya, untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dapat dilakukan dengan mengubah penyebut pecahan menjadi 10, 100, atau 1.000.
Catatan: Jika suatu pecahan mempunyai penyebut 10, 100, atau 1.000, maka pecahan itu disebut pecahan desimal, dengan banyaknya angka di belakang koma sama dengan jumlah nol pada penyebutnya
Dari uraian di atas, dapat dikatakan bahwa untuk mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa sebagai berikut.
- Ubah bilangan menjadi bentuk pecahan berpenyebut 10, 100, atau 1.000.
- Sederhanakan pecahan dalam bentuk paling sederhana.
#3.Contoh Langkah Pembelajaran Penjumlahan
1. Langkah pertama yang harus dilakukan guru adalah meminta siswa untuk mengamati beberapa bentuk bilangan desimal sejenis, misalnya 1,52 16,35 108,21 9,68
2. Setelah melakukan pengamatan, guru meminta siswa untuk menuliskan tujuh bilangan desimal sejenis lainnya.
Guru meminta siswa untuk mengamati beberapa bentuk bilangan desimal tidak sejenis.
1,2 0,45 40,362 106,2517
3.Setelah melakukan pengamatan, guru meminta siswa untuk menuliskan tujuh bilangan desimal tidak sejenis lainnya.
4. Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang bilangan desimal sejenis dan bilangan desimal tak sejenis.
5. Guru meminta siswa untuk mengamati proses penjumlahan bilangan desimal.
Selesaikan penjumlahan berikut.
a. 4,38 + 15,76 = ...
b. 18,437 + 125,07 + 36,8 = ...
Latihan soal
0 comments:
Posting Komentar