Hari/ Tanggal : Jumat/ 20 Agustus 2021
Kelas : IV
Tema : 2 ( Selalu Berhemat Energi)
Sub tema : 1 (Sumber Energi)
Pembelajaran : 3 dan 4
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.
3. Dengan membaca teks visual, siswa mampu mengidentifikasi informasi yang ada dengan cermat
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.
5. Setelah mengerjakan soal, siswa mampu menjelaskan cara melakukan penaksiran perkalian dan pembagian dengan benar
Assalamu'alaikum,
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, lets saya Basmallah.
Bismillahirrahmanirrahim.
Semoga semangat kalian sama seperti semangat para pejuang kita terdahulu ya..
Walau pun kita masih dalam pembelajaran daring semoga tidak mengurangi semangat kalian dalam belajar !!
Dan sebelum memulai pembelajaran, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya dan juga sarapan agar pembelajaran kita menjadi lancar dan di ridhoi oleh Allah. Aamiin
Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 tentang energi matahari , penggunaan sumber daya alam, tinggi rendah nada dan juga penaksiran bilangan.
Untuk hari ini kita memasuki tema 2 sub tema 1 pembelajaran 3 dan 4
Lets check this video..
Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3
Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2
Ringkasan Materi
Pembelajaran 3
Pada saat berada di lapangan membuat rambut sering bergerak. energi apakah yang membuatnya bergerak?
Siti memiliki kincir yang terbuat dari kertas. Ia senang memainkannya. Kincirnya berputar jika tertiup angin. Siti belajar membuat kincir angin dari ayahnya. Menurut ayahnya, kincir angin yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi atau gandum. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakkan alat untuk memompa air.
Kincir angin dari Kertas Alat dan bahan:
• Lidi/sumpit kayu
• Gunting • Lem
• Kertas berbentuk persegi
• Jarum/pin/paku payung Langkah-langkah pembuatan:
• Ambil kertas lalu ikuti instruksi pada gambar
• Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.
Kincir angin dari Plastik Alat dan bahan:
• Botol plastik bekas • Gabus bekas tutup botol
• Lidi/sumpit • Gunting Langkah-langkah pembuatan:
• Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling
• Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama.
• Masuk an baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut.
• pasang sumpit/lidi di bagian tengah gabus
• Kincir siap digunakan Tambahan: Potongan bagian dasar botol, buat dua lubang di sisi kanan dan kiri badan botol. Masukan dan pasangkan balingbaling plastik ke dalam
Salah satu sumber energi adalah energi listrik, energi listrik digunakan manusia dalam kehidupan sehari hari.
Perhatikan gambar berikut
Menceritakan aktifitas seseorang dirumah sedang menonton televisi. Televisi memanfaatkan energi listrik agar bisa bekerja.selain itu dalam ruangan juga terdapat kulkas dan AC.
2. Sebutkan peristiwa pada gambar yang terkait dengan sumber energi?
Menghidupkan televisi
Menghidupkan AC
Menghidupkan kulkas
Menghidupkan AC
Pembelajaran 4
Gagasan pokok pada gambar tersebut adalah manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari hari.
Listrik merupakan sumber energi yang membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya energi listrik, kita dapat menyalakan lampu, televisi, radio , setrika listrik dan lain-lain. Kita semua berhak mendapatkan energi listrik. Kewajiban kita adalah menghemat penggunaannya
Sekedar mematikan lampu saat tidur. Menyalakan barang elektronik hanya ketika kita butuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Menggunakan listrik dengan bijak adalah ketika kita menghematnya. Hemat energi listrik artinya kita sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.
Lihatlah contoh soal berikut ini
1. Ayah Siti ingin membeli 4 bola lampu. Berapa taksiran uang yang Siti bayar?
Siti membeli 4 buah lampu
Berarti 4 X bola lampu
4 X 15.350
lalu dilakukan penaksiran dari 15.350 menjadi 15. 500
jadi 4 X 15.500 = 60.000
2. Ayah Siti membawa uang Rp. 100.000. Berapa meter taksiran kabel yang bisa dibeli?
Harga kabel 9.450 per meter. Artinya taksiran kabel 9.450 menjadi 10.000
100.000 : 10.000 = 10 meter kabel.
Tugas
Membuat kincir angin dari kertas.
Selamat mengerjakan!!
Dan tetap semangat ya😊😊
1 comments:
Assalamualaikum wr wb terimakasih materi dan tugasnya ananda keuara zhafirah wassalamualaikum wr wb
Posting Komentar